Pengaruh pembelajaran menggunakan metode bermain permainan bola voli gandu level II dan bola voli mini terhadap hasil belajar keterampilan passing bawah bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kota Malang / Muhammad Izam Faiz

Main Author: Faiz, Muhammad Izam
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/87174/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANFaizM.I.2019.PengaruhPembelajaranMenggunakanMetodeBermainPermainanBolavoliGanduLevelIIDanBolavoliMiniTerhadapHasilBelajarKeterampilanPassingBawahBolavoliPadaSiswaKelasVIISMPNegeri10KotaMalang.SkripsiJurusanPendidikanJasmanidanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.AsimM.PdKataKuncibolavoligandulevelIIbolavoliminimetodebermaindanketerampilanpassingbawahbolavoliPermainanbolavoliganduadalahpermainanmemvolibolayangdiciptakanuntukmengembangkankesegaranjasmani.Permainanbolavoliminiadalahpermainanmemvolibolayangmerupakanhasilmodifikasidaripermainanbolavoli.Permasalahanyangdihadapisiswakurangaktifdanumumnyakurangberminatdalammelakukanaktivitasjasmanikhususnyapermainanbolavolikarenakurangnyapermainanataupunmodifikasidalampembelajaranbolavolisehinggabanyaksiswayangtidakmaksimaldalamprosespembelajaranyangakanberdampakpadakurangnyapeningkatandanpengembangantingkatketerampilandalamhalbermainbolavoli.AgarpembelajaranbolavoliberjalansesuaiharapanpenelitimemberikanpermainanbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermainyangbertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarketerampilanpassingbawahbolavolipadapesertadidikkelasVIISMPNegeri10KotaMalang.Tujuandalampenelitianiniadalah1)mengetahuipengaruhlatihanbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingbawah2)mengetahuipengaruhlatihanbolavoliminimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingbawahdan3)mengetahuiperbedaanpengaruhlatihanpermainanbolavoligandulevelIIdenganbolavoliminimenggunakanmetodebermainterhadaphasilbelajarpassingbawah.PenelitianinimenggunakanmetodeeksperimendenganrancangantwogrouppretestposttestdesignpadakelompokbolavoligandulevelIIdanbolavolimini.VariabelbebasbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermainvariabelterikatnyahasilbelajarketerampilanpassingbawahbolavoli.Subyekpenelitianberjumlah30pesertadidikkelasVIISMPN10KotaMalang.Teknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahteknikanalisisvarians(anava)satujalurdengantarafsignifikan945005.Berdasarkanhasilhipotesismenggunakananavasatujalurdiperoleh1)terdapatperbedaanrata-rataskorpretest23.00danskorpostest2773hasilbelajarpassingbawahpermainanbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermaindenganprobabilitas0000005.DengandemikianterdapatpengaruhpembelajaranpermainanbolavoligandulevelIImenggunakanmetodebermainterhadappassingbawahbolavoli2)terdapatperbedaanrata-ratapretest2273danpostest27.60hasilbelajarpassingbawahpermainanbolavoliminimenggunakanmetodebermaindenganprobabilitas0000005.Dengandemikianterdapatpengaruhpembelajaranpermainanbolavoliminimenggunakanmetodebermainterhadappassingbawahbolavoli3)tidakadaperbedaanrata-rataskorpostestiikelompokbolavoligandulevelII2733danrata-rataskorpostestkelompokbolavolimini2720hasilbelajarpassingbawahpermainanbolavoligandulevelIIdanpermainanbolavoliminimenggunakanmetodebermaindenganprobabilitas08550.05.DengandemikiantidakterdapatperbedaanpengaruhpembelajaranpermainanbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermainterhadappassingbawahbolavoli.PembelajaranpermainanbolavoligandulevelIIdanpermainanbolavoliminidenganmetodebermaintidakadaperbedaanpengaruhmakapermainanbolavoligandulevelIIdanbolavoliminimenggunakanmetodebermaindapatdigunakansebagaimodifikasipermainanuntukmeningkatkanhasilbelajarketerampilanpassingbawahbolavoli.