Media interaktif speech teraphy huruf hija'iyah bagi peserta didik tunarungu kelas III SDLB Negeri Malang / Isnaningtiyas Nurania Hajizah

Main Author: Hajizah, Isnaningtiyas Nurania
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/8986/
Daftar Isi:
  • AbstrakHajizahIsnaningtiyasNurania.2017.PengembanganMediaInteraktifSpeechTeraphyHurufHijaiyahbagiPesertadidikTunarunguKelasIIIdiSDLBNegeriMalang.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.MohammadEfendiM.PdM.Kes(II)Dr.SulthoniM.Pd.KataKunciMediainteraktifspeechteraphyhurufhijaiyahtunarungu.PendidikanAgamabagipesertadidiktunarungusangatdiperlukan.DalamhalinibagipesertadidikkelasIII.PAIyangdiberikanolehgurukhususnyapadapembelajaranhurufhijaiyah.Pesertadidiktunarunguyangmengalamihambatanpadapendengaraanyamempunyaikesulitanuntukberbahasa.Kosakatayangmerekapunyaimasihterbatas.Apalagiuntukpembelajaranhurufhijaiyah.Merekamembutuhkanlayananyangmemfasilitasianak-anakdalampembelajaran.Layanantersebutmeliputipengenalanhurufhijaiayahdarisegitulisannyamapundarisegipengucapannya.Dalampenelitianiniyangmenjadifokuspenulisadalahpengucapanpesertadidikuntukmengucapkanhurufhijaiyah.JenjangPendidikanyangsedangdijalaniolehpesertadidikadalahkelasIIISDOlehkarenaitupembelajaranyangdiberikankepadapesertadidikadalahpembelajaranhurufhijaiyahsederhanyayaituhurufhijaiyahberharakatfathahdari15751614sampai15851614PenelitianpenulismenggunakanmetodepenelitianBorgGall.Tahap-tahapyangdilaluidalammetodepenelitianiniataralain1)researchandinformationcollecting2)planning3)developpreliminaryformofproduct4)preliminaryfieldtesting5)mainproductrevision6)mainfieldtesting7)operationalproductrevision8)operationalfieldtesting9)finalproductrevision.TahapanvalidasipadapenelitianinidilakukanolehahlimediaahlimateridanahlipembelajaranABK.UjicobaprodukdilakukandilapangandenganmenggunakansubyekpenelitiansebanyaklimapesertadidiktunarungukelasIIISDLBNegeriMalang.HasilpenelitianyangdilakukandalampengujiankelayakanmediapembelajaranyaknimediainteraktifspeechteraphyhurufhijaiyahdiperolehdaridatavalidasiyangdilakukanolehbeberapaahliyaituahlimediaahlimateridanahlipembelajaranABK.Ahlimediamemberikanskor97%untukpresentasekelayakanmediaahlimaterimemberikanskor92%danahlipembelajaranABKmemberikanskor95%untukpresentasekelayakanmediainteraktif.Sedangkanefektifitasmediainteraktifyangtelahdibuktikanpadaujicobalapanganmendapatkanrata-rataskor93posttestdaritotalnilai100.Kelanjutanuntukmediainteraktifinidiharapkanadanyapengembanganberkelanjutan.PengembangantersebutbisadigunakanuntukmatapelajaranlainselainPAI.Mediatersebutjugadapatdiujikefektifitasannyadalampenelitianberbentukeksperimen.