Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk aktifitas kesegaran jasmani siswa kelas X perhotelan 3 SMKN 1 Batu / Ibnu Aji Pamungkas

Main Author: Pamungkas, Ibnu Aji
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Online Access: http://repository.um.ac.id/87229/
Daftar Isi:
  • RINGKASANPamungkasIbnuAji.2019.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisMobileLearninguntukAktifitasKesegaranJasmaniSiswaKelasXPerhotelan3SMKN1BATUSkripsiJurusanPendidikanJasamanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WasisDjokoDwiyogoM.Pd.KataKuncimediapembelajaranmobilelearningkebugaranjasmaniPenelitiandanpengembanganpadamediapembelajaranberfungsisebagaisaranapenunjangbelajarsiswayanglebihpraktisdanefisien.Adapunpenelitianpengembanganinidilatarbelakangikarenakurangnyainovasimediadansumberbelajarkhususnyapadapembelajarankesegaranjasmani.Halinidibuktikandarihasilobservasidanhasilanalisiskebutuhanatauneedassessmentyangtelahdilakukanpeneliti.Mediapembelajarankebugaranjasmaniberbasismobilelearningmerupakansuatupengembanganmediapembelajaranberdasarkanpotensimasalahyangsesuaidenganyangadadilapangan.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangkanmediapembelajarankebugaranjasmaniberbasismobilelearningdanmeningkatkanpengetahuansiswasertapemahamanmaterimaupunteknik-teknikdalamkebugaranjasmanidenganmenggunakanmultimediainteraktifpadasiswa.Selainitudenganadanyaaplikasiinidiharapkansiswamerasatertarikdenganinovasipadamediapembelajaranmobilelearningkhususnyapadamaterikebugaranjasmani.PenelitiandanpengembanganinidikembangkandenganmenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganmilikDarmawan(201160)dengansubjeksebanyak36siswadarijurusanPerhotelan3SMKN1Batu.Adapuninstrumenpengumpulandatayangdigunakanmenggunakanpendekatankualitatifdankuantitatifberupaangket.Selanjutnyateknikanalisisdatayangdigunakanyaituberupaanalisiskualitatifdananalisiskuantitatif.Adapunanalisisdataberupadeskriptifpersentasemenggunakanmetodedari(Sudjana.200250)sehinggadatadapatdikonversimenjadipersentaseyangdapatdikonversikanmenjadinilai.Adapunhasildaripenelitianiniyaituhasilvalidasiahlipembelajarankebugaranjasmanimemperolehpersentasesebesar100%hasilvalidasiahlimediamemperolehpersentasesebesar96%.Selanjutnyaujicobaprodukpada36siswadenganmendapatkanhasilrata-ratasebesar90yaituamatbaik.Ujiefektifitasdanefisienkepada36siswadengannilaiujiefektifpertamasebesar77danujiefisiensidenganrata-ratawaktu32menitdengankriteriakurang.Selanjutnyadiadakankembalipengujiankeduadenganhasilujiefektifsebesar86danujiefisensidenganrata-ratawaktu29menitdatatersebutmenunjukankriteriaamatbaik.Pengambilannilaidatadayatarikkepada36siswamendapatkanhasilberuparata-ratasebesar83dengankriteriasangatbaikdandinyatakanmenarik.Jadidapatdisimpulkanbahwapengembanganmediaberbasismobilelearninginimemilikimanfaatbagisiswadilihatdaribeberapaaspekyaituefisiensiefektifitasdandayatarikbagisiswadanlayakdijadikanbahanbelajarsiswadanbahanajarguru.