Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 3 Blitar / Roy Gustap
Main Author: | Gustap, Roy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/89909/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANGustapRoy.2019.PengaruhModelProblemBasedLearningterhadapKemampuanBerpikirKreatifPesertaDidikpadaMataPelajaranGeografiKelasXISMANegeri3Blitar.Skripsi.ProgramStudiPendidikanGeografiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si(2)Drs.MarhadiSlametKristiyantoM.Si.KatakunciproblembasedlearningberpikirkreatifKenyataandilapangansaatiniberpikirkreatifmasihmenjadimasalahbagisebagianpesertadidikditingkatSMA/MAdibuktikandenganlemahnyakemampuanpesertadidikdalamberpendapatdanmencarialternatifpemecahanmasalah.Salahsatumodelpembelajaranyangbagusuntukmeningkatkanberpikirkreatifpesertaadalahmodelpembelajaranproblembasedlearning.KeunggulanmodelpembelajaranPBLpesertadidikdiajakuntukbelajarmemecahanmasalahdenganberbagaisudutpandangpandang(antardisiplinilmu).Selainitupesertadidikdiajakmelakukanpenyelidikansecaraautentiksehinggalebihmudahdalambelajarkarenaadapermasalahanyangnyata.SedangkankekuranganmodelpembelajaranPBLmembutuhkanwaktuyanglamadanpersiapanyangmatangnamunmasalahtersebutdapatdiatasidengancaragurumempersiapkanrancanganpembelajarandenganbaik.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranproblembasedlearningterhadapkemampuanberpikirkreatifpesertadidik.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemu(quasiexperimental)yangtermasukdalampenelitiankuantitatifdenganmenggunakanPosttestOnlyControlGroupDesign.PenelitianinidilaksanakandiSMANegeri3BlitardengansubjekpenelitianyaitusiswakelasXIIIS1sebagaikelaseksperimendanXIIIS5sebagaikelaskontrol.Tesdigunakanuntukmengetahuikemampuanberpikirkreatifpesertadidiksetelahperlakuanpadakeduakelas.Instrumenpenelitianyangdigunakanyaitusoalposttestyangterdiridari4soaluraian.Teknikanalisisdatapenelitianinimenggunakanuji-tdenganbantuanSPSS16.00forWindows.HasilanalisisdatapadapenelitianinimenunjukkanbahwaadanyapengaruhmodelpembelajaranproblembasedlearningterhadapkemampuanberpikirkreatifpesertadidikpadamatapelajarangeografikelasXIdiSMANegeri3Blitar.BerdasarkanhasilanalisamenggunakanujiIndependentt-testdiperolehnilaisignifikansebesar0035.Hasilinikurangdaritarafsignifikansiyaitu0050.Sehinggamodelpembelajaranproblembasedlearningberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkreatif.Saranyangdapatdiberikandiharapkanmemberimanfaatantaralain1)sekolahdisarankanmenganjurkankepadaguruuntukmenerapkanmodelproblembasedlearningdalampembelajaran2)gurudisarankanmenerapkanmodelproblembasedlearningsebagaialternatifpembelajarandanuntukmelatihkemampuanberpikirkreatifpesertadidik3)penelitilanjutyangberminatmelakukanpenelitianserupadapatmenambahvariabeldalampenelitian.