Studi komparatif pengaruh metode bermain dalam pembelajaran bolavoli gandu level II dan bolavoli mini terhadap hasil belajar passing atas bolavoli siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Cluring Kabupaten Banyuwangi / Bagus Wahyu Hidayat

Main Author: Hidayat, Bagus Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/87182/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANHidayatW.H.2019.StudiKomparatifPengaruhMetodeBermaindalamPembelajaranBolavoliGandulevelIIdanBolavoliMiniTerhadapHasilBelajarPassingAtassiswaKelasVIIIFSmpn1CluringKabupatenBanyuwangi.SkripsiPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AsimM.Pd.KataKuncibolavoligandulevelIIbolavoliminimetodebermaindanketerampilanpassingatasbolavoli.Permainanbolavoliadalahpermainanyangdimainkanolehenamorangdalamsatutim.Permainanbolavolimemilkiteknikdasarantaralainservicepassingbawahpassingatassmashdanblock.Berdasarkanhasiltesketerampilanteknikdasarbolavolibahwateknikdasaryangmemilikitingkatkesalahanyangpalingbanyakadalahketerampilanpassingatas.Haltersebutdikarenakangurujarangmemberikanmateriteknikdasarpassingatas.SalahsatumetodepembelajaranyangdapatmeningkatkanteknikdasarpassingatasyaitudenganmenggunakanpembelajaranbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermain.Tujuanpenelitianiniadalahsebagaiberikut(1)untukmengetahuipengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavolipadasiswakelasVIIIFSMPN1CluringKabupatenBanyuwangi(2)untukmengetahuipengaruhpembelajaranbolavoliminimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavolipadasiswakelasVIIIFSMPN1CluringKabupatenBanyuwangi(3)untukmengetahuiperbedaanpengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIIdanbolavloiminimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavolipadasiswakelasVIIIFSMPN1CluringKabupatenBanyuwangi.Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganrancangantwogrouppretestposttestdesign.VariabelbebasbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermain.Variabelterikatyaituhasilbelajarpassingatasbolavoli.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIFSMPN1CluringKabupatenBanyuwangidenganjumlah32siswa.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisvarianssatuarahdengantarafsignifikansi945005.Berdasarkanhasilujihipotesismenggunakananalisisvarianssatuarahdiperoleh1)terdapatperbedaanrata-rataskorpretest2187danposttest3006hasilbelajarpassingataskelompokpembelajaranbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermaindenganprobabilitas000005dengandemikianterdapatpengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavoli2)terdapatperbedaanrata-rataskorpretest2213danposttest2806hasilbelajarpassingataskelompokpembelajaranbolavoliminimenggunakanmetodebermaindenganprobabilitas000005dengandemikianterdapatpengaruhpembelajaranbolavoliminivimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavoli3)tidakadaperbedaanrata-rataskorposttest3006hasilbelajarpassingataskelompokpembelajaranbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermaindanrata-rataskorposttest2806hasilbelajarpassingataskelompokpembelajaranbolavoliminimenggunakanmetodebermaindenganprobabilitas0168005dengandemikiantidakadaperbedaanpengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavolisiswakelasVIIIFSMPN1CluringKabupatenBanyuwangi.JadidapatdisimpulkantidakadaperbedaanpengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavolipadasiswakelasVIIISMPN1CluringKabupatenBanyuwangi.BerdasarkankesimpulantersebutmakadisarankanpembelajaranbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermaindapatdijadikanmodelpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarpassingatasbolavolipadasiswaSMP.vii