Pengembangan media Puzzle Braille untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak tunatunggu kelas IV di SDLKB A/D Kemala Bhayangkari Trenggalek / Fahryzal Oktova Anggara Styaputra
Main Author: | Styaputra, Fahryzal Oktova Anggara |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8794/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKStyaputraFahryzalOktovaAnggara.2015.PengembanganMediaPuzzleBrailleUntukMeningkatkanKemampuanMembacadanMenulisBagiAnakTunanetraKelasIVdiSdlbA/DKemalaBhayangkariTrenggalek.Skripsi.JurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.Ir.EndroWahyuniM.Si.(2)Drs.UsepKustiawanM.Sn.KatakunciPuzzleBrailleBacaTulisTunanetraTunanetraadalahkondisiseseorangyangmengalamikerusakanpadamatanyayangmenyebabkankelainanterhadappengelihatannyasehinggaorangtersebuttidakdapatmelihatsepertiorangnormal.Ketunanetraandisebabkanolehduafaktoryaitufactorendogendaneksogenfaktorendogendisebabkanolehketurunansedangkaneksogendisebabkanolehkecelakaanobat-obatandanpenyakitTujuanpengembanganiniadalahmenghasilkansebuahmediayangdapatdigunakanuntukmelatihkemampuanmembacadanmenulisanaktunanetrakhususnyasiswatunanetrakelasIVdiSDLBA/DKemalaBhayangkariTrenggalek.Namadarimediatersebutadalahpuzzlebrailleselaindigunakanuntukmelatihkemampuanmotorikhalusanaktunanetrapuzzlebraillejugadapatdigunakanuntukmelatihkemampuanmotorichalusanaktunanetra.Pengembanganmediapuzzlebrailleinimengadaptasilangkah-langkahpengembangandariSugiyonoyaituterdiridari8tahapyaitupotensidanmasalahpengumpulandatadesainprodukvalidasidesainrevisidesainujicobaprodukrevisiprosukprodukyangdihasilkan.Subyekujicobaprodukiniyaitu2orangsiswakelasIVdiSDLBA/DKemalaBhayangkariTrenggalek.Untukmengukurtingkatkevalidanprodukinimelaluivalidasidariahlimediaahlimateriahlipraktisiujicobaperorangandanujicobakelompokkecil.Produkhasilpengembangansetelahdilakukanvalidasikepadaparaahlidanujicobakelompokkecilmenunjukkantingkatkevalidanmediapuzzlebraille.Hasilpenilaianahlimediamemperoleh88%(sangatvalid)ahlimaterimemperoleh90%(sangatvalid)ahlipraktisimemperoleh82%(sangatvalid)danhasilujicobakelompokkecilmendapatkan82%(sangatvalid).Denganituprodukpuzzlebrailledinyatakansangatlayakuntukdigunakansebagaimediauntukmelatihkemampuanmembacadanmenulissiswatunanetra.KesimpulanpadapenelitianiniyaituprodukyangdihasilkanmendapathasilyangvaliddandapatdigunakansiswatunanetraSDLBA/DKemalaBhayangkariTrenggalek.Saranyangdiajukanadalahpenelitiselanjutnyahendaknyamengembangkanmediapembelajarandengansubyekujicobatidakhanyasatusekolahsajamisalnyamenggunakansubyekujicobalebihdariduasekolahataulebihsehinggakelayakanataukevalidanmedialebihterbukti