Pengaruh penggunaan permainan monopoli terhadap hasil belajar matematika penjumlahan mata uang pada siswa tunagrahita ringan kelas VI di SDLB Idayu II Kabupaten Malang / Sigit Lego Wicaksono

Main Author: Wicaksono, Sigit Lego
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/8919/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWicaksonoSigitLego.2016.PengaruhPenggunaanPermainanMonopoliTerhadapHasilBelajarMatematikaPenjumlahanMataUangPadaSiswaTunagrahitaRinganKelasVIdiSDLBIdayuIIKabupatenMalang.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFIPUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.Ir.EndroWahyunoM.Si(2)Drs.UsepKustiawanM.Sn.KatakunciPermainanMonopolipenjumlahanmatauangtunagraitaringanHasilBelajarMatematikaAnaktunagrahitaringanmerupakananakberkelainanmentalkemampuanintelektualnyaberadadibawahrata-ratasehinggakemampuanberfikirnyarendah.Salahsatunyakesulitandalammempelajarimatematikapenjumlahanmatauangsiswamengalamilemahdalamdayaingatnyadansukarberfikirabstraksehinggamembutuhkanpermainanyangmendukungdalampembelajaran.Salahsatunyaadalahpermainanmonopoli.Denganmenggunakanpermainanmonopolisiswadapatmelakukankegiatanpenjumlahansecaranyatadenganmenggunakanuangmainanyangmenyerupaiuangasli.Tujuandaripenelitianiniadalah1)UntukmendiskripsikankemampuanpenjumlahanmatauangpesertadidiktunagrahitaringankelasVIDiSDLBIdayu02KabupatenMalangsebelumditerapkanpermainanmonopoli.2)UntukmendiskripsikankemampuanpenjumlahanmatauangpesertadidiktunagrahitaringankelasVIDiSDLBIdayu02KabupetenMalangsetelahditerapkanpermainanmonopoli.3)UntukmengetahuipengaruhpenggunaanpermainanmonopolidalampenjumlahanmatauangpadaanaktunagrahitaringankelasVIDiSDLBIdayu02KabupetenMalang.PenelitianinidilakukandenganmenggunakanrancanganpenelitianPreEksperimentalDesigndenganbentukOneGroupPretest-PosttestDesign.SubjekpenelitianiniadalahseluruhanakkelasVITunagrahitadiSDLBIdayuIIMalangberjumlah5anak.Pengumpulandatadalampenelitianinidiawalidenganmemberikanpretestterhadapsiswamemberikantreatmentlaludiberikanposttest.Instrumendalampenelitianinimenggunakantesobjektifberupasoalpilihanganda.Ujihipotesisdenganmenggunakanrumuswilcoxon.HasilbelajarmatapelajaranMatematikasebelummenggunakanpermainanmonopoliyaknisiswayangmemperolehnilairata-rata54.Hasilpost-testmatapelajaranMatematikasetelahmenggunakanpermainanmonopoliyaknisiswayangmemperolehnilairata-rata80.HasilujihipotesismenunjukkanbahwanilaiThitung(15)Ttabel(1)makaH1diterima.KesimpulannyaadalahterdapatpengaruhpermainanmonopoliterhadaphasilbelajarmatematikapenjumlahanmatauangpadasiswatunagrahitaringankelasVIdiSDLBIdayuIIKabupatenMalang.BerdasarkanpenelitianinidapatdisimpulkanbahwapenggunaanpermainanmonopoliberpengaruhterhadaphasilbelajarmatematikapenjumlahanmatauangpadaanaktunagrahitaringankelasVIdiSDLBIdayuIIKabupetenMalang.Saranyangdiberikanbagigurudiharapkanmenerapkanpermainanmonopolidalampembelajaranmatematikapenjumlahanmatauang.