Penggunaan model pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa tunagrahita kelas VII di SMPLB Marsudi Utomo Kesamben / Zeni Abidah
Main Author: | Abidah, Zeni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8787/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAbidahZeni.2015.PenggunaanModelPembelajaranExampleNonExampleUntukMeningkatkanHasilBelajarIPASiswaTunagrahitaKelasVIIDiSMPLBMarsudiUtomoKesamben.SkripsiProgramStudiPendidikanLuarBiasaJurusanPendidikanLuarBiasaFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.WiwikDwiHastutiS.PdM.Pd(II)Drs.HAhmadSamawiM.HumKataKunciModelpembelajaranExamplenonExampleHasilbelajarIPATunagrahita.Penelitianinibertujuan1)MendeskripsikanprosespembelajarandalammeningkatkanhasilbelajarmenggolongkanhewanberdasarkanjenismakanannyapadasiswatunagrahitadenganmenggunakanmodelpembelajaranExamplenonExample2)MendeskripsikanpeningkatanhasilbelajarmenggolongkanhewanberdasarkanjenismakanannyapadasiswatunagrahitadenganmodelpembelajaranExamplenonExample.Penelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangterdiridari2siklusmasing-masingsiklusberisi4tahapyaituperencanaantindakanpengamatandanrefleksi.SubyekpenelitianadalahanaktunagrahitakelasVIIyangberjumlah6anak.Teknikpengumpulandatameliputiobservasitesdandokumentasi.Teknikanalisisdatadalampenelitianiniadalahteknikdatakualitatifyangmeliputicarareduksidatapenyajiandatadanpemberiankesimpulan.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa1)PenggunaanmodelpembelajaranExamplenonExampleyangmeliputipersiapanperangkatpembelajaranmenampilkangambar-gambarhewandiskusisiswapresentasikelompokdankesimpulan2)Hasilpenelitianmenunjukkanhasilbelajarsiswameningkatpadaprakegiatanrata-ratamencapai4333%denganketuntasanbelajarsebesar1666%menjadi6833%denganketuntasanbelajarsebesar3334%padasiklusIdanmeningkatrata-ratanyamenjadi9000%denganketuntasanbelajarklasikalsebesar8334%padasiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelpembelajaranExamplenonExampledapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.DisarankankepadaguruuntukmenggunakanmodelpembelajaranExamplenonExamplepadamaterimenggolongkanhewanberdasarkanjenismakanannyatetapiagardiperhatikanpenggunaanperangkatnyakarenaberhubunganlangsungdenganlistrik.Bagipenelitilaindisarankanuntukmenindaklanjutipenelitianinitidakhanyamenelitihasilbelajarsiswatetapijugakemampuansosialyangtampakselamaprosespembelajaran.