Pengaruh penggunaan media papan flanel Qur'an terhadap peningkatan kemampuan membaca huruf Al-Qur'an siswa tunarungu kelas III SLB B-C Dharma Wanita 01 Pakisaji Kabupaten Malang / Rosa Aprilianita Dewi

Main Author: Dewi, Rosa Aprilianita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/8895/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDewiRosaAprilianita.2016.PengaruhPenggunaanMediaPapanFlanelQuranTerhadapPeningkatanKemampuanMembacaHurufAl-QuranSiswaTunarunguKelasIIISLBB-CDharmaWanita01PakisajiKabupatenMalang.SkripsiS1PLBJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.Ir.EndroWahyunoM.Si(2)Drs.UsepKustiawanM.SnKataKunciTunarunguKemampuanMembacaHurufAlquranMediaPapanFlannelQuranHurufAlquranmerupakankuncidasarmembacaAL-Quran.HurufAlqurandigunakansebagaiejaanuntukmenuliskataataukalimatdalamAL-Quran.HurufAlquranterdiridari29hurufyangmempunyaibentukdankarakteryangberbedapadapenekananbentukdantitiknyahalinikadangseringmenyulitkananak-anakuntukdengancepatmelafalkandanmenghafalkanke29hurufAlqurantersebut.Permasalahanyangseringterjadiialahanakseringsalahdalammembacaatautertukardarisatuhurufkehuruflainapalagidenganhurufyanghampirsamatetapidenganletaktitikyangberbeda.UsahameningkatkanminatmembacapermulaanAlQuranpadaanaktunarungudiperlukanmediapembelajaranyangtepatdandipertimbangkanolehguruuntukdigunakandalamkegiatanbelajarmengajar.DalamupayauntukmembantumeningkatkanpenguasanhurufAlquranpadasiswatunarungupenelitimencobadengansuatumediayaitudenganmediapapanflannelQuran.Tujuanpenelitianiniadalah(1)UntukmengetahuibagaimanakemampuanmembacahurufAl-QuransiswakelasIIISLBB-CDharmaWanita01PakisajiKabupatenMalangsebelummenggunakanmediapapanflannelQuran(2)UntukmengetahuibagaimanakemampuanmembacahurufAl-QuransiswakelasIIISLBB-CDharmaWanita01PakisajiKabupatenMalangsesudahmenggunakanmediapapanflannelQurandan(3)UntukmengetahuipengaruhpenggunaanmediapapanflannelQuranterhadapkemampuanmembacahurufAl-QuransiswatunarungukelasIIISLBB-CDharmaWanita01PakisajiKabupatenMalang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianquasiexperimendengandesaintimeseries.Dimanasebuaheksperimenyangdilaksanakanpadasatukelompoktanpamenggunakankelompokkontrolataupembanding.Sampelyangdigunakandalampenelitianinitidakbersifatrandom.Berdasarkandatahasilpenelitianmenunjukkanperolehanrata-ratapadatahappre-testsebesar375%sedangkanperolehanrata-ratapadatahappost-testmeningkatsebesar775%setelahdilakukanintervensi.DariperhitungantersebutdapatdinyatakanadanyapengaruhpenggunaanmediapapanflannelQuranbentukperlakuanterhadapkemampuanmembacahurufAlquran.AdapunsaranbagiGurudalampenelitianiniadalahGurudapatmenggunakanmediapembelajaransesuiadengankarakteristikdankebutuhansiswa.