Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan mozaik menggunakan bahan biji-bijian untuk kelompok B di TK Al-Husna Buring / Emmalia Marta Hapsari

Main Author: Hapsari, Emmalia Marta
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/8609/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANHapsariEmmaliaMarta.2019.PeningkatanKeterampilanMotorikHalusMelaluiKegiatanMozaikMenggunakanBahanBiji-BijianUntukKelompokBdiTKAl-HusnaBuring.SkripsiProdiS1PendidikanGuruAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IMadeSekenM.Pd.(II)WuriAstutiS.Pd.M.Pd.KataKunciMotorikHalusMozaikBiji-BijianHasilobservasipadakelompokB2diTKAl-HusnaBuringJl.KH.MalikDalamBuringKecamatanKedungkandangKotaMalangmenunjukkanbahwaketerampilanmotorikhalusanakbelumberkembangoptimal.Anakbelummampumenggerakkantangandankoordinasimatanyadengantepat.12dari16anakmengalamikesulitandalammengembangkanketerampilanmotorikhalusdalamkegiatanmozaik.Rumusanmasalahyangdigunakandalampenelitianiniyaitu(1)Bagaimanapenerapankegiatanmozaikmenggunakanbahanbiji-bijianuntukmeningkatkanketerampilanmotorikhalusanakkelompokB2diTKAl-HusnaBuringdan(2)Adakahpeningkatanmotorikhalusmelaluikegiatanmozaikmenggunakanbahanbiji-bijiananakkelompokB2diTKAl-HusnaBuring.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)denganmodelpenelitianbersiklusyangdikembangkanArikunto.Penelitiandilakukansebanyakduasiklussatusiklusdilaksanakan2pertemuan.Setiapsiklusterdiridariperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SubjekpenelitianadalahanakkelompokB2diTKAl-HusnaBuringMalang.Teknikanalisisdatayangdigunakanadalahdeskriptifkualitatifdankuantitatif.Desainpolamozaikdibuatsesuaitemapembelajaranyangdigunakan.PadasiklusIIdesainpolagambardibuatmenonjolbeberapabagianagarmemudahkananaksaatmengoleslemdanmenempelkanbiji-bijiansesuaiinstruksi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamelaluikegiatanmozaikmenggunakanbahanbiji-bijiandapatmeningkatkanketerampilanmotorikhalusanakkelompokB2TKAl-HusnaBuring.Halinidibuktikanmelaluihasilpenilaianketerampilanmotorikhaluspadapratindakan25%meningkatmenjadi3125%padasiklusIdanmeningkatsangatbaikpadasiklusIImencapai8125%.Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamelaluikegiatanmozaikdapatmeningkatkanketerampilanmotorikhalusanak.Saranuntukguruyaitumeningkatkanmotorikhalusmelaluiberbagaikegiatanyangmenarikdanmemotivasianakdalammengembangkanketerampilanmotorikhalusnyasecaraoptimal.