Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas XI SMA Negeri 3 Blitar / Roy Gustap

Main Author: Gustap, Roy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/89909/
Daftar Isi:
  • RINGKASANGustapRoy.2019.PengaruhModelProblemBasedLearningterhadapKemampuanBerpikirKreatifPesertaDidikpadaMataPelajaranGeografiKelasXISMANegeri3Blitar.Skripsi.ProgramStudiPendidikanGeografiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si(2)Drs.MarhadiSlametKristiyantoM.Si.KatakunciproblembasedlearningberpikirkreatifKenyataandilapangansaatiniberpikirkreatifmasihmenjadimasalahbagisebagianpesertadidikditingkatSMA/MAdibuktikandenganlemahnyakemampuanpesertadidikdalamberpendapatdanmencarialternatifpemecahanmasalah.Salahsatumodelpembelajaranyangbagusuntukmeningkatkanberpikirkreatifpesertaadalahmodelpembelajaranproblembasedlearning.KeunggulanmodelpembelajaranPBLpesertadidikdiajakuntukbelajarmemecahanmasalahdenganberbagaisudutpandangpandang(antardisiplinilmu).Selainitupesertadidikdiajakmelakukanpenyelidikansecaraautentiksehinggalebihmudahdalambelajarkarenaadapermasalahanyangnyata.SedangkankekuranganmodelpembelajaranPBLmembutuhkanwaktuyanglamadanpersiapanyangmatangnamunmasalahtersebutdapatdiatasidengancaragurumempersiapkanrancanganpembelajarandenganbaik.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranproblembasedlearningterhadapkemampuanberpikirkreatifpesertadidik.Penelitianinimerupakanjenispenelitianeksperimensemu(quasiexperimental)yangtermasukdalampenelitiankuantitatifdenganmenggunakanPosttestOnlyControlGroupDesign.PenelitianinidilaksanakandiSMANegeri3BlitardengansubjekpenelitianyaitusiswakelasXIIIS1sebagaikelaseksperimendanXIIIS5sebagaikelaskontrol.Tesdigunakanuntukmengetahuikemampuanberpikirkreatifpesertadidiksetelahperlakuanpadakeduakelas.Instrumenpenelitianyangdigunakanyaitusoalposttestyangterdiridari4soaluraian.Teknikanalisisdatapenelitianinimenggunakanuji-tdenganbantuanSPSS16.00forWindows.HasilanalisisdatapadapenelitianinimenunjukkanbahwaadanyapengaruhmodelpembelajaranproblembasedlearningterhadapkemampuanberpikirkreatifpesertadidikpadamatapelajarangeografikelasXIdiSMANegeri3Blitar.BerdasarkanhasilanalisamenggunakanujiIndependentt-testdiperolehnilaisignifikansebesar0035.Hasilinikurangdaritarafsignifikansiyaitu0050.Sehinggamodelpembelajaranproblembasedlearningberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkreatif.Saranyangdapatdiberikandiharapkanmemberimanfaatantaralain1)sekolahdisarankanmenganjurkankepadaguruuntukmenerapkanmodelproblembasedlearningdalampembelajaran2)gurudisarankanmenerapkanmodelproblembasedlearningsebagaialternatifpembelajarandanuntukmelatihkemampuanberpikirkreatifpesertadidik3)penelitilanjutyangberminatmelakukanpenelitianserupadapatmenambahvariabeldalampenelitian.