Penggunaan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan pada siswa kelas VIII SMPLB Bagian B (Tunarungu) YPTB Malang / Juwita Ika Wulandari
Main Author: | Wulandari, Juwita Ika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8792/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWulandariJuwitaIka.2015.PenggunaanModelPembelajaranProblemBasedLearningUntukMeningkatkanKeterampilanMenulisLaporanPadaSiswaKelasVIIISMPLBbagianB(Tunarungu)YPTBMalang.Skripsi.JurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.WiwikDwiHS.PdM.Pd(2)Drs.AhmadSamawiM.Hum.KatakunciproblembasedlearningmenulislaporantunarunguBerdasarkanhasilobservasiyangpenelitilakukandikelasVIIISMPLB-BYPTBMalangdiperolehinformasibahwasebagianbesarsiswamengalamikesulitandalampembelajaranmaterimenulislaporan.Penyebabnyayaituguruhanyamenggunakanmetodeceramahdanpenugasantanpaadanyapenggunaanmodelpembelajaranyangsesuaidengansiswa.Untukitudalampenelitianinidigunakanmodelpembelajaranproblembasedlearninguntukmengatasimasalahtersebut.Tujuanpenelitianiniyaituuntuk(1)mendeskripsikanpenggunaanmodelpembelajaranproblembasedlearningdapatmeningkatkanketerampilanmenulislaporanpadasiswakelasVIIISMPLBbagianB(Tunarungu)YPTBMalang(2)mendeskripsikanpeningkatanketerampilanmenulislaporanpadasiswakelasVIIISMPLBbagianB(Tunarungu)YPTBMalangsetelahpenggunaanmodelpembelajaranproblembasedlearning.PenelitianinidirancangdenganmenggunakanPenelitianTindakanKelasdenganprosedurpenelitianyangterdiridariduasiklus.Masing-masingsiklusmeliputi4tahapan(1)Perencanaan(2)Pelaksanaan(3)Pengamatan(4)Refleksi.SubyekdalampenelitianiniyaituseluruhsiswakelasVIIItunarunguSMPLBbagianB(Tunarungu)YPTBMalangyangterdiridari3siswalaki-laki.Teknikpengumpulandatadilakukandengan(1)Observasi(2)SoalTesdan(3)DokumentasiHasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)penggunaanmodelpembelajaranproblembasedlearningmembuatsiswaberperanaktifdalampembelajaranaktivitassiswapadasiklusI55menjadi767padasiklusII(2)keterampilanmenulissiswamencapaipersentaseketuntatasanklasikal333%padapratindakantetap333%padasiklusIdanmeningkat100%padasiklusII.KesimpulandaripenelitianiniyaitupenggunaanmodelpembelajaranproblembasedlearningdapatmeningkatkanketerampilanmenulislaporanpadasiswakelasVIIISMPLB-BYPTBMalang.Dengandemikiangurudiharapkanmenggunakanmodelpembelajaranproblembasedlearningpadapembelajaranmenulislaporanagarketerampilanmenulislaporansiswadapatmeningkat.