Pengaruh pembelajaran seni clay tepung terhadap kemampuan motorik halus dalam menulis permulaan anak cerebral palsy di TK Khadijah 179 Temuasri Kab. Banyuwangi / Diah Ayu Puspita Ningrum

Main Author: Ningrum, Diah Ayu Puspita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/9055/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNingrumDiahAyuPuspita.2018.PengaruhPembelajaranSeniClayTepungTerhadapMotorikHalusDalamMenulisPermulaanPesertaDidikCerebalPalsyTKKhadijah179TemuasriKab.Banyuwangi.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.WiwikDwiHastutiS.PdM.Pd(II)Drs.UsepKustiawanM.Sn.KatakuncicerebralpalsymotorikhalusmenulispermulaanpembelajaranseniclaytepungKurangnyakreatifitaspembelajaransertamediamerupakanfactorpenyebaprendahnyakemampuanpesertadidikdalammengembangkankemampuanyangdapatdikembangkanpadausiadini.Salahsatunyaadalahpesertadidikcerebralpalsyspaticyangmemilikikesulitandalambelajarmenulis.dalamkegiatanmenulismemerlukankinerjamotorikhalusapabilakemampuanmotorikhaluspesertadidikrendahitudisebapkankarenakurangnyalatihandalammengembangkankemampuanmotorikhalus.Salahsatumediadanpembelajaranyangdapatmelatihkemampuanmotorikhalussalahsatunyadenganpembelajaranseniclaytepung.Tujuanpadapenelitianinidianataranyauntukmendiskripsikankemampuanmotorikhalusdalammenulispenulispermulaanpadapesertadidiksebelumdiberikannyaintervensiatauperlakuan.Selanjutnyamendiskripsikankemampuanmotorikhalusdalammenulispermulaanpesertadidiksaatdiberikansebuatintervensisebuahpembelajaranseniclaytepung.Kemudianmendiskripsikanpengaruhkegiatanpembelajaranseniclaytepungterhadapkemampuanmotorikhaludalammenulispermulaan.Metodepenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimendenganmenggunakansinglesubjekreseach(SSR)denganmetodedesainA-B-A.subjekpenelitianmenggunakansatupesertadidikdenganhambatancerebralpalsyspaticyangmemilkiusia6tahundiTKKhadijahTemuasriKab.Banyuwangi.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdalamkondisidananalisiantarkondisi.Hasilpenelitianmenunjukkanperolehanmeanlevelmeningkatdanbaseline-1sebesar604%sedangkanmeanlevelpadakondisiintervensisebesar9257%danbaseline-2sebesar80%Selainitupresentasioverlapanatarakondisibaseline-1kekondisiintervensisebesar0%yangmanamenunjukkanpengaruhantarpembelajaranterhadapsubjek.Padapenelitianinidapatdisimpulkanbahwakegiatanpembelajaranseniclaytepungberpengaruhterhadapkemampuanmotorikhalusdalammenulispermulaanpesertadidik.Adapunsaranbagigurudaripenelitiiniadalahgurudapatmemanfaatkanmediasertakegiatanpebelajaranyangsesuaidengankebutuhanpesertadidik.Sertadapatmenerapakanpembelajaranseniclaytepunginisecararutinagarkemampuansubjekterusmeningkattidakturunataumenetap.