Peningkatan hasil belajar berhitung penjumlahan melalui media kubus berwarna pada siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB B-C Kepanjen / Kusmiati Dian Lestari

Main Author: Lestari, Kusmiati Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/8773/
Daftar Isi:
  • DianLestariKusmiati.2014.PeningkatanHasilBelajarBerhitungPenjumlahanMelaluiMediaKubusBerwarnaPadaSiswaTunagrahitaRinganKelasIIISDLBDiSLBB-CKepanjen.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.ThomasIriyantoM.Pd(II)Drs.TumardiS.PdKatakuncimediakubusberwarnahasilbelajartunagrahitaringanBerdasarkanhasilobservasipenelitidiSDLBB-CKepanjenMalangdiperolehinformasibahwasebagianbesarsiswatunagrahitakelasIIImengalamikesulitanuntukmelakukanoperasipenjumlahandenganhasilsampaidengan10.Salahsatupenyebabnyayaitukreatifitasgurumasihkurangmisalnyadalammenyiapkanmediayangdapatmenarikperhatiansiswadalampembelajaran.Selainitupembelajaranhanyaterbataspenjelasandarigurudanpemberiantugastanpaadaumpanbalik.Kondisipembelajaransepertiinibelumsepenuhnyadapatmemfasilitasipesertadidikdalammencapaikompetensiyangdiharapkanjugabelumdapatmelibatkanmerekadalamprosespembelajaransecaraaktif.Disampingituhasilbelajarberhitungpenjumlahansiswamasihrendahditunjukkandenganrata-ratakelashanyamencapai4285%danketuntasanbelajarkelas143%.Dalampenelitianinipenelitimenggunakanmediakubusberwarnayangmelibatkansiswaaktifdalampembelajaran.MediainidiharapkandapatmeningkatkanhasilbelajarberhitungpenjumlahansiswatunagrahitakelasIIISDLBKepanjen.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)bagaimanapenggunaanmediakubusberwarnadalampembelajaranberhitungpenjumlahandan(2)adakahpeningkatanhasilbelajarberhitungpenjumlahansiswatunagrahitaringanmelaluimediakubusberwarna.Desainpenelitianyangdigunakandalamadalahpenelitiantindakankelas(actionclassroomresearch).Penelitiantindakankelasinidilakukandalamduasiklusdenganmasing-masingsiklusterdiriatasempattahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanevaluasisertarefleksi.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasidantes.SiklusIdilaksanakanpada12dan13Februari2014dansiklusIIdilaksanakanpada26dan27Februari2014.Padasetiapsiklusdilakukanpengamatanterhadapaktivitassiswadanevaluasiterhadaphasilbelajarsiswa.PenelitianpadasiklusIdiperolehhasilrata-ratamencapai622%denganketuntasanbelajarkelas143%.SedangkanpadasiklusIIdiperolehrata-ratakelasmencapai8285%denganketuntasanbelajarkelas8571%.HasilevaluasisiklusIItelahmencapaiindikatorkeberhasilanyaituketuntasanbelajarindividualminimal65ketuntasanbelajarkelas70%.PenelitiantindakankelasinidapatdisimpulkanbahwamelaluimediakubusberwarnahasilbelajarberhitungpenjumlahansiswatunagrahitaringankelasIIISDLBdiSLBB-CKepanjendapatditingkatkan.