Pengaruh pembelajaran permainan bola voli gandu level II dan bola voli mini terhadap hasil belajar keterampilan service bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Situbondo / Riskyatul Amaliyah

Main Author: Amaliyah, Riskyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/87222/
Daftar Isi:
  • RINGKASANAmaliyahRiskyatul.2019.PerbandinganPengaruhLatihanBolavoliGanduLevelIIdanBolavoliMiniTerhadapHasilBelajarKeterampilanServiceBawahBolavoliPadaSiswaKelasVIIISMPNegeri3Situbondo.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AsimM.Pd.KataKuncibolavoligandulevelIIbolavoliminiservicebawah.DalamupayameningkatkanhasilbelajarketerampilanteknikdasarbolavolitidaksedikitmasalahyangdihadapiolehgurupendidikanjasmanidankesehatanyangadadiSMPNegeri3Situbondo.Dariwawancarayangtelahdilakukanolehpenelitimenunjukkanbahwateknikdasaryangsulitadalahteknikdasarservice.Servicejugasangatpentinguntukmemulaisuatupermainanbolavoli.Makadariituperluadanyasolusiagardapatmeningkatkanhasilbelajarketerampilanservicebawahbolavoli.PadapenelitianinipenelitimemilihpermainanbolavoligandulevelIIdanbolavoliminigunameningkatkanketerampilanservicebawahsiswakarenadalamkeduapermainaninisiswaakanlebihseringbersentuhandenganboladanmemvolibola.TujuandaripenelitianinimembandingkanpengaruhpembelajaranpermainanbolavoligandulevelIIdanbolavoliminiterhadaphasilbelajarketerampilanservicebawahpadasiswakelasVIIISMPNegeri3Situbondo.MetodepenelitiandalampenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimenTwoGroupPrettes-PosttestDesigndenganpemilihankelompoksecaraacak.VariabelterikatdaripenelitianiniadalahservicebawahbolavolidenganvariabelbebasyaitupermainanbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodedemonstrasidanbermain.Analisisyangdigunakandalampenelitianiniadalahteknikanavasatuarah(onewayanova)dengantarafsignifikasi005denganujipersyaratanyaituujinormalitasmenggunakanujikolmogorov-smirnovdanujihomogenitasmenggunakanujilevene.PengolahandatadibantumenggunakanSPSSforWindows.Berdasarkanhasilujihipotesismenggunakanujianavasatujalur(onewayanova)padakelompokbolavoligandulevelIIdankelompokbolavoliminimemilikitarafsignifikasi0000005darirata-rataskorposttestketerampilanservicebawahbolavoliyaitu103danpadakelompokbolavoliminimemilikirata-rataskorposttestsebesar9725menunjukanadanyaperbedaanhasilbelajarketerampilanservicebawahbolavoli.Darinilairata-rataskorpreetest6306danposttest106untukkelompokbolavoligandulevelIIdanpadakelompokbolavoliminimemilikirata-rataskorpretestsebesar6288danpostestsebesar9762dapatdisimpulkanbahwapembelajaranpermainanbolavoligandulevelIIlebihbaikdaripadapembelajaranpermainanbolavoliminiterhadaphasilbelajarketerampilanservicebawahbolavolipadasiswakelasVIIISMPN3Situbondo.KesimpulanyangdapatdiambildarihasilanalisisadalahadanyapengaruhdaripermainanbolavoligandulevelIIdanbolavoliminiterhadaphasilbelajarservicebawahbolavolisehinggadiharapkankeduapermainantersebutdapatdijadikansalahsatumodelpembelajaranyangdigunakanuntukmeningkatkanketerampilanbermainbolavolidandapatdijadikanrujukantambahandanbahanuntukdikembangkandalambentukpenelitianlain.