Pengaruh model pembelajaran discovery terbimbing terhadap pemahaman konsep geografi ditinjau dari gaya belajar siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Unversitas Negeri Malang / Raniah Rahmawati
Main Author: | Rahmawati, Raniah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/89913/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANRahmawatiRaniah.2019.PengaruhModelPembelajaranDiscoveryTerbimbingTerhadapPemahamanKonsepGeografiDitinjaudariGayaBelajarSiswaKelasXISMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuhartoM.Pd.(II)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.KataKunciModelPembelajaranDiscoveryTerbimbingPemahamanKonsepGayaBelajarModelpembelajarandiscoveryterbimbingmerupakanpembelajaranyangmengutamakanbelajarmencaridanmenemukansendiri.Dalamprosespembelajaraninisiswadiarahkanuntukmenemukankonsep-konsep.Kelebihandaridiscoveryterbimbingdapatmeningkatkanpemahamankonsepsiswa.Selainitupembelajaraninicocokdenganberbagaimacamcarabelajarsiswadalammemahamimateripembelajaran.Pemahamankonsepsiswadapatdipengaruhiolehmodelpembelajarandangayabelajarsiswa.Tujuandaripenelitianiniyaituuntukmengetahui(1)pengaruhmodelpembelajarandiscoveryterbimbingterhadappemahamankonsepgeografisiswadan(2)pengaruhmodelpembelajarandiscoveryterbimbingterhadappemahamankonsepgeografiditinjaudarigayabelajarsiswa.Metodeyangdigunakanadalaheksperimensemu(quasieksperiment)dengandesainpostestonlycontrolgrup.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahsoalessaiuntukmengukurpemahamankonsepdanangketuntukmengetahuigayabelajarsiswa.Ujicobainstrumenmenggunakanvaliditasdanreliabilitas.Datayangdiperolehdianalisismenggunakanuji-FdenganbantuanSPSS16.0forwindows.Hasilpenelitiandiperolehbahwa(1)modelpembelajarandiscoveryterbimbingberpengaruhterhadappemahamankonsepgeografisiswadan(2)modelpembelajarandiscoveryterbimbingtidakberpengaruhterhadappemahamankonsepgeografiditinjaudarigayabelajarsiswa.Darihasiltemuanpertamaanalisisyangdilakukanterhadappemahamankonsepgeografisiswadiketahuibahwanilaiprobabilitasadalah000.Hasiltersebutmenunjukkannilaiprobabilitas005dengankatalainH0ditolakdanH1diterima.Hasilanalisisyangdilakukanpadatemuankeduadiketahuibahwanilaiprobabilitasadalah0548.Hasiltersebutmenunjukkannilaiprobabilitas005dengankatalainHipotesis0diterimadanHipotesisalternatifditolak.Saranyangdiajukandalampenelitianiniyaitu(1)bagigurudisarankanuntukmenerapkanmodelpembelajarandiscoveryterbimbingdikelasterutamapadamatapelajarangeografi(2)bagipenelitilanjutdisarankanuntukdapatmengkajihasiltemuanpadaperbedaanselisisihmatriksperhitunganrata-ratamodeldiscoveryterbimbingdengangayabelajarsiswa.