Peningkatan motivasi belajar membaca melalui penggunaan media kotak obat pada siswa SMPLB kelas VII tunagrahita ringan di SLB Negeri Pandaan / Eka Yanti Handini
Main Author: | Handini, Eka Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8870/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHandiniEkaYanti.2015.PeningkatanMotivasiBelajarMembacaMelaluiPenggunaanMediaKotakObatPadaSiswaSMPLBKelasVIITunagrahitaRinganDiSLBNegeriPandaan.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.DosenPembimbing(I)Drs.Ir.EndroWahyunoM.Si(II)Drs.H.AhmadSamawiM.Hum.KataKunciMediaKotakObatMotivasiBelajarMembacaTunaGrahitaRinganPenelitiantindakankelasiniadalahmendeskripsikanpemanfaatanmediakotakobatuntuk1.Meningkatkanpembelajaransiswatunagrahitauntukmemahamiteksbacaanpendek2.MeningkatkanmotivasibelajarmembacasiswakelasVIISMPLBNegeriPandaan.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifyangdilakukansecarasistematisdanreflektifterhadapberbagaihasiltemuandatadalamtindakan.ModelpenelitiandiadaptasidarimodelyangdikembangkanolehKemmisdanMcTaggartdalamSukaryana(200330).Penelitiandilakukandalamduasiklustiapsiklustindakanterdiridariempatlangkahkegiatan(1)Perencanaantindakan(2)Pelaksanaantindakan(3)Observasi(4)Refleksi.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIISMPLBNegeriPandaanKecamatanPandaanKabupatenPasuruan.Deskripsidatadiperolehdenganmelakukananalisisdansintesissertamereduksihasiltemuandatapratindakandanhasiltindakansehinggamenjadipaparandatayangdapatdipergunakanuntukmenarikkesimpulanhasilpenelitian.Deskripsidatahasilpenelitianadalahhasilmotivasibelajarmembacapadarataratakelassiswapratindakan65%setelahdilakukantindakanpadasiklusIhasilmotrivasibelajar67.5%tetapimasihdibawahnilaistandartminimal75%setelahmelakukanrefleksiuntukpenyempurnaanpelaksanaantindakanpadasiklusIIhasilmotivasibelajarmembacarataratakelasyangdicapaisiswadapatmeningkatmenjadi83.3%.PenelitimemutuskanuntukmenghentikantindakanpadasiklusIIkarenahasilmotivasibelajarmembacarataratakelassiswatelahmelebihistandartminimumrataratakelas75%sesuaisasaranyangtelahditetapkan.KesimpulanmediakotakobatdapatdigunakandenganbaikdalampembelajaranmembacadiSMPLBNegeriPandaanmediakotakobatdapatmeningkatkanmotivasibelajarmembacaanaktunagrahitaringan.Disarankanagardalambelajarmembacagurumenggunakanmediasehinggaberdampakpadameningkatnyahasilmotivasibelajarmembaca.Hasiltemuandatadalampenelitianmenunjukkanbahwaprosespembelajaranpenggunaanmediakotakobatdapatmenciptakanprosespembelajarankomunikatifdanmotivasibelajarsehinggasiswadapatterlibatdanmenjadisubyekdalamprosespembelajaran.