Pengaruh Project Based Learning (PJBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas XI IPS SMA Mataram Tempursari Kabupaten Lumajang / Adhitya Candra Kusuma
Main Author: | Kusuma, Adhitya Candra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/89939/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANKusumaAdhityaCandra.PengaruhProjectBasedLearningTerhadapKemampuanBerpikirKritisPadaMataPelajaranGeografiPesertaDididkKelasXIIPSSMAMataramTempursari.SkripsiProgramStudiS1PendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiHandoyoM.Si.(II)PurwantoS.PdM.Si.KataKunciModelProjectBasedLearningKemampuanBerpikirKritis.PjBLmerupakanmodelpembelajaranyangberpusatpadapesertadidikdankegiatanbelajarnyaberupaproyek.ModelPjBLmenuntutkeaktifanpesertadidikdankerjasamadalampembuatanproyek.ModelProjectBasedLearningmemilikikelebihanyangberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritis.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelPjBLterhadapkemampuanberpikirkritispadamatapelajarangeografipesertadidikkelasXIIPSSMAMataramTempursari.PenelitianinibertujuanmengetahuipengaruhPjBLterhadapberpikirkritistermasukpenelitiankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperimen)menggunakanPretest-PosttestControlGroupDesign.Subjekpenelitianiniyaituduakelasyangmemilikikemampuansetaraberdasarkandatanilaihasilulanganyangdidapatkandarigurumatapelajarangeografi.DuakelastersebutdiantaranyakelasXIIPS1sebagaikelaseksperimenyangmendapatkanperlakuandenganmodelPjBLdankelasXIIPS2sebagaikelaskontrolyangdiberiperlakuandenganmodelkonvensional.Instrumenyangdigunakanberupatesessaysejumlah5butirsoalyangmengacupadaindikatorkemampuanberpikirkreatif.Teknikpengumpulandatadilakukanmenggunakantesyangdilakukanduakalidiberikanpadasebelumdansesudahperlakuan.Teknikanalisisdatamenggunakanuji-tdenganSPSS16.0forWindows.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritiskelasyangmenggunakanmodelPjBLmendapatkannilairata-ratalebihbaikdibandingkankelasyangtidakmenggunakanmodelProjectBasedLearning.Hasilanalisisyangdilakukandidapatkanbahwanilaiprobabilitassebesar001ataulebihrendahdari005.BerdasarkanhasiltersebutdapatdisimpulkanbahwaH0ditolakdanH1diterimayangartinyaterdapatpengaruhsignifikanpenerapanPjBLterhadapkemampuanberpikirkritispadaMataPelajaranGeografiPesertaDidikkelasXIIPSSMAMataramTempursari.SaranditujukanuntukguruagarmempersiapkanperencanaanpembelajaranmodelPjBLsecaramatangkarenamodelpembelajaraninimenuntutbanyakbiayadanwaktu.BagipihaksekolahdisarankanagarmemberidoronganpadakegiatanpembelajaranmenggunakanmodelPjBLkhusunyauntukmeningkatkankemampuanberpikirkritispesertadidik.BagipenelitiselanjutnyayangakanmelakukanpenelitianmengenaimodelPjBLdisarankanmenyiapkaninstrumendanperangkatpembelajaransecaramatangagarmemudahkangurumodelsaatmemberikanperlakuan.