Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning untuk aktifitas kesegaran jasmani siswa kelas X perhotelan 3 SMKN 1 Batu / Ibnu Aji Pamungkas
Main Author: | Pamungkas, Ibnu Aji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/87229/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANPamungkasIbnuAji.2019.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisMobileLearninguntukAktifitasKesegaranJasmaniSiswaKelasXPerhotelan3SMKN1BATUSkripsiJurusanPendidikanJasamanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WasisDjokoDwiyogoM.Pd.KataKuncimediapembelajaranmobilelearningkebugaranjasmaniPenelitiandanpengembanganpadamediapembelajaranberfungsisebagaisaranapenunjangbelajarsiswayanglebihpraktisdanefisien.Adapunpenelitianpengembanganinidilatarbelakangikarenakurangnyainovasimediadansumberbelajarkhususnyapadapembelajarankesegaranjasmani.Halinidibuktikandarihasilobservasidanhasilanalisiskebutuhanatauneedassessmentyangtelahdilakukanpeneliti.Mediapembelajarankebugaranjasmaniberbasismobilelearningmerupakansuatupengembanganmediapembelajaranberdasarkanpotensimasalahyangsesuaidenganyangadadilapangan.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengembangkanmediapembelajarankebugaranjasmaniberbasismobilelearningdanmeningkatkanpengetahuansiswasertapemahamanmaterimaupunteknik-teknikdalamkebugaranjasmanidenganmenggunakanmultimediainteraktifpadasiswa.Selainitudenganadanyaaplikasiinidiharapkansiswamerasatertarikdenganinovasipadamediapembelajaranmobilelearningkhususnyapadamaterikebugaranjasmani.PenelitiandanpengembanganinidikembangkandenganmenggunakanmetodepenelitiandanpengembanganmilikDarmawan(201160)dengansubjeksebanyak36siswadarijurusanPerhotelan3SMKN1Batu.Adapuninstrumenpengumpulandatayangdigunakanmenggunakanpendekatankualitatifdankuantitatifberupaangket.Selanjutnyateknikanalisisdatayangdigunakanyaituberupaanalisiskualitatifdananalisiskuantitatif.Adapunanalisisdataberupadeskriptifpersentasemenggunakanmetodedari(Sudjana.200250)sehinggadatadapatdikonversimenjadipersentaseyangdapatdikonversikanmenjadinilai.Adapunhasildaripenelitianiniyaituhasilvalidasiahlipembelajarankebugaranjasmanimemperolehpersentasesebesar100%hasilvalidasiahlimediamemperolehpersentasesebesar96%.Selanjutnyaujicobaprodukpada36siswadenganmendapatkanhasilrata-ratasebesar90yaituamatbaik.Ujiefektifitasdanefisienkepada36siswadengannilaiujiefektifpertamasebesar77danujiefisiensidenganrata-ratawaktu32menitdengankriteriakurang.Selanjutnyadiadakankembalipengujiankeduadenganhasilujiefektifsebesar86danujiefisensidenganrata-ratawaktu29menitdatatersebutmenunjukankriteriaamatbaik.Pengambilannilaidatadayatarikkepada36siswamendapatkanhasilberuparata-ratasebesar83dengankriteriasangatbaikdandinyatakanmenarik.Jadidapatdisimpulkanbahwapengembanganmediaberbasismobilelearninginimemilikimanfaatbagisiswadilihatdaribeberapaaspekyaituefisiensiefektifitasdandayatarikbagisiswadanlayakdijadikanbahanbelajarsiswadanbahanajarguru.