Pengembangan handout bergambar dengan kamus istilah mata pelajaran IPA siswa tunarungu SMALB YPTB Kota Malang / Hindam Wahaddyan

Main Author: Wahaddyan, Hindam
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/8764/
Daftar Isi:
  • WahaddyanHindam.2014.PengembanganHandoutBergambardenganKamusIstilahMataPelajaranIPASiswaSMALB-BYPTBMalang.SkripsiProgamStudiPendidikanLuarBiasaJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Ir.EndroWahyunoM.Si(II)Dr.SaichudinM.Kes.KataKunciHandoutbergambarkamusistilahIPATunarungu12288122881228812288Siswatunarungumerupakanindividuyangmengalamihambatanpendengaranyangmembawadampakkompleksterutamagangguanintelektualdanhambatankomunikasiyangberhubungandenganbahasasertakosakata.KebanyakansiswatunarungumenganggappelajaranIPAsulituntukdipelajarikarenabanyakterdapatistilahilmiahdanbanyakmempelajaritentangkonsep-konseppadahalpelajaranIPAsangatpentingkarenaberhubungandengankehidupansehari-haridanalamsekitar.DalampembelajaranIPAdiperlukanmediapembelajaranyangdapatdivisualisasikankarenatunarungumerupakaninsanpemata.OlehkarenaitumelaluipenelitianinidikembangkanHandoutIPAyangdisesuaikandengankarakterdankebutuhansiswa.12288122881228812288TujuanpengembanganiniadalahmenghasilkanHandoutbergambardengankamusistilahmatapelajaranIPAbagisiswaSMALB-BYPTBMalangyangdapatmemudahkansiswatunarungukelasXsemester2dalambelajarmemahamikonsep-konsepsertamengeksploralamsekitaryangberhubungandengankehidupan.PengembanganHandoutbergambarinimengadaptasilangkah-langkahmodelBorgGall(1983)yangterdiriatas7tahap.Subjekujicobaprodukadalahahlimateriahlimediaahlipraktisicalonpenggunaujikelompokkecildankelompokbesaryangmasing-masingterdiridari2dan6siswakelasXSMALB-BYPTBMalangdenganpretestdanposttest.12288122881228812288HasilpengembanganmenunjukkantingkatkevalidanHandout.Hasilpenilaianahlimaterimemperolehskor94%(sangatlayak)ahlimedia99%(sangatlayak)ahlipraktisi82%(sangatlayak)calonpenggunaditemukanbeberapaistilahilmiahyangbelumdicantumkanpadakamusistilahdankemenarikan.DemikianhasilujikelompokkecildankelompokbesardidapatkanpenilaianterhadapprodukbahwaHandoutbergambardengankamusistilahmatapelajaranIPAlayakdigunakan.12288122881228812288KesimpulandaripenelitiandanpengembanganinisecarateoritikHandoutbergambardengankamusistilahtelahdinyatakanvalidolehahlimateriahlimediaahlipraktisidancalonpengguna.BerdasarkanhasilujicobaprodukdilapangandidapatkanhasilkebertepatansecarapraktiksertaefektifdigunakandenganditunjukkannyapeningkatanhasilbelajardanpencapaianKKM.Saranyangdiajukanadalah(1)guruhendaknyamampumemahamiisiHandoutdanmelakukanpendampingansecaraindividualterhadapsiswayangmengalamikesulitan(2)penelitiselanjutnyahendaknyamengembangkanHandoutdalambeberapatemapembelajarandanmemperbanyakkeragamanpopulasidanwilayahpenelitian.