Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Sutojayan ditinjau dari minatnya pada mata pelajaran geografi / Liza Nur Avinda

Main Author: Avinda, Liza Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/89929/
Daftar Isi:
  • RINGKASANAvindaLizaNur.2019.PengaruhModelPembelajaranInkuiriTerbimbingterhadapKemampuanBerpikirAnalitisdiSMAN01SutojayanDitinjaudariMinatBelajarGeografipadaMataPelajaranGeografi.SkripsiGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.DwiyonoHariUtomoM.PdM.Si(II)Drs.RudiHartonoM.SiKataKunciModelPembelajaranInkuiriTerbimbingKemampuanBerpikirAnalitisdanMinatBelajarModelInkuiriTerbimbingmerupakanmodelyangdapatmeningkatkankemampuanberpikiranalitisdengancaramemberikanlangsungkepadapesertadidikmelaluistudilapangansecaraterbimbing.Modeltersebutmemilikikeunggulanyaitumenjadikansiswaaktifdalammembangunkonseppengetahuannya(2)memberikanpengalamannyatadalammenumbuhkankemampuanberpikiranalitisnyadan(3)melatihpesertadidikberkolaborasidalammengembangkankemampuanberpikiranalitissiswa.Pesertadidikdenganminatbelajaryangtinggimampumemcahkanmasalahlebihbaikdaripadasiswadenganminatbelajaryangrendah.Padasisiyanglainkemampuanberpikiranalitisdanminatbelajarpesertadidikmasihrendahsehinggadiperlukansolusiyangterbaik.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiadanyapengaruhmodelpembelajaranInkuiriTerbimbingterhadapkemampuanberpikiranalitisdiSMAN01Sutojayanditinjaudariminatbelajarpadamatapelajarangeografi.Metodepadapenelitianiniadalahquasiexperimentwithpre-testpos-testcontrolgroupyangtermasukdalampenelitiankuantitatif.SubjekpenelitianiniadalahkelasXIPS2sebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuanmenggunakanmodelInkuiriTerbimbingdankelasXIPS5yangtidakdiberiperlakuanmenggunakanmodelpembelajarankonvensional.Instrumenpenelitianmenggunakanesaisejulmah4butiryangsudahdiujimenggunakanujivaliditasdanujirealibilitaspadakelaslainyangtidakmenjadisubjekpenelitian.TeknikanalisisyangdigunakanyaitustatisticdenganbantuanSPSS16.00forwindowsyangdigunakanuntukmenghitungujinormalitasujihomogenitasujihipotesisdenganindependentssamplet-testdanujiANOVA(uji-F).HasilPenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranInkuiriTerbimbingberpengaruhsecarasignifikanterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidik.Selainitujugadidapatkanbahwanilairata-rataper-subkemampuanberpikiranalitispalingtinggiyaitupadaindikatormegunakandatayangmendukunguntukmenjelaskanmengapayangdigunakandalamjawabanbenar.Nilairata-ratapersubindikatorpalingrendahyaitupadamemberikankesimpulansecaraumumberdasarkaninformasiataudata.Padaujihipotesisuji-Tdengannilaisig(2-tailed)diperolehhasil0.008yanglebihkecildari0.05danuji-Fdengannilaisig(2-tailed)diperolehhasil0.00.nilaitersebutmembuktikanbahwamodelpembelajaranInkuirterbimbingberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidikkelasXSMAN01Sutojayanditinjaudariminatbelajarpadamatapelajarangeografi.