Pengaruh penggunaan metode sisiodrama terhadap peningkatan kemampuan menceritakan kembali pada peserta didik tunarungu kelas IX di SMPLB B YPTB Malang / Inggrid Tunggal Swargani

Main Author: Swargani, Inggrid Tunggal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/8874/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSwarganiInggridTunggal.2016.PengaruhPenggunaanMetodeSosiodramaTerhadapPeningkatanKemampuanMenceritakanKembalipadaPesertaDidikTunarunguKelasIXdiSMPLBBYPTBMalang.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SudarsiniM.Pd.(II)Drs.Ir.EndroWahyunoM.Si.KataKunciTunarunguMetodeSosiodramaKemampuanMenceritakanKembali.Tunarungumerupakanpesertadidikyangmengalamikekuranganataukehilanganpendengaranyangmengakibatkanhambatandalamperkembanganbahasadanbicara.Dalamhalinipesertadidiktunarungumembutuhkanpelayanankhususdalampembelajarannya.Pembelajarankhususyangdapatdigunakandalammeningkatkankemampuanberbicaranyaterutamadalamhalkemampuanmenceritakankembaliadalahmetodesosiodrama.Tujuandaripenelitianiniyaituuntukmendeskripsikan(1)prosespembelajaranmetodesosiodramapadapengajaranmenceritakankembalipesertadidiktunarungukelasIXdiSMPLBBYPTBMalangdan(2)pengaruhpenggunaanmetodesosiodramaterhadappeningkatankemampuanmenceritakankembalipadapesertadidiktunarungukelasIXdiSMPLBBYPTBMalang.PenelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganbentukSingleSubjectResearch(SSR)desainA-B-A.SubjekpenelitianiniyaituRFseorangpesertadidiktunarungudiSMPLBBYPTBMalang.Subjekmemilikihambatandalammenceritakankembali.Variabelterikatdalampenelitianiniyaitukemampuanmenceritakankembali.Variabelbebasdalampenelitianiniyaitumetodesosiodrama.Instrumenyangdigunakandalampenelitianiniyaitunaskahsosiodramalembarpenilaianmenjawabsoaldanmenceritakankembalilembarobservasidandokumentasi.Instrumendivalidasidenganmenggunakanexpertjudgement.Datapenelitiandianalisisdenganmenggunakanteknikanalisisvisualdalamkondisidananalisisvisualantarkondisi.Hasilpenelitianinimenunjukkanadanyapengaruhmetodesosiodramaterhadapkemampuanmenceritakankembali.Keadaaniniditunjukkanpadapenelitiankemampuanmenceritakankembalipadafasebaseline1(A1)antara575%hingga60%padafaseintervensi(B)antara80%hingga90%danpadafasebaseline2(A2)antara85%hingga875%.Halinijugaditunjukkandenganperhitunganoverlapfasebaseline1(A1)kefaseintervensi(B)yaitu0%.Perhitungantersebutmenyatakanintervensimemilikipengaruhterhadappeningkatantargetbehavior.Kesimpulandaripenelitianiniyaitu(1)kemampuanmenceritakankembalipesertadidiktunarungupadafasebaselinemasihrendahdanmembutuhkanintervensi(2)kemampuanmenceritakankembalimeningkatpadafaseintervensidantetappadafasebaselinekedua(3)metodesosiodramayangditerapkanpadapesertadidiktunarungukelasIXmemilikipengaruhterhadapkemampuanmenceritakankembali.Berdasarkanhasilpenelitiansaranbagiguruyaitugurulebihmengoptimalkanpembelajaranuntukmeningkatkanberbicarapesertadidiktunarungudenganmenggunakanmetodesosiodrama.