Penggunaan media play dough dalam meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B TK Nurul Hikmah Malang
Main Author: | Nisak, Khairun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8602/ |
Daftar Isi:
- NisakKhairun2018.PenggunaanMediaPlayDoughDalamMeningkatkanKreativitasAnakPadaKelompokBTKNurulHikmahMalang.ProdiPendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AhmadSamawiM.Hum.(2)LeniGonadiS.Pd.M.Pd.KatakuncikreativitasmediapembelajarandanplaydoughKreativitassangatpentinguntukdikembangkankarenakreativitasmemilikipengaruhbesarterhadapperkembangananakmisalnyadalamprestasiakademikanak.BerdasarkanobservasidiTKNurulHikmahyangdilakukanpadabulanFebruari2018ditemukanfaktabahwahanyaada3anakyangmampumengeksplorasikankreativitassesuaikeinginannya.Penelitimenggunakanmediaplaydoughdalammeningkatkankreativitasanakdimanaplaydoughjarangdigunakadalamkegiatanbelajarmaupundalambermain.Tujuanpenelitianiniadalahinginmengetahuitentangpenggunaanmediaplaydoughdalammeningkatkankreativitassertaapakahpenggunaanmediaplaydoughdapatmeningkatkankreativitas.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas(PTK).Penelitiantindakankelas(PTK)adalahtindakan(actionresearch)yangdilakukandengantujuanmemperbaikimutupraktikpembelajarandikelaskarenakdiTKNurulHikmahkurangnyamediayangdigunakandalammeningkatkankreativitrasanakbukanpadainputkelas(silabusmateridanlain-lain)atapunoutput(hasilbelajar).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)penggunaanMediaPlayDoughdalammeningkatkankreativitasdapatdilakukandenganmemberikankesempatanpadaanakuntukberimajinasidanmengekpresikannyamelaluimediaplaydough.DiTKNurulHikmahanakaanakkelompokBtelahmemilikikreativitassesuaiharapandimanahasilpenelitianpembelajarananakmulaipratindakandansiklusIdalammeningkatkankreativitasanakyangmeliputidariindikatortentangmembuatkaryasepertibentuksesungguhnyadenagnmenggunakanmediaplaydoughpadakelompokBTKNurulHikmahMalangyaitupadasaatpratindakanhasildataakhirpersentasenya100%dansiklusIpersentasenya85%.PratindakanmasihmenggunakancetakandansiklusItanpacetakandan2)penggunaanmediaplaydoughdapatmeningkatkankreativitashaliniterlihatdarihasilsiklusIyangmenunjukkanbahwaprosespermaninanplaydoughuntukmeningkatkankreativitasberhasilkarenatingkatkeberhasilannyaadalah85%.Hasilinimenunjukkanprosespembelajarandapatdikategorikansudahtercapaisebabnilaipencapaianbelajarsuatukelasdikatakanberhasiljikabanyaknyaanakyangtercapailebihdari70%.Kesimpulanpenelitianiniadalahbahwa1)penggunaanMediaPlayDoughdalammeningkatkankreativitasdapatdilakukandenganmemberikankesempatanpadaanakuntukberimajinasidanmengekpresikannyamelaluimediaplaydoughdan2)penggunaanmediaplaydoughdapatmeningkatkankreativitas.SehinggasaranyangbisadiberikanadalahbahwagurudansekolahdapatmenggunakanplaydoughsebagaimediapembelajarangunameningkatkankreativitasanakdidikpenggunaanLKdapatdisinergikandenganmedia-mediapermainanlainsepertiplaydoughgunamenggalikemampuankreativitasanak.pihaksekolahdanorangtuadapatmelakukanpengadaanmediapermainanplaydoughinisebagaialternatifpembelajarananakbaikdisekolahmaupundirumah.