Penggunaan media animasi Macromedia Flash untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa tuna rungu kelas II SDLB B Shanti Kosala Mas Trip Kabupaten Nganjuk / Lela Margarita

Main Author: Margarita, Lela
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/8769/
Daftar Isi:
  • MargaritaLela.2014.PenggunaanMediaAnimasiMacromediaFlashUntukMeningkatkanKualitasPembelajaranIPABagiSiswaTunarunguKelasIISDLBBShantiKosalaMasTripKabupatenNganjuk.SkripsiJurusanPendidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Ir.EndroWahyunoM.Si(II)Drs.HeruAgusTriwidjajaM.Pd.KatakuncipembelajaranIPAmediaanimasimacromediaflashtunarungu.BerdasarkanobservasiawaldiSDLBBShantiKosalaMasTripKabupatenNganjukdiketahuibahwahasilbelajarIPAsiswakelasIIBmasihrelatifrendah.SelamapembelajaranIPAberlangungguruhanyamenjelaskanmaterisecaraverbalismehanyamenggunakanbukusebagaisatu-satunyasumbergurujugakurangmenggunakanmediapembelajaran.Ketercapaianhasilbelajarsiswadijabarkandalamdataprosentasesebagaiberikutjumlahsiswayangmendapatkannilai880565adalahsebanyak4siswadenganpersentase5714%danjumlahsiswayangmendapatkannilai65adalahsebanyak3siswadenganpersentase4285%.TujuansecaraumumpenelitianuntukmeningkatkankualitaspembelajaranIPAtujuansecarakhususmendeskripsikanpenerapanmediaanimasimacromediaflashpadapembelajaranIPAsiswatunarungukelasIISDLBBShantiKosalaMasTripKabupatenNganjukaktivitassiswadanhasilbelajarIPAsiswatunarunguSDLBBShantiKosalaMasTripKabupatenNganjuksetelahditerapkannyamediaanimasimacromediaflash.Penelitianinimenggunakanpenelitiankualitatifdenganrancanganpenelitiantindakankelas(PTK).Penelitianinidilaksanakandengan2siklusdarimasing-masingsiklusterdiriatasempattahapyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanevaluasisertarefleksi.Pengumpulandatadilakukandenganteknikobservasidantes.HasilpenelitianaktivitasgurudenganmenggunaanmediaanimasimacromediaflashsiklusIdiperolehrata-rataklasikalmencapai60%meningkatpadasiklusIIdiperolehrata-ratamencapai655%hasilaktivitassiswasiklusIdiperolehrata-ratamencapai5090%meningkatpadasiklusIIdiperolehrata-ratamencapai7366%hasilbelajarsiswasiklusIdiperolehrata-rata6499%.MeningkatpadasiklusIIdiperolehrata-ratamencapai7393%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwamelaluimediaanimasimacromediaflashhasilbelajarIPAsiswatunarungukelasIISDLBBShantiKosalaMasTripKabupatenNganjukdapatditingkatkan.Agarpersiapanpembelajaranlebihmatangmudahdalammengkondisikankelasdanpembelajarantidakmembuatsiswamelakukanaktivitasdiluarpembelajaranataupuntidakantusiasmakagurusebaiknyamenyiapkanmateri-materiyangakandiajarkanterlebihdahuludanmenggunakanpermainanuntukmengalihkansejenakperhatiansiswasetelahitubarudifokuskanperhatiansiswapadapembelajaran.