Studi komparatif pengaruh metode bermain dalam pembelajaran bolavoli gandu level II dan bolavoli mini terhadap hasil belajar passing atas bolavoli siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi / Bagus Wahyu Hidayat
Main Author: | Hidayat, Bagus Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/87182/ |
Daftar Isi:
- vRINGKASANHidayatW.H.2019.StudiKomparatifPengaruhMetodeBermaindalamPembelajaranBolavoliGandulevelIIdanBolavoliMiniTerhadapHasilBelajarPassingAtassiswaKelasVIIIFSmpn1CluringKabupatenBanyuwangi.SkripsiPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AsimM.Pd.KataKuncibolavoligandulevelIIbolavoliminimetodebermaindanketerampilanpassingatasbolavoli.Permainanbolavoliadalahpermainanyangdimainkanolehenamorangdalamsatutim.Permainanbolavolimemilkiteknikdasarantaralainservicepassingbawahpassingatassmashdanblock.Berdasarkanhasiltesketerampilanteknikdasarbolavolibahwateknikdasaryangmemilikitingkatkesalahanyangpalingbanyakadalahketerampilanpassingatas.Haltersebutdikarenakangurujarangmemberikanmateriteknikdasarpassingatas.SalahsatumetodepembelajaranyangdapatmeningkatkanteknikdasarpassingatasyaitudenganmenggunakanpembelajaranbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermain.Tujuanpenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)untukmengetahuipengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavolipadasiswakelasVIIIFSMPN1CluringKabupatenBanyuwangi(2)untukmengetahuipengaruhpembelajaranbolavoliminimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavolipadasiswakelasVIIIFSMPN1CluringKabupatenBanyuwangi(3)untukmengetahuiperbedaanpengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIIdanbolavloiminimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavolipadasiswakelasVIIIFSMPN1CluringKabupatenBanyuwangi.Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganrancangantwogrouppretestposttestdesign.VariabelbebasbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermain.Variabelterikatyaituhasilbelajarpassingatasbolavoli.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIFSMPN1CluringKabupatenBanyuwangidenganjumlah32siswa.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisvarianssatuarahdengantarafsignifikansi945005.Berdasarkanhasilujihipotesismenggunakananalisisvarianssatuarahdiperoleh1)terdapatperbedaanrata-rataskorpretest2187danposttest3006hasilbelajarpassingataskelompokpembelajaranbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermaindenganprobabilitas000005dengandemikianterdapatpengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavoli2)terdapatperbedaanrata-rataskorpretest2213danposttest2806hasilbelajarpassingataskelompokpembelajaranbolavoliminimenggunakanmetodebermaindenganprobabilitas000005dengandemikianterdapatpengaruhpembelajaranbolavoliminivimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavoli3)tidakadaperbedaanrata-rataskorposttest3006hasilbelajarpassingataskelompokpembelajaranbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermaindanrata-rataskorposttest2806hasilbelajarpassingataskelompokpembelajaranbolavoliminimenggunakanmetodebermaindenganprobabilitas0168005dengandemikiantidakadaperbedaanpengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavolisiswakelasVIIIFSMPN1CluringKabupatenBanyuwangi.JadidapatdisimpulkantidakadaperbedaanpengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavolipadasiswakelasVIIISMPN1CluringKabupatenBanyuwangi.BerdasarkankesimpulantersebutmakadisarankanpembelajaranbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermaindapatdijadikanmodelpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarpassingatasbolavolipadasiswaSMP.vii