Pengaruh pemanfaatan media video pembelajaran terhadap kemampuan menceritakan kembali peserta didik tunarungu kelas VII di SMPLB/B YPTB Malang / Ruri Tri Maulidiah
Main Author: | Maulidiah, Ruri Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8879/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMaulidiahRuriTri.2016.PengaruhPemanfaatanMediaVideoPembelajaranTerhadapKemampuanMenceritakanKembaliPesertaDidikTunarunguKelasVIIDiSMPLB/BYPTBMalang.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SudarsiniM.Pd.(II)HenryPraherdionoS.Si.M.Pd.Katakuncitunarungumediavideopembelajarankemampuanmenceritakankembali.Tunarunguadalahpesertadidikdenganhambatanpendengarandanbiasanyadiikutihambatandalamberbicaraakibatdaritidakberfungsinyaorgandengarnyasehinggamembutuhkanpelayananpendidikankhususdalampembelajarannya.Olehkarenaitumediapembelajaranyangdapatdigunakandalampembelajaranpesertadidiktunarunguuntukmeningkatkankemampuanberbicaradanlebihkhususnyakemampuanmenceritakankembaliyaitudenganmemanfaatkanmediavideopembelajaran.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikankemampuanmenceritakankembalipesertadidiktunarungukelasVIIdiSMPLB/BYPTBMalangsebelumdansetelahmemanfaatkanmediavideopembelajaransertauntukmenganalisispengaruhpemanfaatanmediavideopembelajaranterhadapkemampuanmenceritakankembalipesertadidiktunarungukelasVIIdiSMPLB/BYPTBMalang.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganmetodeeksperimenmenggunakandesainQuasiExperimentataueksperimensemudenganmodelsatukelompokPretest-Posttest(OneGroup-Pretest-PosttestDesign).Instrumenyangdigunakanberupates.Teknikpengumpulandatadenganmelakukanobservasimelakukanpre-testdanpost-test.Analisisdatamenggunakanujiwilcoxon.Berdasarkanhasildarianalisisdatadiperolehsebelummenggunakanmediavideopembelajarankemampuanmenceritakankembalipesertadidikdenganhasilrata-ratanilaipre-testsebesar498.Setelahmemanfaatkanmediavideopembelajaranterjadipeningkatankemampuanmenceritakankembalidaripadasebelummemanfaatkanmediavideopembelajarandenganhasilrata-ratanilaipost-testsebesar828.Kesimpulandaripenelitiansebelummemanfaatkanmediavideopembelajarankemampuanmenceritakankembalipesertadidiktunarungubanyakterjadikesalahanpadapenyusunankalimatdanpengucapannya.Setelahmemanfaatkanmediavideopembelajarankemampuanmenceritakankembalipesertadidiktunarungumenjadilebihmeningkatbaikdalampenyusunankalimatmaupunpengucapannyayangsudahtepat.Saranyangdiberikanolehpenelitiadalahagardapatmengembangkanpenelitianlanjutanyangmembahaskemampuanmenceritakankembalipesertadidiktunarungumelaluipemanfaatanmediavideopembelajaran.