Pengaruh media wain word terhadap kemampuan menyususn kalimat bahasa Indonesia siswa tunarungu kelas IX di SMPLB-B YPTB Malang / Yurika Nurani Dwiningtyas
Main Author: | Dwiningtyas, Yurika Nurani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8985/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTunarungumerupakananakyangmengalamikehilangankemampuanmendengarbaiksebagianmaupunseluruhnyayangdisebabkankarenatidakberfungsinyaalatpendengaransehinggaanakmemilikigangguandalamberkomunikasidanberbahasa.DenganketerbatasanpemerolehanbahasaanaktunarungumemilikihambatanyaituketidakteraturandalammenyusunletakkatamenjadisusunankalimatyangbenarsesuaidenganstrukturSPOK(SubjekPredikatObjekKeterangan).Berdasarkanstudipendahuluanyaituhampirseluruhsiswatunarunguberkomunikasimenggunakankalimatyangtidakterstrukturataudibolak-balikyangmembuatoranglainbingunguntukmenerjemahkanmaksudyangdibicarakananak.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmediawainwordterhadapkemampuanmenyusunkalimatbahasaIndonesiasiswatunarungukelasIXdiSMPLBBYPTBMalang.PenelitianinimenggunakanmetodePre-eksperimendesigndengandesainpenelitianonegrouppretest-posttestdesignsertamenggunakanteknikanalisisujit.Hasilpenelitianmenunjukkanperbedaanyangsignifikanantarahasilpre-testdanhasilpost-test.Hasilyangdiperolehadalahnilait_hitungt_tabelyaitu83388052998.Berdasarkankriteriatersebutmakahoditolaksehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhmediawainwordterhadapkemampuanmenyusunkalimatsiswa.KesimpulandalampenelitianiniadalahmediawainworddapatmempengaruhikemampuanmenyusunkalimatbahasaIndonesialebihbaikpadasiswatunarungukelasIXdiSMPLB-BYPTBMalang.Saranbagiguruyaitumenggunakanmediapembelajaraninisebagaibahanreferensiuntukpembelajarankhususnyapembelajaranmenyusunkalimat.Bagipenelitiselanjutnyabisamenjadikanpenelitianinisebagaibahankajianuntukdikembangkanlagi.KeywordsSiswaTunarungumenyusunkalimatmediawainword.