Pengembangan media interaktif dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang untuk anak tunarunggu kelas VIII SMPLB / Riyan Latuverisa

Main Author: Latuverisa, Riyan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/8866/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRiyanLatuvrisa2015.PengembanganMediaInteraktifDalamPembelajaranMatematikaMateriBangunRuangUntukAnakTunarunguKelasVIIISMPLBSkripsi.JurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.ThomasIriantoS.PdM.Pd.(II)Drs.Usepkustiawanm.SnKatakunciPengembanganMediaInteraktifAnakTunarunguBangunRuang.SMPLBBYPTBMalangdanSMPLBKedungkandangMalangadalahsebagiankecildarisekiansekolahuntukanak-anaktunarungu.Darihasilobservasiawaldikeduasekolahtersebutmasalahyangmendasaryangperlusegeradiatasiadalahbagaimanagurudapatmenyampaikanmateriagaranaktunarungudapatcepatmengertidanmenerimamateriyangdiberikan.DapatdilihatdaripembelajaranmatematikasiswamasihsulituntukmengikutipembelajaranyangdiberikanolehkarenaitupenelitiinginmengembangkanmediapembelajaraninteraktifmateriBangunRuangmakapenelitiinginmelakukanpenelitianmengenaipengembanganmediapembelajaraninteraktifberbasiscomputer.denganjudulPengembanganMediaInteraktifdalamPembelajaranMatematikaMateriBangunRuanguntukAnakTunarunguKelasVIIISMPLB.TujuanpengembanganiniadalahuntukmenghasilkanprodukberupamediapembelajaraninteraktifdanmengujikelayakanprodukyangdapatdigunakansebagaialatbantudalamkegiatanpembelajaranMatematikamateriBangunRuangsehingganantinyadapatmembuatpembelajaranlebihinovatifmenariksertadapatmemusatkanperhatiansiswatunarungukhususnyadiSMPLBKedungkandangMalangdanSMPLBBYPTBMalang.ModelpengembanganyangdigunakandalampenelitiandiadopsidarimodelpengembanganSugiyono(2009)sebagaidasarpengembanganmediapembelajaraninteraktif.Adatujuhtahapandalampengembanganmediapembelajaraninteraktifyaitu(1)researchandinformationcolletion(penelitiandanpengumpulandata)(2)planning(perencanaan)(3)developpreliminaryformofproduct(pengembangandraftprodukawal)(4)preliminaryfieldtesting(ujicobaawal)(5)mainproductrevision(revisihasilujicoba)(6)mainfieldtesting(ujilapanganprodukutama)dan(7)operationalproductrevision(revisipemakaianproduk).Hasilpengembanganmediapembelajaraninteraktifinidinyatakandalamkualifikasivalid/layakberdasarkananalisissebagaiberikutvalidasiahlimedia9375%ahlimateri89583%ujicobaperorangan875%danujicobaKelompokbesar655%.Dengandemikianprodukyangdikembangkandinyatakanvaliddanefektifdigunakansebagaimediadalamprosespembelajaran.DilihatdarihasilvalidasimediapembelajaraninteraktifdiatasdapatdisimpulkanmediapembelajaraninteraktifuntukanaktunarungukelasVIIISMPLBBsudahlayakdigunakandandapatditerapkandalampembelajaranMatematikamateriBangunRuang.Saranyangdiajukanberdasarkanhasilpengembanganyaitu(1)Gurudansiswahendaknyamemperhatikanpetunjukpenggunaanmediapembelajaraninteraktifterlebihdahulu(2)BagiSekolahPengembanganmediapembelajarainteraktifuntukjenjangSMPLBBdapatdijadikanalternatifmediayangdigunakanuntukmenunjangprosesbelajarmengajar(3)BagipengembangyangakanmemproduksimediayangsamahasilpenelitianinidapatdijadikansebagaiSalahsaturujukandalampenelitiandanpengembanganmediapembelajaraninteraktifdengantemayangberbedasertamenghasilkanprodukmediayanglebihbaik.