Penggunaan media play dough dalam meningkatkan kreativitas anak pada kelompok B TK Nurul Hikmah Malang

Main Author: Nisak, Khairun
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/8602/
Daftar Isi:
  • NisakKhairun2018.PenggunaanMediaPlayDoughDalamMeningkatkanKreativitasAnakPadaKelompokBTKNurulHikmahMalang.ProdiPendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.AhmadSamawiM.Hum.(2)LeniGonadiS.Pd.M.Pd.KatakuncikreativitasmediapembelajarandanplaydoughKreativitassangatpentinguntukdikembangkankarenakreativitasmemilikipengaruhbesarterhadapperkembangananakmisalnyadalamprestasiakademikanak.BerdasarkanobservasidiTKNurulHikmahyangdilakukanpadabulanFebruari2018ditemukanfaktabahwahanyaada3anakyangmampumengeksplorasikankreativitassesuaikeinginannya.Penelitimenggunakanmediaplaydoughdalammeningkatkankreativitasanakdimanaplaydoughjarangdigunakadalamkegiatanbelajarmaupundalambermain.Tujuanpenelitianiniadalahinginmengetahuitentangpenggunaanmediaplaydoughdalammeningkatkankreativitassertaapakahpenggunaanmediaplaydoughdapatmeningkatkankreativitas.Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas(PTK).Penelitiantindakankelas(PTK)adalahtindakan(actionresearch)yangdilakukandengantujuanmemperbaikimutupraktikpembelajarandikelaskarenakdiTKNurulHikmahkurangnyamediayangdigunakandalammeningkatkankreativitrasanakbukanpadainputkelas(silabusmateridanlain-lain)atapunoutput(hasilbelajar).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)penggunaanMediaPlayDoughdalammeningkatkankreativitasdapatdilakukandenganmemberikankesempatanpadaanakuntukberimajinasidanmengekpresikannyamelaluimediaplaydough.DiTKNurulHikmahanakaanakkelompokBtelahmemilikikreativitassesuaiharapandimanahasilpenelitianpembelajarananakmulaipratindakandansiklusIdalammeningkatkankreativitasanakyangmeliputidariindikatortentangmembuatkaryasepertibentuksesungguhnyadenagnmenggunakanmediaplaydoughpadakelompokBTKNurulHikmahMalangyaitupadasaatpratindakanhasildataakhirpersentasenya100%dansiklusIpersentasenya85%.PratindakanmasihmenggunakancetakandansiklusItanpacetakandan2)penggunaanmediaplaydoughdapatmeningkatkankreativitashaliniterlihatdarihasilsiklusIyangmenunjukkanbahwaprosespermaninanplaydoughuntukmeningkatkankreativitasberhasilkarenatingkatkeberhasilannyaadalah85%.Hasilinimenunjukkanprosespembelajarandapatdikategorikansudahtercapaisebabnilaipencapaianbelajarsuatukelasdikatakanberhasiljikabanyaknyaanakyangtercapailebihdari70%.Kesimpulanpenelitianiniadalahbahwa1)penggunaanMediaPlayDoughdalammeningkatkankreativitasdapatdilakukandenganmemberikankesempatanpadaanakuntukberimajinasidanmengekpresikannyamelaluimediaplaydoughdan2)penggunaanmediaplaydoughdapatmeningkatkankreativitas.SehinggasaranyangbisadiberikanadalahbahwagurudansekolahdapatmenggunakanplaydoughsebagaimediapembelajarangunameningkatkankreativitasanakdidikpenggunaanLKdapatdisinergikandenganmedia-mediapermainanlainsepertiplaydoughgunamenggalikemampuankreativitasanak.pihaksekolahdanorangtuadapatmelakukanpengadaanmediapermainanplaydoughinisebagaialternatifpembelajarananakbaikdisekolahmaupundirumah.