Penggunaan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Marsudi Utomo Kesamben / Zeni Abidah

Main Author: Abidah, Zeni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/8787/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAbidahZeni.2015.PenggunaanModelPembelajaranExampleNonExampleUntukMeningkatkanHasilBelajarIPASiswaTunagrahitaKelasVIIDiSMPLBMarsudiUtomoKesamben.SkripsiProgramStudiPendidikanLuarBiasaJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.WiwikDwiHastutiS.PdM.Pd(II)Drs.HAhmadSamawiM.HumKataKunciModelpembelajaranExamplenonExampleHasilbelajarIPATunagrahita.Penelitianinibertujuan1)MendeskripsikanprosespembelajarandalammeningkatkanhasilbelajarmenggolongkanhewanberdasarkanjenismakanannyapadasiswatunagrahitadenganmenggunakanmodelpembelajaranExamplenonExample2)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarmenggolongkanhewanberdasarkanjenismakanannyapadasiswatunagrahitadenganmodelpembelajaranExamplenonExample.Penelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridari2siklusmasing-masingsiklusberisi4tahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.SubyekpenelitianadalahanaktunagrahitakelasVIIyangberjumlah6anak.Teknikpengumpulandatameliputiobservasitesdandokumentasi.Teknikanalisisdatadalampenelitianiniadalahteknikdatakualitatifyangmeliputicarareduksidatapenyajiandatadanpemberiankesimpulan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa1)PenggunaanmodelpembelajaranExamplenonExampleyangmeliputipersiapanperangkatpembelajaranmenampilkangambar-gambarhewandiskusisiswapresentasikelompokdankesimpulan2)Hasilpenelitianmenunjukkanhasilbelajarsiswameningkatpadaprakegiatanrata-ratamencapai4333%denganketuntasanbelajarsebesar1666%menjadi6833%denganketuntasanbelajarsebesar3334%padasiklusIdanmeningkatrata-ratanyamenjadi9000%denganketuntasanbelajarklasikalsebesar8334%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranExamplenonExampledapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.DisarankankepadaguruuntukmenggunakanmodelpembelajaranExamplenonExamplepadamaterimenggolongkanhewanberdasarkanjenismakanannyatetapiagardiperhatikanpenggunaanperangkatnyakarenaberhubunganlangsungdenganlistrik.Bagipenelitilaindisarankanuntukmenindaklanjutipenelitianinitidakhanyamenelitihasilbelajarsiswatetapijugakemampuansosialyangtampakselamaprosespembelajaran.