Pengembangan media interaktif dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang untuk anak tunarunggu kelas VIII SMPLB / Riyan Latuverisa
Main Author: | Latuverisa, Riyan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8866/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRiyanLatuvrisa2015.PengembanganMediaInteraktifDalamPembelajaranMatematikaMateriBangunRuangUntukAnakTunarunguKelasVIIISMPLBSkripsi.JurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.ThomasIriantoS.PdM.Pd.(II)Drs.Usepkustiawanm.SnKatakunciPengembanganMediaInteraktifAnakTunarunguBangunRuang.SMPLBBYPTBMalangdanSMPLBKedungkandangMalangadalahsebagiankecildarisekiansekolahuntukanak-anaktunarungu.Darihasilobservasiawaldikeduasekolahtersebutmasalahyangmendasaryangperlusegeradiatasiadalahbagaimanagurudapatmenyampaikanmateriagaranaktunarungudapatcepatmengertidanmenerimamateriyangdiberikan.DapatdilihatdaripembelajaranmatematikasiswamasihsulituntukmengikutipembelajaranyangdiberikanolehkarenaitupenelitiinginmengembangkanmediapembelajaraninteraktifmateriBangunRuangmakapenelitiinginmelakukanpenelitianmengenaipengembanganmediapembelajaraninteraktifberbasiscomputer.denganjudulPengembanganMediaInteraktifdalamPembelajaranMatematikaMateriBangunRuanguntukAnakTunarunguKelasVIIISMPLB.TujuanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukberupamediapembelajaraninteraktifdanmengujikelayakanprodukyangdapatdigunakansebagaialatbantudalamkegiatanpembelajaranMatematikamateriBangunRuangsehingganantinyadapatmembuatpembelajaranlebihinovatifmenariksertadapatmemusatkanperhatiansiswatunarungukhususnyadiSMPLBKedungkandangMalangdanSMPLBBYPTBMalang.ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitiandiadopsidarimodelpengembanganSugiyono(2009)sebagaidasarpengembanganmediapembelajaraninteraktif.Adatujuhtahapandalampengembanganmediapembelajaraninteraktifyaitu(1)researchandinformationcolletion(penelitiandanpengumpulandata)(2)planning(perencanaan)(3)developpreliminaryformofproduct(pengembangandraftprodukawal)(4)preliminaryfieldtesting(ujicobaawal)(5)mainproductrevision(revisihasilujicoba)(6)mainfieldtesting(ujilapanganprodukutama)dan(7)operationalproductrevision(revisipemakaianproduk).Hasilpengembanganmediapembelajaraninteraktifinidinyatakandalamkualifikasivalid/layakberdasarkananalisissebagaiberikutvalidasiahlimedia9375%ahlimateri89583%ujicobaperorangan875%danujicobaKelompokbesar655%.Dengandemikianprodukyangdikembangkandinyatakanvaliddanefektifdigunakansebagaimediadalamprosespembelajaran.DilihatdarihasilvalidasimediapembelajaraninteraktifdiatasdapatdisimpulkanmediapembelajaraninteraktifuntukanaktunarungukelasVIIISMPLBBsudahlayakdigunakandandapatditerapkandalampembelajaranMatematikamateriBangunRuang.Saranyangdiajukanberdasarkanhasilpengembanganyaitu(1)Gurudansiswahendaknyamemperhatikanpetunjukpenggunaanmediapembelajaraninteraktifterlebihdahulu(2)BagiSekolahPengembanganmediapembelajarainteraktifuntukjenjangSMPLBBdapatdijadikanalternatifmediayangdigunakanuntukmenunjangprosesbelajarmengajar(3)BagipengembangyangakanmemproduksimediayangsamahasilpenelitianinidapatdijadikansebagaiSalahsaturujukandalampenelitiandanpengembanganmediapembelajaraninteraktifdengantemayangberbedasertamenghasilkanprodukmediayanglebihbaik.