Pengaruh metode "Kubaca" dengan gambar terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak tunarungu kelas I SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Nganjuk / Rizka Rojiyatul Azizah

Main Author: Azizah, Rizka Rojiyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/8770/
Daftar Isi:
  • AzizahRizkaRojiyatul.2014.PengaruhMetodeKubacadenganGambarterhadapPeningkatanKemampuanMembacaPermulaanAnakTunarunguKelas1SDLBBShantiKosalaMasTripNganjuk.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.ImanuelHitipeuwM.A(II)Dr.SulthoniM.Pd.KatakuncitunarungumembacapermulaanmetodeKubacaAnaktunarungumengalamihambatandalamaspekbahasasalahsatunyayaitudalamkemampuanmembaca.Kondisitersebutmerupakandampakdarikurangnyaasupanbahasayangdimilikiolehanaksehinggamenyebabkananakkesulitandalammengaksesbunyibahasa.Permasalahananaktunarunguyangmengalamikesulitandalammembacapermulaanperlumendapatpenangananyangtepatagarkesulitantersebutdapatteratasaisedinimungkin.12288122881228812288PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuipengaruhmetodeKubacadengangambarterhadappeningkatanmembacapermulaananaktunarungukelas1SDLBBShantiKosalaMasTripNganjuk.MetodeKubacadengangambarmemilikibeberapakeunggulanyaituterletakpadasistemmembacakatasecarautuhdenganpilihankatayangsesuaidenganperkembanganperolehanbahasaanakmenyenangkandengandisertaikartukatabergambar12288122881228812288MetodepenelitianyangdigunakanadalahSingleSubjectResearch(SSR)dengandesainA-B-A-B.Analisisdatamenggunakanvisualgrafik.Subjekpenelitianberjumlahsatuorangsiswalaki-laki.12288122881228812288Hasilanalisisdatamenunjukkanbahwasubjekmengalamipeningkatankemampuanmembacapermulaanyangdapatdilihatdaripeningkatannilaimean.Persentasemeandariseluruhtargetbehaviorpadafasebaseline1(A1)adalah25.5.Meanpadafaseintervensi1(B1)mengalamipeningkatansehinggamenjadi58.4.Padafasebaseline2(A2)meanmengalamipenurunanmenjadi38.9.Kemudianintervensi2(B2)kembalidiberikankarenaterjadipenurunansehinggameanmenjadi75.3.12288122881228812288PenelitianinisekiranyadapatdijadikansebagaimasukandanpertimbanganbagiparapendidikuntukmenggunakanmetodeKubacadalamprosespembelajaranmembacapermulaandisekolahdanbagipenelitiselanjutnyadiharapakandapatmelakukanpenelitiandenganmenggunakanmetodeKubacakembalidengansubjekyangmemilikihambatanyangberbeda.