Pembinaan olahraga renang bagi siswa berprestasi dalam cabang olahraga renang (studi kasus di SMPLB Negeri Malang) / Ragil Tri Wibowo
Main Author: | Wibowo, Ragil Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9030/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKWibowoRagilTri.2018.PembinaanOlahragaRenangbagiSiswaBerprestasidalamCabangOlahragaRenang(StudiKasusdiSMPLBNegeriMalang).SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AbdulHudaM.Pd(2)SopingiS.SosM.Pd.KatakunciPembinaanolahragarenangsiswaberprestasiSLBAnakberkebutuhankhususmemilikipotensiyangsamadengananakreguler.Denganmelakukanpembinaanyangtepatterhadapanakberkebutuhankhususdalamhalinibakatolahragarenangdiharapkandapatmengembangkanpotensiyangdimiliki.DiSMPLBNegeriMalangterdapatduasiswayangberprestasidalamolahragarenangyaitusiswatunarungudantunagrahita.KeduasiswatersebutpernahmenjuaraiperlombaanrenangditingkatKotamaupunProvinsi.Sekolahtelahmelakukanpembinaanolahragarenangsejakawalsiswamasukkesekolahberdasarkanhasilasesmen.Tujuandalampenelitianiniadalahmendeskripsikan(1)programpembinaanolahragarenangbagisiswaberprestasidalamcabangolahragarenang(2)pelaksanaanpembinaanolahragarenangbagisiswaberprestasidalamcabangolahragarenang(3)hambatanpembinaanolahragarenangbagisiswaberprestasidalamcabangolahragarenangdan(4)upayamengatasihambatanpembinaanolahragarenangbagisiswaberprestasidalamcabangolahragarenang.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdenganmenggunakanpendekatanstudikasus.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahwawancaraobservasidandokumentasi.AnalisadatadalampenelitianinimengacupadapendapatMilesdanHubermanantaralainreduksidatapenyajiandatadanmengambilkeputusanHasilpenelitianmenunjukanbahwa(1)programpembinaanolahragarenangyaitupihaksekolahmelakukankerjasamadenganorangtuauntukmendaftarkankeklubrenangkemudianklubrenangmemberikanprogramlatihanbagisiswa(2)pelaksanaanpembinaanolahragarenangdibagimenjadiduayaitudisekolahdandiklubrenang(3)hambatanpelaksanaanpembinaanolahragarenangberupatidakadanyasaranadisekolahdanmoodsiswa(4)upayamengatasihambatanpembinaanolahragarenangadalahkerjasamadenganorangtuadanlebihmengenalikarakteristiksiswaSarandiperuntukkankepada(1)Kepalasekolahhendaknyadapatmengambilkeputusanbijakdalammemilihsalahseoranggurusebagaipenanggungjawabolahragarenang(2)Pelatihagarmempelajaritentangkarakteristikdankebutuhansiswaberkebutuhankhusus(3)Guruketikaprosesasessmendiharapkangurudapatmenggalilebihdalamlagipotensi-potensiyangadapadaseluruhsiswa.