Pengaruh penggunaan media teka-teki silang bergambar terhadap penguiasaan kosakata peserta didik tunarungu kelas IV SLB YPLB B Kota Blitar / Ovi Gumelar Setyawan
Main Author: | Setyawan, Ovi Gumelar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8822/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSetyawanOviGumelar.2015.PengaruhPenggunaanMediaTeka-TekiSilangTerhadapPenguasaanKosakataPesertaDidikTunarunguKelasIVSLBYPLBBKotaBlitar.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TomasIriyantoS.PdM.Pd(II)Dra.SudarsiniM.Pd.KataKunciTeka-TekiSilangBergambarPenguasaanKosakataTunarunguTunarunguadalahpesertadidikyangmemilikihambatanpendengaran.Dampakdaripesertadidikyangmengalamihambatanpendengaranadalahminimnyapembendaharaankatasehinggadibutuhkanmediapembelajaranyangdapatmeningkatkanpenguasaankosakata.Kosakatayangdimaksudadalahpembelajarankosakatahewandantumbuhan.Mediateka-tekisilangmerupakansalahsatumediayangdapatdigunakanuntukmempermudahpenyampaiansertapemahamankosakatapadapesertadidik.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalyaitu(1)untukmendeskripsikanpengusaankosakatapesertadidiktunarungukelasIVSLBYPLBBKotaBlitarsebelumkondisiintervensi(2)untukmendeskripsikanpengusaankosakatapesertadidiktunarungukelasIVSLBYPLBBKotaBlitarsetelahkondisiintervensi(3)untukmenganalisispengaruhmediateka-tekisilangbergambarterhadappengusaankosakatapesertadidiktunarungukelasIVSLBYPLBBKotaBlitar.DesainpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahSingleSubjectReseach(SSR)denganmodelA-B-Adanmenggunakansatuanskorpersentase.SubjekpenelitianiniadalahpesertatunarunguNFberusia10tahunkelasVISLBYPLBKotaBlitarpadatahunajaran2014/2015.Teknikpengumpulandatamenggunakanteslisandantestulis.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatadalamkondisidananalisisdataantarkondisi.Hasilpenelitianmenunjukkanadanyapengaruhpenggunaanmediateka-tekisilangbergambarsebagaibentukintervensiterhadappeningkatanpenguasaankosakata.Keadaaniniditunjukkanpadapenilaiankemampuanmengerjakansoalpenguasaankosakatapesertadidiktunarungupadakondisibaseline-1(A1)berkisarantara48%-54%danpadakondisiintervensi(B)mengalamipeningkatanmenjadi79%-99%kemudianpadakondisikontrolyaitubaseline-2(A2)menunjukkanskor98%-99%.Kesimpulandaripenelitianiniadalahadanyapengaruhmediateka-tekisilangbergambaryangditerapkanpadapesertadidikkelasIVterhadappenguasaankosakata.HaltersebutdapatdilihatdariperolehanpersentaseoverlapB/A1yangmenunjukkanhasil0%danmengalamipeningkatanpenguasaankosakatasebelumdansesudahdiberikanintervensi.Adapunsaranbagisekolahdarihasilpenelitianiniadalahgurudapatmenerapkanmediayangsesuaidengankarakteristikdankebutuhanpesertadidik.