Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan google classroom untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS MAN 3 Kediri / M. Azis Zaitunil Lutfi

Main Author: Lutfi, M. Azis Zaitunil
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/89931/
Daftar Isi:
  • RINGKASANLutfiM.A.Z.2019.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)BerbantuanGoogleClassroomUntukMeningkatkanMotivasiBelajardanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranGeografiKelasXIIPSMAN3Kediri.Skripsi.JurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.BudiHandoyoM.Si(2)PurwantoS.PdM.SiKataKunciModelPBLberbatuangoogleclassroomMotivasibelajarHasilbelajarMatapelajarangeografi.SiswakelasXIIPSIdiMAN3Kediridiketahuimemilikimotivasibelajardanhasilbelajaryangrendah.Rendahnyamotivasibelajarsiswadalammatapelajargeografiditunjukkandengankurangnyaantusiasmesiswadalammengikutipembelajarangeografi.Halinisesuaidenganhasilpenyebaranangketmotivasibelajarpratindakanyangmenunjukkanrata-rataskormotivasibelajarkelassebesar6100ataukelastersebutmemilikikualifikasimotivasibelajarcukup.NamunmotivasibelajartersebutmasihsangatperluditingkatkankarenakelasXIIPSImemilikihasilbelajaryangtergolongrendah.Hasilbelajaryangrendahinidiketahuiberdasarkanhasilulanganharian(UH)padamateridinamikakependudukanyangmenunjukkannilairata-ratahasilbelajarkelassebesar53.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswamelaluipenerapanmodelproblembasedlearning(PBL)berbantuangoogleclassroom.RancanganpenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasdengan2sikluspelaksanaan.SubyekdaripenelitianiniadalahkelasXIIPSIyangberjumlah37siswa.Penelitianinimenggunakansoaltesuntukmengukurhasilbelajar.Soaltestersebutdiberikanpadamasing-masingakhirsiklusIdansiklusIIkemudianhasilkeduanyadianalisisdengancaraperbandinganantarajumlahnilaiyangdidapatsiswapadasatusikluspembelajarandengansikluspembelajaranyanglainnya.Sedangkanuntukmengukurmotivasibelajarpadapenelitianinimenggunakaninstrumenangketyangberjumlah25butirpertanyaan.Angketmotivasibelajardiberikansebelumtindakandansetelahtindakankemudianhasilkeduanyadianalisisdengancaradibandingkanuntukdiketahuinilaipeningkatannya.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelproblembasedlearning(PBL)berbantuangoogleclassroomdapatmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswakelasXIIPSIMAN3Kediri.Motivasibelajarpratindakanyangdiketahuinilairata-ratasebesar6100mengalamipeningkatanpascatindakanmenjadi7100ataudenganpersentasepeningkatanmotivasibelajarsebesar1613%.SedangkanhasilbelajarsiswapadasiklusIdiperolehnilairata-ratasebesar5486dansiklusIIsebesar6803ataudenganpersentasepeningkatanhasilbelajarsebesar2401%.