Pengaruh media Komik Edukasi terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunarungu kelas VII di SMPLB B YPTB Malang / Wulan Octavia Alicha Sintamala

Main Author: Sintamala, Wulan Octavia Alicha
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/8892/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSintamalaWulanOctaviaAlicha.2016.PengaruhMediaKomikEdukasiTerhadapKemampuanMembacaPemahamanPadaSiswaTunarunguKelasVIIdiSMPLBBYPTBMalang.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasa.FakultasIlmuPendidikan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.MohammadEfendiM.PdM.Kes(II)Dr.SaichudinM.KesKatakunciMediaKomikMembacaPemahamanTunarunguSiswatunarungumerupakansiswayangmengalamihambatandalampendengaranyangmengakibatkanhambatandalamperkembanganberkomunikasidanbicarabahkanadayangmengalamikesulitandalammemahamisuatuteksbacaan.Terganggunyainderapendengaransangatberpengaruhterhadappenerimaanbahasadalambentuksuaradanjugaketerbatasankosakatasehinggamengalamikesulitandalamkemampuanmembacapemahaman.Makadalamprosespenerimaanbahasasiswatunarungulebihmengedepankanfungsiinderavisual.Untukmemudahkansiswatunarungudalammembacapemahamanmakadibutuhkanmediayangmemaksimalkanindravisualnyasepertimediakomik.Komikmerupakansuatumediavisualyangmembantusiswatunarungumenangkapideatauinformasiyangterkandungdidalamnyadenganjelaskarenaterdapatgambardanpercakapansingkat.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikankemampuanmembacapemahamansiswatunarungukelasVIIdiSMPLBBYPTBMalangsebelumdansesudahmenggunakanmediakomikedukasisertamenganalisapengaruhpenggunaanmediakomikterhadapkemampuanmembacapemahaman.PenelitianinimenggunakanmetodeQuasiExperimentyaitutanpakelompokpembandingdenganmodelOne-GroupPretestPosttestDesign.DalamPenelitianiniseluruhanggotapopulasidijadikansebagaisampelpenelitiandenganjumlah5siswasehinggapengujianhipotesismenggunakanstatistiknoparametrik.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniadalahmenggunakan10soaluraian.Datadalampenelitianinidiperolehdarihasilpretestdanposttest.Setelahsemuadataterkumpuldatadiolahmenggunakananalisisdeskriptif.HasilpenelitianmenunjukanadanyaperbedaankemampuanmembacapemahamansebelumdansesudahmenggunakanmediakomikedukasisertaadanyapengaruhpenggunaanmediakomikedukasiterhadapkemampuanmembacapemahamansiswatunarunguyangdibuktikandenganujiwilcoxonsampelkecildiperolehT00Ttabel1ataudinyatakanH0ditolak.KesimpulandaripenelitianiniadalahterdapatperbedaankemampuanmembacapemahamansiswatunarungukelasVIIsebelumdansesudahdiberikanperlakuandenganmediakomik.Disarankankepadaguruagardapatmenerapkanmediakomikedukasidalampembelajaransiswatunarungudenganinovasidanmodifikasiyangdisesuaikandengankebutuhansiswauntukmemudahkanmembacapemahamansiswatunarungu.