Penerapan scientific approach berbantuan media video untuk meningkatkan hasil belajar geografi kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran geografi di SMAN 1 Gondanglegi / Yunis Ulfiana

Main Author: Ulfiana, Yunis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/89916/
Daftar Isi:
  • RINGKASANUlfianaYunis.2019.PenerapanScientificApproachBerbantuanMediaVideountukMeningkatkanHasilBelajarGeografikelasXIIPS3padaMataPelajaranGeografidiSMAN1Gondanglegi.Skripsi.JurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniveritasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiHandoyoM.Si(II)PurwantoS.PdM.SiKataKunciScientificApproachHasilBelajarGeografiMataPelajaranGeografiSiswakelasXIIPS3SMAN1Gondanglegidiketahuimemilikihasilbelajaryangrendah.HalinidapatdibuktikanpadahasilnilaiulanganharianyangkurangdariKriteriaKetuntasanMinimum(KKM).KriteriaKetuntasanMinimal(KKM)untukmatapelajarangeografidisekolahiniadalah75.HasildariulanganharianpadakompetensidasarposisistrategisIndonesiasebagaiporosmaritimdiketahuibahwa6129%dari31siswadikelasXIIPS3tidaktuntasdenganrataratanilai7077.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahhasilbelajargeografidenganmenerapkanScientificApproachberbantuanMediaVideodikelasXIIPS3SMAN1Gondanglegi.Rancanganpenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)dengan2sikluspenerapanpembelajaran.SubyekpenelitianiniyaitukelasXIIPS3yangberjumlah31siswa.Penelitianinimenggunakaninstrumenberupasoalpilihangandasebanyak10butirdansoalesai5butiruntukpengukuranhasilbelajar.Analisishasilbelajargeografidengancaramembandingkannilairata-ratasiklusIdansiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaScientificApproachdapatmeningkatkanhasilbelajargeografikelasXIIPS3diSMAN1Gondanglegi.HasilpenerapanScientificApproachmenunjukkanbahwanilairata-ratahasilbelajargeografipadasiklusIsebesar7408dansiklusIIsebesar84.Persentasepeningkatanhasilbelajargeografisebesar1339%.