Pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran terhadap kemampuan menceritakan kembali peserta didik tunarungu kelas VII di SMPLB/B YPTB Malang / Ruri Tri Maulidiah

Main Author: Maulidiah, Ruri Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/8879/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMaulidiahRuriTri.2016.PengaruhPemanfaatanMediaVideoPembelajaranTerhadapKemampuanMenceritakanKembaliPesertaDidikTunarunguKelasVIIDiSMPLB/BYPTBMalang.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SudarsiniM.Pd.(II)HenryPraherdionoS.Si.M.Pd.Katakuncitunarungumediavideopembelajarankemampuanmenceritakankembali.Tunarunguadalahpesertadidikdenganhambatanpendengarandanbiasanyadiikutihambatandalamberbicaraakibatdaritidakberfungsinyaorgandengarnyasehinggamembutuhkanpelayananpendidikankhususdalampembelajarannya.Olehkarenaitumediapembelajaranyangdapatdigunakandalampembelajaranpesertadidiktunarunguuntukmeningkatkankemampuanberbicaradanlebihkhususnyakemampuanmenceritakankembaliyaitudenganmemanfaatkanmediavideopembelajaran.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikankemampuanmenceritakankembalipesertadidiktunarungukelasVIIdiSMPLB/BYPTBMalangsebelumdansetelahmemanfaatkanmediavideopembelajaransertauntukmenganalisispengaruhpemanfaatanmediavideopembelajaranterhadapkemampuanmenceritakankembalipesertadidiktunarungukelasVIIdiSMPLB/BYPTBMalang.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganmetodeeksperimenmenggunakandesainQuasiExperimentataueksperimensemudenganmodelsatukelompokPretest-Posttest(OneGroup-Pretest-PosttestDesign).Instrumenyangdigunakanberupates.Teknikpengumpulandatadenganmelakukanobservasimelakukanpre-testdanpost-test.Analisisdatamenggunakanujiwilcoxon.Berdasarkanhasildarianalisisdatadiperolehsebelummenggunakanmediavideopembelajarankemampuanmenceritakankembalipesertadidikdenganhasilrata-ratanilaipre-testsebesar498.Setelahmemanfaatkanmediavideopembelajaranterjadipeningkatankemampuanmenceritakankembalidaripadasebelummemanfaatkanmediavideopembelajarandenganhasilrata-ratanilaipost-testsebesar828.Kesimpulandaripenelitiansebelummemanfaatkanmediavideopembelajarankemampuanmenceritakankembalipesertadidiktunarungubanyakterjadikesalahanpadapenyusunankalimatdanpengucapannya.Setelahmemanfaatkanmediavideopembelajarankemampuanmenceritakankembalipesertadidiktunarungumenjadilebihmeningkatbaikdalampenyusunankalimatmaupunpengucapannyayangsudahtepat.Saranyangdiberikanolehpenelitiadalahagardapatmengembangkanpenelitianlanjutanyangmembahaskemampuanmenceritakankembalipesertadidiktunarungumelaluipemanfaatanmediavideopembelajaran.