Pengaruh media wain word terhadap kemampuan menyususn kalimat bahasa Indonesia siswa tunarungu kelas IX di SMPLB-B YPTB Malang / Yurika Nurani Dwiningtyas

Main Author: Dwiningtyas, Yurika Nurani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/8985/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTunarungumerupakananakyangmengalamikehilangankemampuanmendengarbaiksebagianmaupunseluruhnyayangdisebabkankarenatidakberfungsinyaalatpendengaransehinggaanakmemilikigangguandalamberkomunikasidanberbahasa.DenganketerbatasanpemerolehanbahasaanaktunarungumemilikihambatanyaituketidakteraturandalammenyusunletakkatamenjadisusunankalimatyangbenarsesuaidenganstrukturSPOK(SubjekPredikatObjekKeterangan).Berdasarkanstudipendahuluanyaituhampirseluruhsiswatunarunguberkomunikasimenggunakankalimatyangtidakterstrukturataudibolak-balikyangmembuatoranglainbingunguntukmenerjemahkanmaksudyangdibicarakananak.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmediawainwordterhadapkemampuanmenyusunkalimatbahasaIndonesiasiswatunarungukelasIXdiSMPLBBYPTBMalang.PenelitianinimenggunakanmetodePre-eksperimendesigndengandesainpenelitianonegrouppretest-posttestdesignsertamenggunakanteknikanalisisujit.Hasilpenelitianmenunjukkanperbedaanyangsignifikanantarahasilpre-testdanhasilpost-test.Hasilyangdiperolehadalahnilait_hitungt_tabelyaitu83388052998.Berdasarkankriteriatersebutmakahoditolaksehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhmediawainwordterhadapkemampuanmenyusunkalimatsiswa.KesimpulandalampenelitianiniadalahmediawainworddapatmempengaruhikemampuanmenyusunkalimatbahasaIndonesialebihbaikpadasiswatunarungukelasIXdiSMPLB-BYPTBMalang.Saranbagiguruyaitumenggunakanmediapembelajaraninisebagaibahanreferensiuntukpembelajarankhususnyapembelajaranmenyusunkalimat.Bagipenelitiselanjutnyabisamenjadikanpenelitianinisebagaibahankajianuntukdikembangkanlagi.KeywordsSiswaTunarungumenyusunkalimatmediawainword.