Peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli mini melalui permainan bola gantung pada siswa kelas V SDN Pisang Candi 2 kota Malang / Ana Zamzamul Novita

Main Author: Novita, Ana Zamzamul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/87047/
Daftar Isi:
  • RINGKASANAnaNovita.2019PeningkatanHasilBelajarPassingBawahBolavoliMiniMelaluiPermainanBolaGantungPadaSiswaKelasVSDNPisangCandi2KotaMalang.SkripsiJurusanPendidikanJasmaniDanKesehatanFakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.TatokSugiartoS.Pd.M.Pd.(II)FebritaPaulinaHeynoekS.Pd.M.Pd.KataKunciPassingBawahBolaVoliMiniBolaGantung.DiSDNPisangCandi2KotaMalangdalampembelajaranketerampilanpermainanbolavoliminikurangtepatkarenaguruterlalubanyakmenggunakanpembelajarandenganmetodeceramahbahkanpesertabelajartidakmempunyaikesempatanmenyentuhbolapadahalmateriyangdiajarkanadalahketerampilanpassingbawahsehinggasetiappembelajarandampaknyakurangefektif.Untukmengatasimasalahtersebutperluadanyamodelpembelajaranyanglainyaitudengancarameningkatkanpassingbawahbolavoliminimelaluipermainanbolagantungpadasiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarpassingbawahPermainanBolavoliminimelaluipermainanBolaGantunguntukSiswiKelasVSDNPisangCandi2KotaMalang.MetodepenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)denganmenerapkanmodelsiklusIyangsetiapsiklusnyaterdiridariobsrvasiawalperencanaantindakanjumlahtindakandanobservasisertarefleksi.DalamsubjekpenelitianiniadalahsiswakelasVSDNPisangCandi2KotaMalangyangberjumlah35siswaputradanputri.Hasilanalisisdatadapatdilihatbahwaketuntasansiswapadaobservasiawalrendahyaitusekitar11siswadenganpersentase31%sedangkansiswayangtidaktuntasberkisar24siswadenganpersentase69%.SetelahadatindakanpermainanbolagantungpadasiklusIsiswayangtuntasnaikmenjadi17siswadenganpersentasesiswa48%sedangkansiswayangtidaktuntasada18siswadenganpersentase53%.TerakhirpadasiklusIIsiswayangtuntasnaikmenjadi20siswadenganpersentase57%sedangkansiswayangtidaktuntasberjumlah15siswadenganpersentase43%.Kesimpulanyangdiperolehdaripenelitianmenunjukkanbahwamelaluipermainanbolavoliminidenganmenggantungboladapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Saranyangdiberikandenganadanyapenelitianinidapatdijadikantolakukurbagiguruuntukdapatdigunakansebagaimetodepilihandalampembelajaranpassingbawahuntukmeningkatkankemampuansiswaagarsupayalebihbaik.