Pembinaan olahraga renang bagi siswa berprestasi dalam cabang olahraga renang (studi kasus di SMPLB Negeri Malang) / Ragil Tri Wibowo

Main Author: Wibowo, Ragil Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9030/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKWibowoRagilTri.2018.PembinaanOlahragaRenangbagiSiswaBerprestasidalamCabangOlahragaRenang(StudiKasusdiSMPLBNegeriMalang).SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AbdulHudaM.Pd(2)SopingiS.SosM.Pd.KatakunciPembinaanolahragarenangsiswaberprestasiSLBAnakberkebutuhankhususmemilikipotensiyangsamadengananakreguler.Denganmelakukanpembinaanyangtepatterhadapanakberkebutuhankhususdalamhalinibakatolahragarenangdiharapkandapatmengembangkanpotensiyangdimiliki.DiSMPLBNegeriMalangterdapatduasiswayangberprestasidalamolahragarenangyaitusiswatunarungudantunagrahita.KeduasiswatersebutpernahmenjuaraiperlombaanrenangditingkatKotamaupunProvinsi.Sekolahtelahmelakukanpembinaanolahragarenangsejakawalsiswamasukkesekolahberdasarkanhasilasesmen.Tujuandalampenelitianiniadalahmendeskripsikan(1)programpembinaanolahragarenangbagisiswaberprestasidalamcabangolahragarenang(2)pelaksanaanpembinaanolahragarenangbagisiswaberprestasidalamcabangolahragarenang(3)hambatanpembinaanolahragarenangbagisiswaberprestasidalamcabangolahragarenangdan(4)upayamengatasihambatanpembinaanolahragarenangbagisiswaberprestasidalamcabangolahragarenang.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiankualitatifdenganmenggunakanpendekatanstudikasus.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahwawancaraobservasidandokumentasi.AnalisadatadalampenelitianinimengacupadapendapatMilesdanHubermanantaralainreduksidatapenyajiandatadanmengambilkeputusanHasilpenelitianmenunjukanbahwa(1)programpembinaanolahragarenangyaitupihaksekolahmelakukankerjasamadenganorangtuauntukmendaftarkankeklubrenangkemudianklubrenangmemberikanprogramlatihanbagisiswa(2)pelaksanaanpembinaanolahragarenangdibagimenjadiduayaitudisekolahdandiklubrenang(3)hambatanpelaksanaanpembinaanolahragarenangberupatidakadanyasaranadisekolahdanmoodsiswa(4)upayamengatasihambatanpembinaanolahragarenangadalahkerjasamadenganorangtuadanlebihmengenalikarakteristiksiswaSarandiperuntukkankepada(1)Kepalasekolahhendaknyadapatmengambilkeputusanbijakdalammemilihsalahseoranggurusebagaipenanggungjawabolahragarenang(2)Pelatihagarmempelajaritentangkarakteristikdankebutuhansiswaberkebutuhankhusus(3)Guruketikaprosesasessmendiharapkangurudapatmenggalilebihdalamlagipotensi-potensiyangadapadaseluruhsiswa.