Pengembangan media pem,belajaran IPA berbasis multimedia pada materi Tata Surya siswa kelas IX SMPLB Bagian B (Tunarunggu) YPTB Malang / Nurvita Dwi Andriani
Main Author: | Andriani, Nurvita Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8799/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAndrianiN.D.2015.PengembanganMediaPembelajaranIPABerbasisMultimediapadaMateriTataSuryaSiswaKelasIXSMPLBbagianB(Tunarungu)YPTBMalang.Skripsi.JurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.M.EfendiM.Pd.M.Kes.(II)HenryPraherdionoM.Si.M.PdKataKuncimediapembelajaranmultimediatunarunguIPAAnaktunarungumemilikiketerbatasandalammenerimainformasiyangmenyebabkankurangnyapemahamanterhadapmateripelajarantermasukmateriIPA.PembelajaranIPAyangdilakukanharusnyadapatmembuathubunganyangbermaknaantarapengalamanhidupannyadenganpembelajaranIPAdikelas.Pembelajaranyangbermaknamemerlukanmediapembelajaranberbasismultimediauntukmemvisualisasikanmaterisebagaipengalamanbelajar.SMPLBbagianB(Tunarungu)YPTBMalangadalahsekolahkhusustunarunguyangbelumsempurnadalammenggunakanmediapembelajaranberbasismultimediapadamatapelajaranIPA.TujuanpengembanganmediapembelajaranIPAberbasismultimediamateritatasuryainiyaituuntukmenghasilkanmediapembelajaranIPAmateritatasuryayangvalidsecarateoretikdanempirisolehahlidandapatdiimplementasikandiSMPLBbagianB(Tunarungu)YPTBMalang.PenelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembanganWilliamW.LeedanDianaL.Owens.Teknikpengumpulandatayangdigunakanmeliputiaudienceanalysistechnologyanalysissituationanalysistaskanalysiscriticalanalysisobjectiveanalysisissueanalysismediaanalysisextanddataanalysisdancostanalysis.SecarakeseluruhanmediapembelajaranIPAberbasismultimediapadamateritatasuryauntuksiswakelasIXSMPLBBagianB(Tunarungu)YPTBMalanginitelahdinyatakanvaliddenganrincian8809524%validmenurutahlimateridan7564103%cukupvalidmenurutahlipraktisidan9375%validmenurutahlimedia.