Pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita kelas II di SDLB C YPLB Blitar / Yesi Oktavia Ayu Wulandari
Main Author: | Wulandari, Yesi Oktavia Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8814/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWulandariYesiOktaviaAyu.2015.PengaruhPenggunaanMediaKartuHurufTerhadapKemampuanMenulisPermulaanSiswaTunagrahitaKelasIIDISDLBCYPLBBlitar.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Moh.EfendiM.PdM.Kes.(II)Drs.Ir.EndroWahyunoM.SiKataKunciMediaKartuHurufKemampuanMenulisPermulaanAnakTunagrahitaAnaktunagrahitaadalahmerupakananakyangmemilikitarafkecerdasanyangrendahsertamengalamihambatandalambidangakademikdannonakademikdalamkehidupansalahsatunyakemampuanmenulispermulaansehinggadiperlukanmediauntukmembantumengatasimasalahmenulispermulaan.Salahsatumediayangdigunakanmembantumenulispermulaanadalahmediakartuhuruf.Mediakartuhurufmerupakanabjad-abjadyangdituliskanpadapotongankertastebalberbentukpersegipanjangsehinggadapatmeningkatkankemampuanmenulispermulaan.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikankemampuanmenulispermulaansiswatunagrahitakelasIIdiSDLBCYPLBBlitarsebelumdansetelahmenggunakanmediakartuhurufsertauntukmenganalisispengaruhpenggunaanmediakartuhurufterhadapkemampuanmenulispermulaansiswakelasIIdiSDLBCYPLBBlitar.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganmetodeeksperimenmenggunakandesainQuasiExperimentataueksperimensemudenganmodelsatukelompokPre-testPost-test(OneGroupPre-testPost-testDesign).Instrumenyangdigunakanberupates.Teknikpengumpulandatadenganmelakukanobservasimelakukanpre-testdanpost-test.Analisisdatamenggunakanujitanda(signtest).Berdasarkanhasildarianalisisdatadiperolehsebelummenggunakanmediakartuhurufkemampuanmenulispermulaansiswadikategorikankurang.Hasilyangrata-ratanilaipre-testsebesar47.Setelahmenggunakanmediakartuhurufterjadipeningkatankemampuanmenulispermulaandaripadasebelummenggunakanmediakartuhuruf.Hasilrata-ratanilaipost-testyanglebihtinggiyaitusebesar82.Kesimpulandaripenelitiansebelummenggunakanmediakartuhurufkemampuanmenulispermulaansiswatunagrahitabanyakterjadikesalahanpadapenulisanbentukhurufpenggantianataupenghilanganbeberapahuruf.Setelahmenggunakanmediakartuhurufkemampuanmenulispermulaansiswatunagrahitamenjadilebihmeningkatpenulisanbentukhurufyangsudahtepatsertakerapianpenulisanyangbaik.Saranyangdiberikanolehpenelitiadalahpihaksekolahmediakartuhurufdapatdijadikanmediaalternatifdalamprogrampembelajaranindividual.Gurukelasdapatmenjadikanmediakartuhurufsebagaimediauntukpembelajaranmenulispermulaan.Bagipenelitiselanjutnyaadanyapenelitianlanjutanyangmembahaskemampuanmenulispermulaan.