Pengaruh penggunaan metode maternal reflektif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa tunarungu kelas III SDLB Kepanjen Kabupaten Malang / Puput Novita Prasetya Sari

Main Author: Sari, Puput Novita Prasetya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/8832/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSariPuputNovitaPrasetya.2015.PengaruhPenggunaanMetodeMaternalReflektifTerhadapKeterampilanMembacaPermulaanSiswaTunarunguKelasIIISDLBKepanjenKabupatenMalang.ImpairmentintheThirdGradeofSDLBKepanjen-Malang.SkripsiS1JurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AbdulHudaM.Pd(2)HenryPraherdhionoS.SiM.PdKataKunciTunarunguketerampilanmembacapermulaanmetodematernalreflektifAnaktunarungumemilikiketerbatasanberkomunikasidenganorang-orangdisekitarnyakarenakemampuanmenginterpretasikatadankalimathanyaberdasarkanpadapengalamanbahasanyayangterbatas.Ketikaseoranganaktunarunguberbicarakalimatyangdiucapkanterbalik-baliksehinggaoranglainakankesulitanmemahamipesanyangdisampaikannya.SalahsatucontohyangditemuiadalahketikapenelitibertanyaSiapayangmengantarkanmukesekolah.JawabanyangiaungkapkanSepedamotorBapakjauhrumah.MaksudnyaadalahsayadiantarkanolehBapaknaikSepedaMotorrumahsayajauh.Anaktunarungumengucapkankalimatdenganterbalik-baliksehinggadapatterjadikesalahpamahanartidanmaknabagioranglain.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpengaruhpenggunaanmetodematernalreflektifterhadapketerampilanmembacapermulaanpadasiswaTunarungukelasIIISDLBKepajenKabupatenMalang.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianSingleSubjectResearch(SSR)dengandesainA-Bdesaininidigunakanuntukmengukurperubahanyangterjadipadatargetbehaviordarifasebaseline(A)keIntervensi(B)dengantidakdapatmelepaskanpenggunaanmetodematernalreflektif.SubjekpenelitianmenggunakansatusiswatunarunguyaituRA(11tahun).HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpengaruhpenggunaanmetodematernalreflektifterhadapketerampilanmembacapermulaansiswatunarungukelasIIIdiSDLBKepanjenKabupatenMalangdalamhalinidibuktikandarianalisisdatadiperolehmeanlevelfasebaselinesubjekRAsebesar716%.MeanlevelpadafaseintervensisubjekRAsebesar937%.KesimpulanpenelitianinimenunjukkanbahwapenggunaanmetodematernalreflektifdapatmemberikanpengaruhterhadapketerampilanmembacapermulaansiswatunarungukelasIIISDLBKepanjenKabupatenMalangdengansubjekRA.Saranyangdirekomendasikanpadaguruagardapatmemberikanvariasidalampenggunaanmetodematernalreflektifsehinggapelaksanaannyatidakmembosankandenganmediapenunjangyangada.