Pengaruh Project Based Learning (PJBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas XI IPS SMA Mataram Tempursari Kabupaten Lumajang / Adhitya Candra Kusuma

Main Author: Kusuma, Adhitya Candra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/89939/
Daftar Isi:
  • RINGKASANKusumaAdhityaCandra.PengaruhProjectBasedLearningTerhadapKemampuanBerpikirKritisPadaMataPelajaranGeografiPesertaDididkKelasXIIPSSMAMataramTempursari.SkripsiProgramStudiS1PendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiHandoyoM.Si.(II)PurwantoS.PdM.Si.KataKunciModelProjectBasedLearningKemampuanBerpikirKritis.PjBLmerupakanmodelpembelajaranyangberpusatpadapesertadidikdankegiatanbelajarnyaberupaproyek.ModelPjBLmenuntutkeaktifanpesertadidikdankerjasamadalampembuatanproyek.ModelProjectBasedLearningmemilikikelebihanyangberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritis.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelPjBLterhadapkemampuanberpikirkritispadamatapelajarangeografipesertadidikkelasXIIPSSMAMataramTempursari.PenelitianinibertujuanmengetahuipengaruhPjBLterhadapberpikirkritistermasukpenelitiankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperimen)menggunakanPretest-PosttestControlGroupDesign.Subjekpenelitianiniyaituduakelasyangmemilikikemampuansetaraberdasarkandatanilaihasilulanganyangdidapatkandarigurumatapelajarangeografi.DuakelastersebutdiantaranyakelasXIIPS1sebagaikelaseksperimenyangmendapatkanperlakuandenganmodelPjBLdankelasXIIPS2sebagaikelaskontrolyangdiberiperlakuandenganmodelkonvensional.Instrumenyangdigunakanberupatesessaysejumlah5butirsoalyangmengacupadaindikatorkemampuanberpikirkreatif.Teknikpengumpulandatadilakukanmenggunakantesyangdilakukanduakalidiberikanpadasebelumdansesudahperlakuan.Teknikanalisisdatamenggunakanuji-tdenganSPSS16.0forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritiskelasyangmenggunakanmodelPjBLmendapatkannilairata-ratalebihbaikdibandingkankelasyangtidakmenggunakanmodelProjectBasedLearning.Hasilanalisisyangdilakukandidapatkanbahwanilaiprobabilitassebesar001ataulebihrendahdari005.BerdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwaH0ditolakdanH1diterimayangartinyaterdapatpengaruhsignifikanpenerapanPjBLterhadapkemampuanberpikirkritispadaMataPelajaranGeografiPesertaDidikkelasXIIPSSMAMataramTempursari.SaranditujukanuntukguruagarmempersiapkanperencanaanpembelajaranmodelPjBLsecaramatangkarenamodelpembelajaraninimenuntutbanyakbiayadanwaktu.BagipihaksekolahdisarankanagarmemberidoronganpadakegiatanpembelajaranmenggunakanmodelPjBLkhusunyauntukmeningkatkankemampuanberpikirkritispesertadidik.BagipenelitiselanjutnyayangakanmelakukanpenelitianmengenaimodelPjBLdisarankanmenyiapkaninstrumendanperangkatpembelajaransecaramatangagarmemudahkangurumodelsaatmemberikanperlakuan.