Pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan menulis permulaan siswa tunagrahita kelas II di SDLB C YPLB Blitar / Yesi Oktavia Ayu Wulandari

Main Author: Wulandari, Yesi Oktavia Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/8814/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWulandariYesiOktaviaAyu.2015.PengaruhPenggunaanMediaKartuHurufTerhadapKemampuanMenulisPermulaanSiswaTunagrahitaKelasIIDISDLBCYPLBBlitar.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Moh.EfendiM.PdM.Kes.(II)Drs.Ir.EndroWahyunoM.SiKataKunciMediaKartuHurufKemampuanMenulisPermulaanAnakTunagrahitaAnaktunagrahitaadalahmerupakananakyangmemilikitarafkecerdasanyangrendahsertamengalamihambatandalambidangakademikdannonakademikdalamkehidupansalahsatunyakemampuanmenulispermulaansehinggadiperlukanmediauntukmembantumengatasimasalahmenulispermulaan.Salahsatumediayangdigunakanmembantumenulispermulaanadalahmediakartuhuruf.Mediakartuhurufmerupakanabjad-abjadyangdituliskanpadapotongankertastebalberbentukpersegipanjangsehinggadapatmeningkatkankemampuanmenulispermulaan.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikankemampuanmenulispermulaansiswatunagrahitakelasIIdiSDLBCYPLBBlitarsebelumdansetelahmenggunakanmediakartuhurufsertauntukmenganalisispengaruhpenggunaanmediakartuhurufterhadapkemampuanmenulispermulaansiswakelasIIdiSDLBCYPLBBlitar.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganmetodeeksperimenmenggunakandesainQuasiExperimentataueksperimensemudenganmodelsatukelompokPre-testPost-test(OneGroupPre-testPost-testDesign).Instrumenyangdigunakanberupates.Teknikpengumpulandatadenganmelakukanobservasimelakukanpre-testdanpost-test.Analisisdatamenggunakanujitanda(signtest).Berdasarkanhasildarianalisisdatadiperolehsebelummenggunakanmediakartuhurufkemampuanmenulispermulaansiswadikategorikankurang.Hasilyangrata-ratanilaipre-testsebesar47.Setelahmenggunakanmediakartuhurufterjadipeningkatankemampuanmenulispermulaandaripadasebelummenggunakanmediakartuhuruf.Hasilrata-ratanilaipost-testyanglebihtinggiyaitusebesar82.Kesimpulandaripenelitiansebelummenggunakanmediakartuhurufkemampuanmenulispermulaansiswatunagrahitabanyakterjadikesalahanpadapenulisanbentukhurufpenggantianataupenghilanganbeberapahuruf.Setelahmenggunakanmediakartuhurufkemampuanmenulispermulaansiswatunagrahitamenjadilebihmeningkatpenulisanbentukhurufyangsudahtepatsertakerapianpenulisanyangbaik.Saranyangdiberikanolehpenelitiadalahpihaksekolahmediakartuhurufdapatdijadikanmediaalternatifdalamprogrampembelajaranindividual.Gurukelasdapatmenjadikanmediakartuhurufsebagaimediauntukpembelajaranmenulispermulaan.Bagipenelitiselanjutnyaadanyapenelitianlanjutanyangmembahaskemampuanmenulispermulaan.