Pengembangan handout bergambar dengan kamus istilah mata pelajaran IPA siswa tunarungu SMALB YPTB Kota Malang / Hindam Wahaddyan
Main Author: | Wahaddyan, Hindam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8764/ |
Daftar Isi:
- WahaddyanHindam.2014.PengembanganHandoutBergambardenganKamusIstilahMataPelajaranIPASiswaSMALB-BYPTBMalang.SkripsiProgamStudiPendidikanLuarBiasaJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Ir.EndroWahyunoM.Si(II)Dr.SaichudinM.Kes.KataKunciHandoutbergambarkamusistilahIPATunarungu12288122881228812288Siswatunarungumerupakanindividuyangmengalamihambatanpendengaranyangmembawadampakkompleksterutamagangguanintelektualdanhambatankomunikasiyangberhubungandenganbahasasertakosakata.KebanyakansiswatunarungumenganggappelajaranIPAsulituntukdipelajarikarenabanyakterdapatistilahilmiahdanbanyakmempelajaritentangkonsep-konseppadahalpelajaranIPAsangatpentingkarenaberhubungandengankehidupansehari-haridanalamsekitar.DalampembelajaranIPAdiperlukanmediapembelajaranyangdapatdivisualisasikankarenatunarungumerupakaninsanpemata.OlehkarenaitumelaluipenelitianinidikembangkanHandoutIPAyangdisesuaikandengankarakterdankebutuhansiswa.12288122881228812288TujuanpengembanganiniadalahmenghasilkanHandoutbergambardengankamusistilahmatapelajaranIPAbagisiswaSMALB-BYPTBMalangyangdapatmemudahkansiswatunarungukelasXsemester2dalambelajarmemahamikonsep-konsepsertamengeksploralamsekitaryangberhubungandengankehidupan.PengembanganHandoutbergambarinimengadaptasilangkah-langkahmodelBorgGall(1983)yangterdiriatas7tahap.Subjekujicobaprodukadalahahlimateriahlimediaahlipraktisicalonpenggunaujikelompokkecildankelompokbesaryangmasing-masingterdiridari2dan6siswakelasXSMALB-BYPTBMalangdenganpretestdanposttest.12288122881228812288HasilpengembanganmenunjukkantingkatkevalidanHandout.Hasilpenilaianahlimaterimemperolehskor94%(sangatlayak)ahlimedia99%(sangatlayak)ahlipraktisi82%(sangatlayak)calonpenggunaditemukanbeberapaistilahilmiahyangbelumdicantumkanpadakamusistilahdankemenarikan.DemikianhasilujikelompokkecildankelompokbesardidapatkanpenilaianterhadapprodukbahwaHandoutbergambardengankamusistilahmatapelajaranIPAlayakdigunakan.12288122881228812288KesimpulandaripenelitiandanpengembanganinisecarateoritikHandoutbergambardengankamusistilahtelahdinyatakanvalidolehahlimateriahlimediaahlipraktisidancalonpengguna.BerdasarkanhasilujicobaprodukdilapangandidapatkanhasilkebertepatansecarapraktiksertaefektifdigunakandenganditunjukkannyapeningkatanhasilbelajardanpencapaianKKM.Saranyangdiajukanadalah(1)guruhendaknyamampumemahamiisiHandoutdanmelakukanpendampingansecaraindividualterhadapsiswayangmengalamikesulitan(2)penelitiselanjutnyahendaknyamengembangkanHandoutdalambeberapatemapembelajarandanmemperbanyakkeragamanpopulasidanwilayahpenelitian.