Hubungan pola asuh orang tua dengan kesadaran bina diri (menggosok gigi) siswa tunagrahita di SLB Kedungkandang Malang / Risky Maretta Ajeng Rudita
Main Author: | Rudita, Risky Maretta Ajeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9043/ |
Daftar Isi:
- iiABSTRACTRuditaRiskyMarettaAjeng.2018.HubunganPolaAsuhOrangTuaDenganKesadaranbinadiri(MenggosokGigi)SiswaTunagrahitaDiSLBKedungkandangMalang.SkripsiSIPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Ir.EndroWahyunoM.Si.(II)EkaPramonoAdiS.IP.M.Si.KataKunciPolaAsuhKesadaranMenggosokGigiTunagrahita.DalamlembagaformalSLBpengembanganpotensipesertadidikdalamupayapembentukankemandiriansertaketrampilananak.Keterlibatanorangtuadananggotakeluargalainmempunyaipengaruhyangsangatbesarterhadapkeberhasilananakdisekolah.Hasilobservasiawalditemukanbahwaadahubunganantarapolaasuhorangtuadengankesadaranmenggosokgigi.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihasiladanyahubunganpolaasuhorangtua(Y)dankesadaranmenggosokgigi(X)diSLBKedungkandangMalang.Berdasarkanteoridiatasanaktunagrahitamemilikipolaasuhtertentuuntukmelatihanakmemilikikesadaranmenggosokgigisehinggapenelitimelakukanpenelitianini.Pendekatanpenelitianinimenggunakanmetodepenelitiankuantitatifdenganrancanganpenelitiankorelasional.Metodepengambilandatayangdigunakanadalahangket.DatadianalisisdengananalisiskorelasionalRankSpearman.SampeldalampenelitianiniadalahorangtuadaripesertadidikSLBKedungkandangMalangsebanyak21orang.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapathubungansignifikanantarapolaasuhorangtua(X)dankesadaranmenggososkgigianaktunagrahita(Y)dimanayangdiperolehnilaikorelasirhosebesar0808dengantarafsignifikasi0.000.DengandemikianH0ditolakdanHaditerimasehinggaadahubunganyangsignifikanpengambilankeputusanjikaRh0tabeldariRh0hitungmakaadahubunganantarapolaasuhorangtuadengankesadaranmenggosokgigianaktunagrahita.Kesimpulandaripenelitianiniadalahadanyahubunganpositifdansejalanantarapolaasuhorangtua(X)dankesadaranmenggosokgigianaktunagrahita(Y).