Pengembangan media pem,belajaran IPA berbasis multimedia pada materi Tata Surya siswa kelas IX SMPLB Bagian B (Tunarunggu) YPTB Malang / Nurvita Dwi Andriani

Main Author: Andriani, Nurvita Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/8799/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAndrianiN.D.2015.PengembanganMediaPembelajaranIPABerbasisMultimediapadaMateriTataSuryaSiswaKelasIXSMPLBbagianB(Tunarungu)YPTBMalang.Skripsi.JurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.M.EfendiM.Pd.M.Kes.(II)HenryPraherdionoM.Si.M.PdKataKuncimediapembelajaranmultimediatunarunguIPAAnaktunarungumemilikiketerbatasandalammenerimainformasiyangmenyebabkankurangnyapemahamanterhadapmateripelajarantermasukmateriIPA.PembelajaranIPAyangdilakukanharusnyadapatmembuathubunganyangbermaknaantarapengalamanhidupannyadenganpembelajaranIPAdikelas.Pembelajaranyangbermaknamemerlukanmediapembelajaranberbasismultimediauntukmemvisualisasikanmaterisebagaipengalamanbelajar.SMPLBbagianB(Tunarungu)YPTBMalangadalahsekolahkhusustunarunguyangbelumsempurnadalammenggunakanmediapembelajaranberbasismultimediapadamatapelajaranIPA.TujuanpengembanganmediapembelajaranIPAberbasismultimediamateritatasuryainiyaituuntukmenghasilkanmediapembelajaranIPAmateritatasuryayangvalidsecarateoretikdanempirisolehahlidandapatdiimplementasikandiSMPLBbagianB(Tunarungu)YPTBMalang.PenelitianinimenggunakanmodelpenelitiandanpengembanganWilliamW.LeedanDianaL.Owens.Teknikpengumpulandatayangdigunakanmeliputiaudienceanalysistechnologyanalysissituationanalysistaskanalysiscriticalanalysisobjectiveanalysisissueanalysismediaanalysisextanddataanalysisdancostanalysis.SecarakeseluruhanmediapembelajaranIPAberbasismultimediapadamateritatasuryauntuksiswakelasIXSMPLBBagianB(Tunarungu)YPTBMalanginitelahdinyatakanvaliddenganrincian8809524%validmenurutahlimateridan7564103%cukupvalidmenurutahlipraktisidan9375%validmenurutahlimedia.