Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Batu / Alamsyah Wahyudi
Main Author: | Wahyudi, Alamsyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/89867/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANWahyudiAlamsyah.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningTerhadapKemampuanBerpikirKreatifSiswaKelasXIPSSMA1KotaBatu.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.YusurSuhartoM.Pd(II)Drs.HendriPurwintoM.SiKataKunciModelProblemBasedLearningBerpikirKreatifModelProblemBasedLearningmerupakanmodelpembelajaranyangdalampembelajarannyadiberikansuatupermasalahanuntukdipecahkan.Modelinimelibatkansiswaakitfdalampembelajarankarenasiswadituntutuntukmemecahkanpermasalahanyangdiberikanolehguru.ProblemBasedLearningmerupakanpembelajaranyangberpusatpadasiswadanguruhanyasebagaifasilitor.Modelinimemiliki5sintaksyakni(1)orientasisiswapadamasalah(2)mengorganisasikansiswauntukbelajar(3)membimbingpenyelidikanindividualmaupunkelompok(4)mengembangkandanmenyajikanhasilkaryadan(5)menganalisisataumengevaluasiprosespemecahanmasalah.TujuanpenelitianiniuntukmengetahuiapakahadapengaruhmodelpembelajaranProblemBasedLearningterhadapKemampuanBerpikirKreatifsiswakelasXIPSSMANegeri1Batu.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemuyangtermasukdalampenelitiankuantitatifsubjekpenelitianiniberjumlah61siswadenganrincianyaituXIPS4sebagaikelaskontroldenganjumlahsiswa30danXIPS3sebagaikelaseksperimendenganJumlahsiswa30.Instrumenpengumpulandatayangdigunakanyaitusoalessaiposttestyangberjumlah5soal.Teknikanalisisdatamenggunakanuji-t.Uji-tdigunakanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranProblemBasedLearningterhadapkemampuanBerpikirKreatifSiswa.HasilpenelitianmenunjukanbahwaadapengaruhpositifdansignifikanmodelProblemBasedLearningterhadapkemampuanbepikirkreatifsiswakelaseksperimen.Rata-ratahasilkemampuanberpikirkreatifsiswakelaseksperimenlebihtinggi428daripadakelaskontrol.PadaperhitunganujihipotesisyangdilakukandiperolehSig.(2-tailed)00388804005berdasarkanhaltersebutH0ditolak.OlehsebabitudapatdisimpulkanbahwaadapengaruhmodelProblemBasedLearningterhadapkemampuanberpikirkreatifsisswakelasXIPSSMAN1KotaBatu.