Pengembangan media Puzzle Braille untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak tunatunggu kelas IV di SDLKB A/D Kemala Bhayangkari Trenggalek / Fahryzal Oktova Anggara Styaputra

Main Author: Styaputra, Fahryzal Oktova Anggara
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/8794/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKStyaputraFahryzalOktovaAnggara.2015.PengembanganMediaPuzzleBrailleUntukMeningkatkanKemampuanMembacadanMenulisBagiAnakTunanetraKelasIVdiSdlbA/DKemalaBhayangkariTrenggalek.Skripsi.JurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.Ir.EndroWahyuniM.Si.(2)Drs.UsepKustiawanM.Sn.KatakunciPuzzleBrailleBacaTulisTunanetraTunanetraadalahkondisiseseorangyangmengalamikerusakanpadamatanyayangmenyebabkankelainanterhadappengelihatannyasehinggaorangtersebuttidakdapatmelihatsepertiorangnormal.Ketunanetraandisebabkanolehduafaktoryaitufactorendogendaneksogenfaktorendogendisebabkanolehketurunansedangkaneksogendisebabkanolehkecelakaanobat-obatandanpenyakitTujuanpengembanganiniadalahmenghasilkansebuahmediayangdapatdigunakanuntukmelatihkemampuanmembacadanmenulisanaktunanetrakhususnyasiswatunanetrakelasIVdiSDLBA/DKemalaBhayangkariTrenggalek.Namadarimediatersebutadalahpuzzlebrailleselaindigunakanuntukmelatihkemampuanmotorikhalusanaktunanetrapuzzlebraillejugadapatdigunakanuntukmelatihkemampuanmotorichalusanaktunanetra.Pengembanganmediapuzzlebrailleinimengadaptasilangkah-langkahpengembangandariSugiyonoyaituterdiridari8tahapyaitupotensidanmasalahpengumpulandatadesainprodukvalidasidesainrevisidesainujicobaprodukrevisiprosukprodukyangdihasilkan.Subyekujicobaprodukiniyaitu2orangsiswakelasIVdiSDLBA/DKemalaBhayangkariTrenggalek.Untukmengukurtingkatkevalidanprodukinimelaluivalidasidariahlimediaahlimateriahlipraktisiujicobaperorangandanujicobakelompokkecil.Produkhasilpengembangansetelahdilakukanvalidasikepadaparaahlidanujicobakelompokkecilmenunjukkantingkatkevalidanmediapuzzlebraille.Hasilpenilaianahlimediamemperoleh88%(sangatvalid)ahlimaterimemperoleh90%(sangatvalid)ahlipraktisimemperoleh82%(sangatvalid)danhasilujicobakelompokkecilmendapatkan82%(sangatvalid).Denganituprodukpuzzlebrailledinyatakansangatlayakuntukdigunakansebagaimediauntukmelatihkemampuanmembacadanmenulissiswatunanetra.KesimpulanpadapenelitianiniyaituprodukyangdihasilkanmendapathasilyangvaliddandapatdigunakansiswatunanetraSDLBA/DKemalaBhayangkariTrenggalek.Saranyangdiajukanadalahpenelitiselanjutnyahendaknyamengembangkanmediapembelajarandengansubyekujicobatidakhanyasatusekolahsajamisalnyamenggunakansubyekujicobalebihdariduasekolahataulebihsehinggakelayakanataukevalidanmedialebihterbukti