Peningkatan kemampuan mengenal angka melalui Permainan Kartu Angka (PEKA) pada anak usia 4-5 tahun di TK Pelangi Kabupaten Probolinggo / Yuliya Anggraeni

Main Author: Anggraeni, Yuliya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/8603/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKAnggraeni.Yuliya.2018.PeningkatanKemampuanMengenalAngkaMelaluiPermainanKartuAngka(PEKA)PadaAnakUsia4-5TahunDiTkPelangiKabupatenProbolinggo.Skripsi.ProdiPGPAUDJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolah.FakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AhmadSamawiM.Hum(II)LeniGonadiS.PdM.PdKataKunciKartuAngkaKemampuanmengenalkonsepbilanganmelaluipermainankartuangka(PEKA)yangditerapkandiTkPelangibukanhanyasekedarkegiatanpembelajaranbiasatetapianak-anakjugadibiasakanuntukdapatmemahamikonsepbilangandenganbaik.KegiatanobservasidilakukanpadakelompokATkPelangiyangterdiridari12anak.Terdapat4anakyangsangatantusiassaatmenjawabpertanyaanguru.Sedangkan2anaklebihseringterlihatngobrolsendiridan6anakyanglainnyaterlihatsangatpasif.Tujuanpenelitianiniuntukmemecahkanmasalahpembelajarandanmeningkatkankualitaspembelajarandikelas.Penelitianinimenggunakanmetodepermainanuntukdapatdijadikansebagaisolusipadapermasalahanyangditemukanyaitumelaluipermainankartuangka(PEKA)untukmeningkatkankemampuanmengenalkonsepbilanganpadaanak.RancanganpenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK).HasilpenelitiandapatdikatakanberhasilapabilaadapeningkatandisetiapsiklusModelpermainanyangdigunakanpenelitianyaknipermainankartuangka(PEKA).Penelitimemerlukansebuahmediakartuangkadanbendauntukmendukungkegiatanpermainan.PermainankartuangkadapatmeningkatkankemampuanmengenalkonsepbilanganpadaanakkelompokATkPelangiKabupatenProbolinggo.HaliniterbuktidenganhasilpenelitianyangmenunjukkanbahwaterjadipeningkatanyangdibuktikanpadasiklusIyakni417%menjadi833%padasiklusII.Dalamhalinipermainankartuangkadapatdigunakansebagaipermainanuntukmeningkatkanpengalamankognitifdalamkegiatanbelajaranak.