Pengaruh media batang cuisenaire untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV di SDLB C Negeri Tulungagung / Ria Sekarani

Main Author: Sekarani, Ria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/8802/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSekaraniRia.2015.PengaruhMediaBatangCuisenaireUntukMeningkatkanKemampuanOperasiHitungPenjumlahanSiswaTunagrahitaKelasIVDiSDLBCNegeriTulungagung.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AbdulHudaM.Pd.(II)Dra.WiwikDwiHastutiS.PdM.Pd.KataKunciMediaBatangCuisenaireOperasiHitungPenjumlahanTunagrahitaTunagrahitaadalahindividuyangmemilikitingkatkecerdasanyangrendahmerekasulituntukberpikirsecaraabstrak.Berdasarkankarakteristiknyamerekacenderungmemilikikemampuanberpikirkonkret.Tunagrahitamengalamikesulitanpadaprosespembelajaranoperasihitungpenjumlahanbilangan1sampai10yangbersifatabstrak.Untukitucaramengajarsiswatunagrahitamemerlukanbantuanmediapembelajaransebagaiperantarauntukmenyampaiakaninformasipelajarankepadasiswasecarakonkret.Tujuanpenelitianiniadalah(1)untukmendeskripsikankemampuanoperasihitungpenjumlahansiswatunagrahitakelasIVdiSDLBCNegeriTulungagungsaatkondisibaselinetanpamenggunakanmediabatangCuisenaire(2)untukmendeskripsikankemampuanoperasihitungpenjumlahansiswatunagrahitakelasIVdiSDLBCNegeriTulungagungsaatkondisiintervensimenggunakanmediabatangCuisenairedan(3)untukmendeskripsikanpengaruhpenggunaanmediabatangCuisenaireterhadapkemampuanoperasihitungpenjumlahansiswatunagrahitakelasIVdiSDLBCNegeriTulungagung.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahSingleSubjectReseach(SSR)dengandesainA-B-Adanmenggunakansatuanskorpersentase.SubjekpenelitianiniadalahsiswatunagrahitakelasIVdiSDLBCNegeriTulungagung.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasiassesmendantestulis.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatadalamkondisidananalisisdataantarkondisi.Hasilpenelitianmenunjukkankemampuanoperasihitungpenjumlahansiswatunagrahitayangrendahsebelumdiberikanintervensidanmeningkatsaatdiberikanintervensi.AdanyapengaruhpenggunaanmediabatangCuisenairesebagaibentukintervensiterhadappeningkatankemampuanoperasihitungpenjumlahandapatdinyatakandalamperhitunganpersentaseoverlapantarfasebaseline1kefaseintervensisebesar0%.Persentasekecilinimemilikiartibahwaintervensimemilikipengaruhterhadappeningkatankemampuanoperasihitungpenjumlahankarenapersentaseoverlapdibawah90%.KesimpulanpenelitianiniadalahpenggunaanmediabatangCuisenaireyangditerapkansiswatunagrahitakelasIVdiSDLBCNegeriTulungagungmemilikipengaruhterhadapkemampuanoperasihitungpenjumlahan.Haltersebutditunjukkanmelaluiadanyapeningkatankemampuanoperasihitungpenjumlahanpadasaatdansesudahdiberikanintervensi.Saranbagisekolahdarihasilpenelitianiniadalahgurudapatmenerapkanmediayangsesuaidengankarakteristikdankebutuhansiswa.