Pengembangan multimedia interaktif program lectora inspire materi pengelolaan sumber daya alam Indonesia / Ammrah Wahyu Pertiwi

Main Author: Pertiwi, Ammrah Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/89854/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANPertiwiAmmrahWahyu.2019.PengembanganMultimediaInteraktifProgramLectoraInspireMateriPengelolaanSumberDayaAlamIndonesia.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiHandoyoM.Si(II)ArdyantoTanjungS.PdM.Pd.KatakunciMultimediainteraktifLectoraInspirePengelolaanSumberDayaAlamIndonesiaKurikulumdiIndonesiadariwaktukewaktuselalumengalamiperubahan.Haltersebutjugaberpengaruhterhadappenggunaanteknologiyangsemakincanggih.Kemajuanteknologiinformasidankomunikasipadasaatinimendukungterciptanyaproseskomunikasiyangdapatberlangsungsecaraefektif.PadapenelitianpengembanganinimenggunakanmediapresentasidenganmultimediainteraktifmenggunakanprogramsoftwareLectoraInspire.LectoraInspiremerupakansalahsatuprogrampresentasijenissoftwareAuthoringToolyangdikembangkanolehTrivantisCorporation.Penelitianpengembanganinimenggunakanlangkah-langkahdanmodelpenelitianpengembanganmilikBorgGall(1983)yangtelahdimodifikasi.MateriyangdigunakandalampenelitianiniyaituPengelolaanSumberDayaAlamIndonesiayangdisesuaikandengankurikulum2013revisi.SubjekujicobadaripenelitianiniadalahgurugeografidansiswakelasXIIPSdiMANahdatulUlamaGondanglegiyangsedangatautelahmenempuhmateripengelolaansumberdayaalamIndonesia.Sebelummembuatprodukpenelitimembuatstoryboardataurancanganproduk.Produkmultimediainteraktifkemudiandikembangkanlaludivalidasiolehahlimaterimediadanbahasauntukmendapatkanrevisidankevalidandalampengembanganproduk.Hasildarivalidasiolehahlidiperolehrata-ratayaitumateri75%media97.91%bahasa61.36%.Gurudansiswadiberiangketuntukmenilaiprodukmultimediainteratifini.Hasildaripenilaiantersebutmendapatkanrata-rata92.30%untukpenilaianangketgurudan87.13%untukpenilaianangketseluruhsiswa.Rata-ratapenilaiansecarakeseluruhanmendapatkanhasil82.74%.BerdasarkandatahasiltersebutmultimediainteraktifmenggunakanprogramLectoraInspireinimasukkedalamkategorisangatlayakmerujukpadatabelkriteriatingkatvaliditas.Saran-sarandanmasukandariparavalidatordijadikansebagaibahanpertimbanganuntukperbaikanproduk.Programinidapatdijadikansebagaireferensimateridansumberbelajarolehgurugeografidansiswa.