Peningkatan motivasi belajar membaca melalui penggunaan media kotak obat pada siswa SMPLB kelas VII tunagrahita ringan di SLB Negeri Pandaan / Eka Yanti Handini

Main Author: Handini, Eka Yanti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/8870/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHandiniEkaYanti.2015.PeningkatanMotivasiBelajarMembacaMelaluiPenggunaanMediaKotakObatPadaSiswaSMPLBKelasVIITunagrahitaRinganDiSLBNegeriPandaan.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.DosenPembimbing(I)Drs.Ir.EndroWahyunoM.Si(II)Drs.H.AhmadSamawiM.Hum.KataKunciMediaKotakObatMotivasiBelajarMembacaTunaGrahitaRinganPenelitiantindakankelasiniadalahmendeskripsikanpemanfaatanmediakotakobatuntuk1.Meningkatkanpembelajaransiswatunagrahitauntukmemahamiteksbacaanpendek2.MeningkatkanmotivasibelajarmembacasiswakelasVIISMPLBNegeriPandaan.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifyangdilakukansecarasistematisdanreflektifterhadapberbagaihasiltemuandatadalamtindakan.ModelpenelitiandiadaptasidarimodelyangdikembangkanolehKemmisdanMcTaggartdalamSukaryana(200330).Penelitiandilakukandalamduasiklustiapsiklustindakanterdiridariempatlangkahkegiatan(1)Perencanaantindakan(2)Pelaksanaantindakan(3)Observasi(4)Refleksi.SubyekpenelitianadalahsiswakelasVIISMPLBNegeriPandaanKecamatanPandaanKabupatenPasuruan.Deskripsidatadiperolehdenganmelakukananalisisdansintesissertamereduksihasiltemuandatapratindakandanhasiltindakansehinggamenjadipaparandatayangdapatdipergunakanuntukmenarikkesimpulanhasilpenelitian.Deskripsidatahasilpenelitianadalahhasilmotivasibelajarmembacapadarataratakelassiswapratindakan65%setelahdilakukantindakanpadasiklusIhasilmotrivasibelajar67.5%tetapimasihdibawahnilaistandartminimal75%setelahmelakukanrefleksiuntukpenyempurnaanpelaksanaantindakanpadasiklusIIhasilmotivasibelajarmembacarataratakelasyangdicapaisiswadapatmeningkatmenjadi83.3%.PenelitimemutuskanuntukmenghentikantindakanpadasiklusIIkarenahasilmotivasibelajarmembacarataratakelassiswatelahmelebihistandartminimumrataratakelas75%sesuaisasaranyangtelahditetapkan.KesimpulanmediakotakobatdapatdigunakandenganbaikdalampembelajaranmembacadiSMPLBNegeriPandaanmediakotakobatdapatmeningkatkanmotivasibelajarmembacaanaktunagrahitaringan.Disarankanagardalambelajarmembacagurumenggunakanmediasehinggaberdampakpadameningkatnyahasilmotivasibelajarmembaca.Hasiltemuandatadalampenelitianmenunjukkanbahwaprosespembelajaranpenggunaanmediakotakobatdapatmenciptakanprosespembelajarankomunikatifdanmotivasibelajarsehinggasiswadapatterlibatdanmenjadisubyekdalamprosespembelajaran.