Pengaruh metode visual, auditory, kinesthetic, and tactile (vakt) terhadap kemampuan menulis permulaan anak dysgraphia / Lutfia Rahmansyah

Main Author: Rahmansyah, Lutfia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/8914/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRahmansyahLutfia.2016.PengaruhMetodeVisualAuditoriKinesteticandTactile(VAKT)TerhadapKemampuanMenulisPermulaanAnakDysgraphia.SkripsiS1PLBJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AbdulHudaM.Pd(2)Dr.SaichudinM.Kes.KatakunciDysgrafiakemampuanmenulispermulaanmetodeVAKTSiswadysgrafiamerupakansuatukeadaanyangmenunjukpadakesulitansiswamengekspresikanpikiransecaratertulisyangberkaitandengantulisantanganyangsangatjeleksehinggakesulitanmelakukanekspresisecaratertulis.Siswadysgrafiamemerlukanmetodeyangmampumemudahkandalammenulispermulaan.MelaluipenelitianinidigunakanmetodeVAKTyangsesuaikarakterdankebutuhansiswa.MetodeVAKTmerupakanmetodepembelajaranyangmenggunakanmodalitasvisual(penglihatan)auditory(pendengaran)tactile-kinesthetic(gerak-raba).Tujuandaripenelitianiniadalah(1)mendeskripsikankemampuanmenulispermulaansebelummenggunakanmetodeVAKT(2)mendeskripsikankemampuanmenulispermulaansetelahmenggunakanmetodeVAKT(3)mendeskripsikanpengaruhmetodeVAKTterhadapkemampuanmenulispermulaandiSLBRaharjaSejahteraKandangan.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitianeksperimenyaituSSR(SingleSubjectResearch)dengandesainA-B-Asebanyak14sesi.Padabaseline-1(A1)sebanyak4sesipadaintervensi(B)sebanyak6sesipadabaseline-2(A2)sebanyak4sesi.Teknikpengumpulandatayangdigunakanadalahtestulislembarobservasidanlembarpenilaian.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdalamkondisidananalisisantarkondisiyangdisajikandengantabeldangrafik.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapadabaseline-1menunjukkannilairata-rata53%.Intervensimenunjukkannilairata-rata91%.Baseline-2menunjukkannilairata-rata76%.Dariketigafaseterdapatpeningkatankemampuanmenulispermulaanyangsignifikan.HalinimenunjukkanbahwametodeVAKTmempengaruhipeningkatankemampuanmenulispermulaananakdysgrafiadiSLBRaharjaSejahteraKandangan.Saranyangdiberikanpenelitiadalah(1)diharapkangurudapatmelanjutkanpenerapanmetodeVAKTdalampembelajarandikarenakanmetodeVAKTinimemberipengaruhpositifterhadapkemampuanmenulispermulaan.(2)bagipenelitiselanjutnyadiharapkanmampumengembangkanpenelitiandenganruanglingkupyanglebihluasyaknipadajenisanakberkebutuhanlainnya.