Pengaruh pembelajaran bolavoli gandu level II dan bolavoli mini menggunakan metode bermain terhadap hasil belajar keterampilan passing atas bolavoli pada siswa kelas VIII J SMPN 10 Kota Malang / Adhe Agung Setya Budi

Main Author: Budi, Adhe Agung Setya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/87176/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANBudiAdheAgungSetya.2019.PengaruhPembelajaranBolavoliGanduLevelIIdanBolavoliMiniMenggunakanMetodeBermainTerhadapHasilBelajarKeterampilanPassingAtasBolavoliPadaSiswaKelasVIIIJSMPN10KotaMalang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AsimM.Pd.KatakuncibolavoligandulevelIIbolavoliminipassingatasbolavoliBerdasarkanhasilobservasiketerampilanpassingatasbolavolisiswakelasVIIIJpadahariJumattanggal24Agustus2018diSekolahMenengahPertamaNegeri10KotaMalangdiperoleh667%siswamendapatkannilaikurangbaik267%Cukupdan67%Baik.Tidakadanyapermainanataumodifikasidalampelaksanaanpembelajaranbolavolimembuatsiswatidakmaksimaldalamprosespembelajaranyangakanberdampakpadakurangnyapeningkatandanpengembangantingkatketerampilandalamhalbermainbolavoli.OlehkarenaitupenelititertarikuntukmengenalkandanmemberikanpembelajaranbolavoligandulevelIIdanbolavoliminidiSekolahMenengahPertamaNegeri10KotaMalangkhususnyauntukkelasVIIIJ.Tujuandalampenelitianiniadalah(1)untukmengetahuipengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavolipadasiswakelasVIIIJSekolahMenengahPertamaNegeri10KotaMalang(2)untukmengetahuipengaruhpembelajaranbolavoliminimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavolipadasiswakelasVIIIJSekolahMenengahPertamaNegeri10KotaMalang(3)untukmengetahuiperbedaanpengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIIdanpembelajaranbolavoliminimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingatasbolavolipadasiswakelasVIIIJSekolahMenengahPertamaNegeri10KotaMalang.Penelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganrancangantwogrouppretest-posttestdesign.VariabelbebasberupabolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermainvariabelterikatberupahasilbelajarketerampilanpassingatasbolavoli.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVIIIJSekolahMenengahPertamaNegeri10KotaMalangyangberjumlah30siswadengan15siswakelompokbolavoligandulevelIIdan15siswakelompokbolavolimini.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisvarianssatuarah(OneWayAnova)dengansignifikansi945005.Berdasarkanhasilujihipotesismenggunakananalisisvarianssatuarahdiperoleh(a)terdapatperbedaanrata-rataskorpretestdanposttesthasilbelajarpassingataskelompokpembelajaranbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermaindenganprobabilitas000005.DengandemikianterdapatpengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarketerampilanpassingatas(b)terdapatperbedaanrata-rataskorpretestdanposttesthasilbelajarpassingataskelompokpembelajaranbolavoliminimenggunakanmetodebermaindenganprobabilitas000005.Dengandemikianterdapatpengaruhpembelajaranbolavoliminimenggunakanmetodebermainviterhadaphasilbelajarketerampilanpassingatas(c)terdapatperbedaanrata-rataskorposttesthasilbelajarpassingataskelompokpembelajaranbolavoligandulevelIIdankelompokpembelajaranbolavoliminimenggunakanmetodebermaindenganprobabilitas000005.DengandemikianterdapatperbedaanpengaruhpembelajaranbolavoligandulevelIIdanpembelajaranbolavoliminimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarketerampilanpassingatas.DapatdisimpulkanpembelajaranbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermainlebihberpengaruhdibandingkanpembelajaranbolavoliminiterhadaphasilbelajarketerampilanpassingatasbolavolisiswakelasVIIIJSekolahMenengahPertamaNegeri10KotaMalang.BerdasarkankesimpulantersebutmakadisarankanpembelajaranbolavoligandulevelIImetodebermainlebihberpengaruhsebagaipembelajaranyangmempermudahsiswadalammempelajaripermainanbolavolidandapatmeningkatanhasilbelajarketerampilanpassingatasbolavolisiswakelasVIIIJSMPN10KotaMalang.