Pengaruh media batang cuisenaire untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan siswa tunagrahita kelas IV di SDLB C Negeri Tulungagung / Ria Sekarani
Main Author: | Sekarani, Ria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8802/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSekaraniRia.2015.PengaruhMediaBatangCuisenaireUntukMeningkatkanKemampuanOperasiHitungPenjumlahanSiswaTunagrahitaKelasIVDiSDLBCNegeriTulungagung.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.AbdulHudaM.Pd.(II)Dra.WiwikDwiHastutiS.PdM.Pd.KataKunciMediaBatangCuisenaireOperasiHitungPenjumlahanTunagrahitaTunagrahitaadalahindividuyangmemilikitingkatkecerdasanyangrendahmerekasulituntukberpikirsecaraabstrak.Berdasarkankarakteristiknyamerekacenderungmemilikikemampuanberpikirkonkret.Tunagrahitamengalamikesulitanpadaprosespembelajaranoperasihitungpenjumlahanbilangan1sampai10yangbersifatabstrak.Untukitucaramengajarsiswatunagrahitamemerlukanbantuanmediapembelajaransebagaiperantarauntukmenyampaiakaninformasipelajarankepadasiswasecarakonkret.Tujuanpenelitianiniadalah(1)untukmendeskripsikankemampuanoperasihitungpenjumlahansiswatunagrahitakelasIVdiSDLBCNegeriTulungagungsaatkondisibaselinetanpamenggunakanmediabatangCuisenaire(2)untukmendeskripsikankemampuanoperasihitungpenjumlahansiswatunagrahitakelasIVdiSDLBCNegeriTulungagungsaatkondisiintervensimenggunakanmediabatangCuisenairedan(3)untukmendeskripsikanpengaruhpenggunaanmediabatangCuisenaireterhadapkemampuanoperasihitungpenjumlahansiswatunagrahitakelasIVdiSDLBCNegeriTulungagung.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahSingleSubjectReseach(SSR)dengandesainA-B-Adanmenggunakansatuanskorpersentase.SubjekpenelitianiniadalahsiswatunagrahitakelasIVdiSDLBCNegeriTulungagung.Teknikpengumpulandatamenggunakanobservasiassesmendantestulis.Analisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatadalamkondisidananalisisdataantarkondisi.Hasilpenelitianmenunjukkankemampuanoperasihitungpenjumlahansiswatunagrahitayangrendahsebelumdiberikanintervensidanmeningkatsaatdiberikanintervensi.AdanyapengaruhpenggunaanmediabatangCuisenairesebagaibentukintervensiterhadappeningkatankemampuanoperasihitungpenjumlahandapatdinyatakandalamperhitunganpersentaseoverlapantarfasebaseline1kefaseintervensisebesar0%.Persentasekecilinimemilikiartibahwaintervensimemilikipengaruhterhadappeningkatankemampuanoperasihitungpenjumlahankarenapersentaseoverlapdibawah90%.KesimpulanpenelitianiniadalahpenggunaanmediabatangCuisenaireyangditerapkansiswatunagrahitakelasIVdiSDLBCNegeriTulungagungmemilikipengaruhterhadapkemampuanoperasihitungpenjumlahan.Haltersebutditunjukkanmelaluiadanyapeningkatankemampuanoperasihitungpenjumlahanpadasaatdansesudahdiberikanintervensi.Saranbagisekolahdarihasilpenelitianiniadalahgurudapatmenerapkanmediayangsesuaidengankarakteristikdankebutuhansiswa.