Pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan memahami isi bacaan pada siswa tunarungu kelas VII di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang / Risma Laurentia Putri
Main Author: | Putri, Risma Laurentia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9011/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLaurentiaRisma.2017.PengaruhMetodeSosiodramaTerhadapKemampuanMemahamiIsiBacaanPadaSiswaTunarunguKelasVIIDiSMPLBBhaktiWanitaLumajang.SkripsiS1PLBJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.M.EfendiM.PdM.Kes(2)Dr.SihkabudenM.PdKataKunciTunarungukemampuanmemahamiisibacaansosiodramaKetidakberfungsianorganpendengaranpadatunarungumengakibatkanterhambatnyaperkembanganbahasadanbicarasehinggapadaanaktunarungumengalamihambatandalammemperolehinformasi.Anaktunarungudiberiinformasidenganpengajarankhususagaranakdapatmamahamikonsepyangdimaksuddenganbenar.Siswatunarungusangatmemerlukanbimbingandalamupayamenanamkanpembelajaranyangbaikefektifdanmenarik.Sehubungandenganhaltersebutsiswatunarunguperludibekalipengajaranmemahamisuatuisibacaan.Tujuanpengajarannyaadalahuntukmeningkatkankemampuanmemahamiisibacaan.Tujuanpenelitianiniadalah(1)UntukmengetahuiadanyaperbedaankemampuanmemahamiisibacaansebelumdansesudahdiberikantreatmentberupametodesosiodramapadasiswatunarungukelasVIIdiSMPLBBhaktiWanitaLumajang.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianEksperimendengandesainOneGroupPreTest-PostTest.Dimanapenelitianinihanyaterdapatsatukelompoksajatanpaadanyakelompokkontrol.Hasilpenelitianmenunjukkanperolehanrata-ratapadatahappretestsebesar425sedangkanperolehanrata-ratapadatahapposttestmeningkatsebesar795setelahdilakukanintervensi.Dariperhitungantersebutdapatdinyatakanadanyapengaruhpenggunaanmetodesosiodramasebagaibentukintervensiterhadapkemampuanmemahamiisibacaan.AdapunsaranbagiGurudalampenelitianiniadalahGurudapatmenggunakanmetodepembelajaransesuaidengankarakteristikdankebutuhansiswa.ABSTRACTLaurentiaRisma.2017.TheEffectofSociodramatotheAbilityinUnderstandingReadingContentforDeafStudentsin7thGradeSMPLBBhaktiWanitaLumajang.SarjanaisThesisStudyProgramofSpecialEducationDepartmentofSpecialEducationFacultyofEducationStateUniversityofMalang.Supervisors(1)Prof.Dr.M.EfendiM.PdM.Kes(2)Dr.SihkabudenM.PdKeywordsdeafabilityinunderstandingreadingcontentsociodramaDysfunctionalhearingorgantothedeafpeopleresultinlatedevelopmentoflanguageandspeakingthusdeafchildrenhaveobstaclesingettinginformation.Deafchildrengivenbyinformationusingspecialteachinginordertomakethedeafchildrenabletounderstandtheintendedconceptappropriately.Deafstudentsreallyneedguidanceinattempttoimpartgoodeffectiveandinterestinglearning.Relatedtotheexplanationabovedeafstudentsgivenbylearninginordertounderstandreadingcontent.Thegoalofthislearningistoimproveabilityinunderstandingreadingcontent.Theobjectiveofthisresearchasfollows(1)toknowtheeffecttowardstheuseofsociodramamethodtotheabilityinunderstandingreadingcontentfordeafstudentsin7thGradeSMPLB(JuniorHighSchoolofSpecialEducation)BhaktiWanitaLumajang.Thisresearchusedexperimentalresearchdesignwithonegrouppretest-posttest.Inwhichthisresearchonlyhadonegroupwithoutcontrolgroup.Theresearchresultshowedthataveragescoreinpretestwas425whileintheposttesttheaveragescoreimprovedtobe795afterconductedbyintervention.Fromtheanalysisaboveitcouldbestatedthattherewasaneffecttowardstheuseofsociodramamethodasinterventiontotheabilityinunderstandingreadingcontent.Whilesuggestionforteachersinthisresearchisteachersshoulduselearningmethodaswithstudentcharacteristicandneeds.