Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan google classroom untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS MAN 3 Kediri / M. Azis Zaitunil Lutfi
Main Author: | Lutfi, M. Azis Zaitunil |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/89931/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANLutfiM.A.Z.2019.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)BerbantuanGoogleClassroomUntukMeningkatkanMotivasiBelajardanHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranGeografiKelasXIIPSMAN3Kediri.Skripsi.JurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.BudiHandoyoM.Si(2)PurwantoS.PdM.SiKataKunciModelPBLberbatuangoogleclassroomMotivasibelajarHasilbelajarMatapelajarangeografi.SiswakelasXIIPSIdiMAN3Kediridiketahuimemilikimotivasibelajardanhasilbelajaryangrendah.Rendahnyamotivasibelajarsiswadalammatapelajargeografiditunjukkandengankurangnyaantusiasmesiswadalammengikutipembelajarangeografi.Halinisesuaidenganhasilpenyebaranangketmotivasibelajarpratindakanyangmenunjukkanrata-rataskormotivasibelajarkelassebesar6100ataukelastersebutmemilikikualifikasimotivasibelajarcukup.NamunmotivasibelajartersebutmasihsangatperluditingkatkankarenakelasXIIPSImemilikihasilbelajaryangtergolongrendah.Hasilbelajaryangrendahinidiketahuiberdasarkanhasilulanganharian(UH)padamateridinamikakependudukanyangmenunjukkannilairata-ratahasilbelajarkelassebesar53.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswamelaluipenerapanmodelproblembasedlearning(PBL)berbantuangoogleclassroom.RancanganpenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelasdengan2sikluspelaksanaan.SubyekdaripenelitianiniadalahkelasXIIPSIyangberjumlah37siswa.Penelitianinimenggunakansoaltesuntukmengukurhasilbelajar.Soaltestersebutdiberikanpadamasing-masingakhirsiklusIdansiklusIIkemudianhasilkeduanyadianalisisdengancaraperbandinganantarajumlahnilaiyangdidapatsiswapadasatusikluspembelajarandengansikluspembelajaranyanglainnya.Sedangkanuntukmengukurmotivasibelajarpadapenelitianinimenggunakaninstrumenangketyangberjumlah25butirpertanyaan.Angketmotivasibelajardiberikansebelumtindakandansetelahtindakankemudianhasilkeduanyadianalisisdengancaradibandingkanuntukdiketahuinilaipeningkatannya.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanmodelproblembasedlearning(PBL)berbantuangoogleclassroomdapatmeningkatkanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswakelasXIIPSIMAN3Kediri.Motivasibelajarpratindakanyangdiketahuinilairata-ratasebesar6100mengalamipeningkatanpascatindakanmenjadi7100ataudenganpersentasepeningkatanmotivasibelajarsebesar1613%.SedangkanhasilbelajarsiswapadasiklusIdiperolehnilairata-ratasebesar5486dansiklusIIsebesar6803ataudenganpersentasepeningkatanhasilbelajarsebesar2401%.