Pengaruh media Komik Edukasi terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunarungu kelas VII di SMPLB B YPTB Malang / Wulan Octavia Alicha Sintamala
Main Author: | Sintamala, Wulan Octavia Alicha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8892/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSintamalaWulanOctaviaAlicha.2016.PengaruhMediaKomikEdukasiTerhadapKemampuanMembacaPemahamanPadaSiswaTunarunguKelasVIIdiSMPLBBYPTBMalang.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasa.FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.MohammadEfendiM.PdM.Kes(II)Dr.SaichudinM.KesKatakunciMediaKomikMembacaPemahamanTunarunguSiswatunarungumerupakansiswayangmengalamihambatandalampendengaranyangmengakibatkanhambatandalamperkembanganberkomunikasidanbicarabahkanadayangmengalamikesulitandalammemahamisuatuteksbacaan.Terganggunyainderapendengaransangatberpengaruhterhadappenerimaanbahasadalambentuksuaradanjugaketerbatasankosakatasehinggamengalamikesulitandalamkemampuanmembacapemahaman.Makadalamprosespenerimaanbahasasiswatunarungulebihmengedepankanfungsiinderavisual.Untukmemudahkansiswatunarungudalammembacapemahamanmakadibutuhkanmediayangmemaksimalkanindravisualnyasepertimediakomik.Komikmerupakansuatumediavisualyangmembantusiswatunarungumenangkapideatauinformasiyangterkandungdidalamnyadenganjelaskarenaterdapatgambardanpercakapansingkat.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikankemampuanmembacapemahamansiswatunarungukelasVIIdiSMPLBBYPTBMalangsebelumdansesudahmenggunakanmediakomikedukasisertamenganalisapengaruhpenggunaanmediakomikterhadapkemampuanmembacapemahaman.PenelitianinimenggunakanmetodeQuasiExperimentyaitutanpakelompokpembandingdenganmodelOne-GroupPretestPosttestDesign.DalamPenelitianiniseluruhanggotapopulasidijadikansebagaisampelpenelitiandenganjumlah5siswasehinggapengujianhipotesismenggunakanstatistiknoparametrik.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahmenggunakan10soaluraian.Datadalampenelitianinidiperolehdarihasilpretestdanposttest.Setelahsemuadataterkumpuldatadiolahmenggunakananalisisdeskriptif.HasilpenelitianmenunjukanadanyaperbedaankemampuanmembacapemahamansebelumdansesudahmenggunakanmediakomikedukasisertaadanyapengaruhpenggunaanmediakomikedukasiterhadapkemampuanmembacapemahamansiswatunarunguyangdibuktikandenganujiwilcoxonsampelkecildiperolehT00Ttabel1ataudinyatakanH0ditolak.KesimpulandaripenelitianiniadalahterdapatperbedaankemampuanmembacapemahamansiswatunarungukelasVIIsebelumdansesudahdiberikanperlakuandenganmediakomik.Disarankankepadaguruagardapatmenerapkanmediakomikedukasidalampembelajaransiswatunarungudenganinovasidanmodifikasiyangdisesuaikandengankebutuhansiswauntukmemudahkanmembacapemahamansiswatunarungu.