Peningkatan hasil belajar berhitung penjumlahan melalui media kubus berwarna pada siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB B-C Kepanjen / Kusmiati Dian Lestari
Main Author: | Lestari, Kusmiati Dian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8773/ |
Daftar Isi:
- DianLestariKusmiati.2014.PeningkatanHasilBelajarBerhitungPenjumlahanMelaluiMediaKubusBerwarnaPadaSiswaTunagrahitaRinganKelasIIISDLBDiSLBB-CKepanjen.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.ThomasIriyantoM.Pd(II)Drs.TumardiS.PdKatakuncimediakubusberwarnahasilbelajartunagrahitaringanBerdasarkanhasilobservasipenelitidiSDLBB-CKepanjenMalangdiperolehinformasibahwasebagianbesarsiswatunagrahitakelasIIImengalamikesulitanuntukmelakukanoperasipenjumlahandenganhasilsampaidengan10.Salahsatupenyebabnyayaitukreatifitasgurumasihkurangmisalnyadalammenyiapkanmediayangdapatmenarikperhatiansiswadalampembelajaran.Selainitupembelajaranhanyaterbataspenjelasandarigurudanpemberiantugastanpaadaumpanbalik.Kondisipembelajaransepertiinibelumsepenuhnyadapatmemfasilitasipesertadidikdalammencapaikompetensiyangdiharapkanjugabelumdapatmelibatkanmerekadalamprosespembelajaransecaraaktif.Disampingituhasilbelajarberhitungpenjumlahansiswamasihrendahditunjukkandenganrata-ratakelashanyamencapai4285%danketuntasanbelajarkelas143%.Dalampenelitianinipenelitimenggunakanmediakubusberwarnayangmelibatkansiswaaktifdalampembelajaran.MediainidiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarberhitungpenjumlahansiswatunagrahitakelasIIISDLBKepanjen.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)bagaimanapenggunaanmediakubusberwarnadalampembelajaranberhitungpenjumlahandan(2)adakahpeningkatanhasilbelajarberhitungpenjumlahansiswatunagrahitaringanmelaluimediakubusberwarna.Desainpenelitianyangdigunakandalamadalahpenelitiantindakankelas(actionclassroomresearch).Penelitiantindakankelasinidilakukandalamduasiklusdenganmasing-masingsiklusterdiriatasempattahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanevaluasisertarefleksi.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasidantes.SiklusIdilaksanakanpada12dan13Februari2014dansiklusIIdilaksanakanpada26dan27Februari2014.Padasetiapsiklusdilakukanpengamatanterhadapaktivitassiswadanevaluasiterhadaphasilbelajarsiswa.PenelitianpadasiklusIdiperolehhasilrata-ratamencapai622%denganketuntasanbelajarkelas143%.SedangkanpadasiklusIIdiperolehrata-ratakelasmencapai8285%denganketuntasanbelajarkelas8571%.HasilevaluasisiklusIItelahmencapaiindikatorkeberhasilanyaituketuntasanbelajarindividualminimal65ketuntasanbelajarkelas70%.PenelitiantindakankelasinidapatdisimpulkanbahwamelaluimediakubusberwarnahasilbelajarberhitungpenjumlahansiswatunagrahitaringankelasIIISDLBdiSLBB-CKepanjendapatditingkatkan.