Pengaruh media monopoli braille terhadap kemampuan membaca permulaan anak tunanetra kelas II di SDLB-A YPAB Surabaya / Yulita Setianingrum
Main Author: | Setianingrum, Yulita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9000/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKNingrumSetiaYulita2016.PengaruhPermainanMonopoliBrailleTerhadapKemampuanMembacaPermulaanPadaAnakTunanetraKelasIIdiSDLB-AYPABSurabayaSKRIPSIJurusanPendidikanLuarBiasaFIPUniversitasNegriMalang.Pembimbing(I)Drs.Ir.EndroWahyunoM.Si(II)Dr.AsimM.PdKataKunciPermainanmonopolibraillemembacapermulaanMembacaadalahkegiatanyangsangatpentingyangmelibatkanbanyakhaltidakhanyasekedarmelafalkantulisansaja.Bagipesertadidikyangmengalamitunanetramengembangkankemampuanmembacapemulaandikelasawalmasihsangatsulitkarenaketerbatasanindrapenglihatannya.Untukmengatasimasalahtersebutperluaadanyainovasidanmodifikasiuntukmewujudkanpembelajaranyangmenyenangkan.Permainanmonopolimerupakanpermainanyangterbuatdaripapanyangberpetak-petak.Setiappetakmonopoliakandiisidengankartukatasederhanauntukdapatmembantumeningkatkankemampuanmembacapermulaanpadapesertadidik.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankemampuanmembacaperrmulaanpesertadidiktunanetrasebelummenggunakanpermaiananmonopolimendeskripsikankemampuanmembacapermulaanpesertadidiksetelahmengguanakanpermainanmenggunakanpermaiananmonopolimendeskripsikanpengaruhpenggunaanpermainanmonopoliterhadapkemampuanmembacapermulaanpesertadidiktunanetrakelasIIdiSDLB-AYPABSurabaya.Penelitianinitermasukpenelitianesperimensemu(QuasiEksperimen)denganperbandingansubyekyangsamadalamkondisiyangberbeda.Instrumentpenelitianiniberupateslisandanteskinerjauntukpretesdanpost-tes.TeknikanalisisyangdigunakanadalahujiWilcoxonyangdiselesaikansecaramanual.HasilperhitunganujiWilcoxondiperolehniali0.NilaikritisuntukujiWilcoxon945005daridaftarujiWicoxondiperoleh2.Dariperhitungantersebutdinyatakanbahwaditerimadanditolaksebab8804.BerdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwapermainanmonopoliterhadappengaruhyangsignifikandenganmembacapermulaanAnakTunanetradiSDLB-AYPABSurabayai