Pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan memahami isi bacaan pada siswa tunarungu kelas VII di SMPLB Bhakti Wanita Lumajang / Risma Laurentia Putri

Main Author: Putri, Risma Laurentia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9011/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLaurentiaRisma.2017.PengaruhMetodeSosiodramaTerhadapKemampuanMemahamiIsiBacaanPadaSiswaTunarunguKelasVIIDiSMPLBBhaktiWanitaLumajang.SkripsiS1PLBJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.M.EfendiM.PdM.Kes(2)Dr.SihkabudenM.PdKataKunciTunarungukemampuanmemahamiisibacaansosiodramaKetidakberfungsianorganpendengaranpadatunarungumengakibatkanterhambatnyaperkembanganbahasadanbicarasehinggapadaanaktunarungumengalamihambatandalammemperolehinformasi.Anaktunarungudiberiinformasidenganpengajarankhususagaranakdapatmamahamikonsepyangdimaksuddenganbenar.Siswatunarungusangatmemerlukanbimbingandalamupayamenanamkanpembelajaranyangbaikefektifdanmenarik.Sehubungandenganhaltersebutsiswatunarunguperludibekalipengajaranmemahamisuatuisibacaan.Tujuanpengajarannyaadalahuntukmeningkatkankemampuanmemahamiisibacaan.Tujuanpenelitianiniadalah(1)UntukmengetahuiadanyaperbedaankemampuanmemahamiisibacaansebelumdansesudahdiberikantreatmentberupametodesosiodramapadasiswatunarungukelasVIIdiSMPLBBhaktiWanitaLumajang.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianEksperimendengandesainOneGroupPreTest-PostTest.Dimanapenelitianinihanyaterdapatsatukelompoksajatanpaadanyakelompokkontrol.Hasilpenelitianmenunjukkanperolehanrata-ratapadatahappretestsebesar425sedangkanperolehanrata-ratapadatahapposttestmeningkatsebesar795setelahdilakukanintervensi.Dariperhitungantersebutdapatdinyatakanadanyapengaruhpenggunaanmetodesosiodramasebagaibentukintervensiterhadapkemampuanmemahamiisibacaan.AdapunsaranbagiGurudalampenelitianiniadalahGurudapatmenggunakanmetodepembelajaransesuaidengankarakteristikdankebutuhansiswa.ABSTRACTLaurentiaRisma.2017.TheEffectofSociodramatotheAbilityinUnderstandingReadingContentforDeafStudentsin7thGradeSMPLBBhaktiWanitaLumajang.SarjanaisThesisStudyProgramofSpecialEducationDepartmentofSpecialEducationFacultyofEducationStateUniversityofMalang.Supervisors(1)Prof.Dr.M.EfendiM.PdM.Kes(2)Dr.SihkabudenM.PdKeywordsdeafabilityinunderstandingreadingcontentsociodramaDysfunctionalhearingorgantothedeafpeopleresultinlatedevelopmentoflanguageandspeakingthusdeafchildrenhaveobstaclesingettinginformation.Deafchildrengivenbyinformationusingspecialteachinginordertomakethedeafchildrenabletounderstandtheintendedconceptappropriately.Deafstudentsreallyneedguidanceinattempttoimpartgoodeffectiveandinterestinglearning.Relatedtotheexplanationabovedeafstudentsgivenbylearninginordertounderstandreadingcontent.Thegoalofthislearningistoimproveabilityinunderstandingreadingcontent.Theobjectiveofthisresearchasfollows(1)toknowtheeffecttowardstheuseofsociodramamethodtotheabilityinunderstandingreadingcontentfordeafstudentsin7thGradeSMPLB(JuniorHighSchoolofSpecialEducation)BhaktiWanitaLumajang.Thisresearchusedexperimentalresearchdesignwithonegrouppretest-posttest.Inwhichthisresearchonlyhadonegroupwithoutcontrolgroup.Theresearchresultshowedthataveragescoreinpretestwas425whileintheposttesttheaveragescoreimprovedtobe795afterconductedbyintervention.Fromtheanalysisaboveitcouldbestatedthattherewasaneffecttowardstheuseofsociodramamethodasinterventiontotheabilityinunderstandingreadingcontent.Whilesuggestionforteachersinthisresearchisteachersshoulduselearningmethodaswithstudentcharacteristicandneeds.