Pengembangan perangkat pembelajaran model discovery learning materi gerak lokomotor kelas rendah sekolah dasar di Kabupaten Pasuruan / Hamzah
Main Author: | Hamzah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/87063/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANHamzah.2019.PengembanganPerangkatPembelajaranModelDiscoveryLearningMateriGerakLokomotorKelasRendahSekolahDasardiKabupatenPasuruan.Skripsi.ProgramStudiPendidikanJasmaniKesehatandanOlahraga.FakultasIlmuKeolahragaan.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)FebritaPaulinaHeynoekS.Pd.M.Pd(II)RamaKurniawanS.Pd.M.PdKataKuncipengembanganRPPbahanajarpanduanmonitoringevaluasiSDDalammemajukansistempendidikannasionaldiciptakanlahberbagaimodelpembelajaranyangmengacupadaKurikulum2013sebagaisalahsatujalanuntukmenjadiinovasipemerintah.Adapunlingkup3modelpembelajarantersebutadalahProblemBasedLearningProjectBasedLearningsertaDiscoveryLearning.DalamstudipendahuluanyangdilakukanpenelitidiSekolahDasarDaerahKabupatenPasuruanmasihbanyakmenemukanpenggunaanperangkatpembelajaranyangmasihbelumsesuaifungsiawalnyamelainkanhanyasebagaipersyaratanadministratifsekolahdanlebihcondongmenggunakanbukupegangandalampelaksanaanpembelajaran.DisinipenelitiinginmengembangkanperangkatpembelajaranDiscoveryLearningsebagaikemajuandalammodelmengajarpendidikdenganberbasiskankurikulum2013.PenelitianinidilakukandengantujuanuntukmengembangkanperangkatpembelajaranmodelpembelajaranDiscoveryLearninguntukpembelajaranPJOKSDdiKabupatenPasuruan.PenelitimenggunakanmodelpenelitianpengembangandenganpendekatanResearchandDevelopment(RD)berdasarkanmodelyangdikembangkanolehBorgandGall(1989).MenurutpenelitianmodelyangdikembangkanBorgandGallmemiliki10langkahlangkahtetapipenelitihanyamenggunakan7langkahseperti(1)penelitiandanpengumpulandata(2)perencanaan(3)pengembanganprodukawal(4)ujicobalapanganawal(5)revisihasilujicoba(6)ujicobalapangan(7)penyempurnaanprodukhasilujicoba.Teknikanalisisdalampenelitianinimenggunakanteknikanalisiskualitatifdankuantitatif.HasildaripenelitiandanpengembanganmodelpembelajaranDiscoveryLearninguntuksekolahdasarmenghasilkanprodukdenganspesifikasisebagaiberikut(1)rencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)(2)bahanajarmaterilokomotor(3)panduanmonitoringdanevaluasi(Monev).Hasilujicobakelompokkecildankelompokbesardiperolehhasil(1)hasilujicobakelompokkecil(81%)(2)hasilujicobakelompokbesar(84%)KesimpulandaripenelitianiniyaitudidalamKurikulum2013modelpembelajaranDiscoveryLearningyangdikembangkanpenelitiberupaRPPbahanajardanpanduanMonevcukupvaliddalampelaksanaannyaditingkatpendidikansekolahdasardengan3macamproduksebagaiacuanbahanbelajardansiapdiimplementasikandalampembelajaranPJOK.