Penggunaan media penggaris bilangan pintar untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung penjumlahan pada siswa kelas VIII SMPLB-B YPTB Malang / M. Firdaus Jaya M.
Main Author: | Jaya M., M. Firdaus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8796/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMandiriM.FirdausJaya2015.PenggunaanMediaPenggarisBilanganPintarUntukMeningkatkanHasilBelajarOperasiHitungPenjumlahanPadaSiswaKelasVIIISMPLB-BYPTBMalang.SkripsiJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TomasIriyantoSPdM.Pd(II)Dra.WiwikDwiHastutiS.PdM.PdKatakunciMediaPenggarisBilanganPintarHasilBelajarOperasiHitungPenjumlahanTunarunguBerdasarkanhasilobservasipenelitidiSMPLB-BYPTBMalangdiperolehinformasibahwasebagianbesarsiswamengalamikesulitanuntukmelakukanoperasihitungpenjumlahanbilanganbulat(-10)sampai10.Salahsatupenyebabnyayaitukarenaguruhanyamengajarkonvensionaltanpaadamediayangdigunakanuntukmempermudahsiswadalammenjumlahbilanganbulat.Kondisipembelajaransepertiinibelumsepenuhnyadapatmemfasilitasipesertadidikdalammencapaikompetensiyangdiharapkanjugabelumdapatmelibatkanmerekadalamprosespembelajaransecaraaktif.Untukitudalampenelitianinidigunakanmediapenggarisbilanganpintaruntukmengatasimasalahtersebut.Tujuanpenelitianiniyaituuntuk(1)mendeskripsikanpenggunaanmediapenggarisbilanganpintarpadapembelajaranmatematikauntukmeningkatkanhasilbelajaroperasihitungpenjumlahanpadasiswakelasVIIISMPLB-BYPTBMalangdan(2)mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajaroperasihitungpenjumlahanpadasiswakelasVIIISMPLB-BYPTBMalangsetelahdiajarkandenganmediapenggarisbilanganpintar.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelasdenganprosedurpenelitianyangterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusmeliputi4tahapan(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatan(4)refleksi.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasidantes.SiklusIdilaksanakanpada16dan17Maret2015dansiklusIIdilaksanakanpada23dan24Maret2015.Padasetiapsiklusdilakukanpengamatanterhadapaktivitassiswadanevaluasiterhadaphasilbelajarsiswa.PenelitianpadasiklusIdiperolehhasilrata-ratamencapai6970%denganketuntasanbelajarkelas3333%.SedangkanpadasiklusIIdiperolehrata-ratakelasmencapai8896%denganketuntasanbelajarkelas100%.HasilevaluasisiklusIItelahmencapaiindikatorkeberhasilanyaituketuntasanbelajarindividualminimal70ketuntasanbelajarkelas70%.KesimpulandaripenelitianiniyaitupenggunaanmediapenggarisbilanganpintardapatmeningkatkanhasilbelajaroperasihitungpenjumlahanpadasiswakelasVIIISMPLB-BYPTBMalang.Dengandemikiangurudiharapkanmenggunakanmediapenggarisbilanganpintarpadapembelajaranmatematikaagarhasilbelajaroperasihitungpenjumlahansiswadapatmeningkat.