Penggunaan media animasi Macromedia Flash untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa tuna rungu kelas II SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Kabupaten Nganjuk / Lela Margarita
Main Author: | Margarita, Lela |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8769/ |
Daftar Isi:
- MargaritaLela.2014.PenggunaanMediaAnimasiMacromediaFlashUntukMeningkatkanKualitasPembelajaranIPABagiSiswaTunarunguKelasIISDLBBShantiKosalaMasTripKabupatenNganjuk.SkripsiJurusanPendidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Ir.EndroWahyunoM.Si(II)Drs.HeruAgusTriwidjajaM.Pd.KatakuncipembelajaranIPAmediaanimasimacromediaflashtunarungu.BerdasarkanobservasiawaldiSDLBBShantiKosalaMasTripKabupatenNganjukdiketahuibahwahasilbelajarIPAsiswakelasIIBmasihrelatifrendah.SelamapembelajaranIPAberlangungguruhanyamenjelaskanmaterisecaraverbalismehanyamenggunakanbukusebagaisatu-satunyasumbergurujugakurangmenggunakanmediapembelajaran.Ketercapaianhasilbelajarsiswadijabarkandalamdataprosentasesebagaiberikutjumlahsiswayangmendapatkannilai880565adalahsebanyak4siswadenganpersentase5714%danjumlahsiswayangmendapatkannilai65adalahsebanyak3siswadenganpersentase4285%.TujuansecaraumumpenelitianuntukmeningkatkankualitaspembelajaranIPAtujuansecarakhususmendeskripsikanpenerapanmediaanimasimacromediaflashpadapembelajaranIPAsiswatunarungukelasIISDLBBShantiKosalaMasTripKabupatenNganjukaktivitassiswadanhasilbelajarIPAsiswatunarunguSDLBBShantiKosalaMasTripKabupatenNganjuksetelahditerapkannyamediaanimasimacromediaflash.Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatifdenganrancanganpenelitiantindakankelas(PTK).Penelitianinidilaksanakandengan2siklusdarimasing-masingsiklusterdiriatasempattahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanevaluasisertarefleksi.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasidantes.HasilpenelitianaktivitasgurudenganmenggunaanmediaanimasimacromediaflashsiklusIdiperolehrata-rataklasikalmencapai60%meningkatpadasiklusIIdiperolehrata-ratamencapai655%hasilaktivitassiswasiklusIdiperolehrata-ratamencapai5090%meningkatpadasiklusIIdiperolehrata-ratamencapai7366%hasilbelajarsiswasiklusIdiperolehrata-rata6499%.MeningkatpadasiklusIIdiperolehrata-ratamencapai7393%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwamelaluimediaanimasimacromediaflashhasilbelajarIPAsiswatunarungukelasIISDLBBShantiKosalaMasTripKabupatenNganjukdapatditingkatkan.Agarpersiapanpembelajaranlebihmatangmudahdalammengkondisikankelasdanpembelajarantidakmembuatsiswamelakukanaktivitasdiluarpembelajaranataupuntidakantusiasmakagurusebaiknyamenyiapkanmateri-materiyangakandiajarkanterlebihdahuludanmenggunakanpermainanuntukmengalihkansejenakperhatiansiswasetelahitubarudifokuskanperhatiansiswapadapembelajaran.