Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melukis menggunakan media kelereng pada kelompok B di TK Al-Husna Buring / Muvidatus Shoviah

Main Author: Shoviah, Muvidatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/8610/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANShoviahMuvidatus.2019.PeningkatanKeterampilanMotorikHalusmelaluiKegiatanMelukismenggunakanMediaKelerengpadaKelompokBdiTKAl-HusnaBuring.SkripsiProdiS1PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IMadeSekenM.Pd.(II)LeniGonadiS.Pd.M.Pd.KataKunciMotorikHalusMelukisMediaKelerengHasilobservasipadakelompokB1diTKAl-HusnaBuringKotaMalangmenunjukkanbahwaperkembanganketerampilanmotorikhalusanaktergolongbelumberkembangoptimal.Anakkesulitanpadasaatmewarnaiobjekgambaryangmemilikiukurankecil.Anakbelummampumengkoordinasikangerakanmatadantangansecaratepat.Terdapat12dari16anakkurangoptimaldalammewarnaigambarsertakoordinasimatadantangananakdalammewarnai8dari16anakkurangoptimaldalamketepatanjaritangan.Rumusanmasalahyangpenelitigunakanyaitu1)bagaimanapelaksanaankegiatanmelukismenggunakanmediakelerenguntukmeningkatkanketerampilanmotorikhaluskelompokBTKAl-HusnaBuringKotaMalangdan2)apakahkegiatanmelukismenggunakanmediakelerengdapatmeningkatkanketerampilanmotorikhaluspadakelompokBTKAl-HusnaBuringKotaMalangPenelitianinimenggunakanmodelpenelitiantindakankelas(PTK)denganmodelpenelitianbersiklusyangdikembangkanolehKemisMC.Taggart.Penelitianinimenggunakanpolakolaborasiantarapenelitidanguru.PenelitiandilakukansebanyakduasiklusyaitusiklusIdansiklusIIdimanasetiapsiklusterdiridariduapertemuan.Padasetiapsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaanpengamatanrefleksidanperbaikanperencanaan.SubjekpenelitianiniadalahanakkelompokB1diTKAl-HusnaBuringdenganusia5-6tahun.Teknikanalisisdatayangdigunakanpadapenelitianiniadalahdeskriptifkualitatifdandeskriptifkuantitatif.HasilpenelitianmenujukkanbahwaterjadipeningkatanketerampilanmotorikhalusanakmelaluikegiatanmelukismenggunakanmediakelerengpadakelompokB1TKAl-HusnaBuring.PerbaikanpadasiklusIIdilakukandenganmenggantikertasyangdisesuaikandengantemadankegiatanmelukisberpindahkeruangperpustakaanyanglebihluas.PerubahanyangdilakukandapatmeningkatkanketerampilanmotorikdaripratindakankesiklusIIterjadipeningkatanpadaaspekpenilaianpertamasebanyak625%menjadi815%aspekpenilaiankeduasebanyak75%menjadi100%aspekpenilaianketigasebanyak315%menjadi8125%.Kesimpulandarihasilpenelitianiniadalahketerampilanmotorikhalusanakmeningkatmelaluikegiatanmelukismenggunakanmediakelereng.Penelitimemberikansaranbagigurukepalasekolahdanpenelitilainagardapatmemberikanmanfaatdalampenerapankegiatanmelukismenggunakanmediakelerengselanjutnya