Pengaruh model pembelajaran discovery terbimbing terhadap pemahaman konsep geografi ditinjau dari gaya belajar siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Unversitas Negeri Malang / Raniah Rahmawati

Main Author: Rahmawati, Raniah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/89913/
Daftar Isi:
  • RINGKASANRahmawatiRaniah.2019.PengaruhModelPembelajaranDiscoveryTerbimbingTerhadapPemahamanKonsepGeografiDitinjaudariGayaBelajarSiswaKelasXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuhartoM.Pd.(II)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.KataKunciModelPembelajaranDiscoveryTerbimbingPemahamanKonsepGayaBelajarModelpembelajarandiscoveryterbimbingmerupakanpembelajaranyangmengutamakanbelajarmencaridanmenemukansendiri.Dalamprosespembelajaraninisiswadiarahkanuntukmenemukankonsep-konsep.Kelebihandaridiscoveryterbimbingdapatmeningkatkanpemahamankonsepsiswa.Selainitupembelajaraninicocokdenganberbagaimacamcarabelajarsiswadalammemahamimateripembelajaran.Pemahamankonsepsiswadapatdipengaruhiolehmodelpembelajarandangayabelajarsiswa.Tujuandaripenelitianiniyaituuntukmengetahui(1)pengaruhmodelpembelajarandiscoveryterbimbingterhadappemahamankonsepgeografisiswadan(2)pengaruhmodelpembelajarandiscoveryterbimbingterhadappemahamankonsepgeografiditinjaudarigayabelajarsiswa.Metodeyangdigunakanadalaheksperimensemu(quasieksperiment)dengandesainpostestonlycontrolgrup.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahsoalessaiuntukmengukurpemahamankonsepdanangketuntukmengetahuigayabelajarsiswa.Ujicobainstrumenmenggunakanvaliditasdanreliabilitas.Datayangdiperolehdianalisismenggunakanuji-FdenganbantuanSPSS16.0forwindows.Hasilpenelitiandiperolehbahwa(1)modelpembelajarandiscoveryterbimbingberpengaruhterhadappemahamankonsepgeografisiswadan(2)modelpembelajarandiscoveryterbimbingtidakberpengaruhterhadappemahamankonsepgeografiditinjaudarigayabelajarsiswa.Darihasiltemuanpertamaanalisisyangdilakukanterhadappemahamankonsepgeografisiswadiketahuibahwanilaiprobabilitasadalah000.Hasiltersebutmenunjukkannilaiprobabilitas005dengankatalainH0ditolakdanH1diterima.Hasilanalisisyangdilakukanpadatemuankeduadiketahuibahwanilaiprobabilitasadalah0548.Hasiltersebutmenunjukkannilaiprobabilitas005dengankatalainHipotesis0diterimadanHipotesisalternatifditolak.Saranyangdiajukandalampenelitianiniyaitu(1)bagigurudisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajarandiscoveryterbimbingdikelasterutamapadamatapelajarangeografi(2)bagipenelitilanjutdisarankanuntukdapatmengkajihasiltemuanpadaperbedaanselisisihmatriksperhitunganrata-ratamodeldiscoveryterbimbingdengangayabelajarsiswa.