Penerapan metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan pra membaca anak usia 5-6 tahun kelompok B PAUD Amanah Ngajum Malang / Eka Larasati Oktaviani
Main Author: | Oktaviani, Eka Larasati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8588/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKOktavianiEkaLarasati.2018.PenerapanMetodeMultisensoriUntukMeningkatkanKemampuanPraMembacaAnakUsia5-6TahundiKelompokBPAUDAMANAHNgajumMalang.SkripsiProdiS1PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TumardiS.Pd.M.Pd.(II)LeniGonadiS.PdM.PdKataKunciPraMembacaMetodeMultisensoriAnakUsiaDiniKemampuanpramembacamerupakandasaryangberpengaruhpadakegiatanbelajaranakditingkatselanjutnya.BerdasarkanhasilstudipendahuluandiKelompokBPAUDAmanahNgajumMalangditemukanbahwametodepengajaranpramembacamasihbelumsesuaidengankebutuhandanusiaanak.Pembelajaranpramembacamasihmenggunakanmetodeklasikaldanbelummemanfaatkanmediadanbahanajarpenunjangyangmenyenangkandanmenarik.Haltersebutmembuatkeaktifanbelajaranakmenurunsehinggaberpengaruhterhadappenurunankemampuanpramembacayangdimilikianak.TujuandaripenelitianiniyaituuntukmeningkatkankemampuanpramembacaanakdenganpenerapanmetodebelajaryangefektifefisiendanmenarikyaitumetodemultisensoriPenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangmenggunakanpendekatankualitatifdankuantitatifataudisebutdenganmixmethode.Langkah-langkahyangdilakukansebagaiberikut(1)Tahapperencanaan(2)Pelaksanaan(3)Observasidan(4)Tahaprefeleksi.Penelitianinidilakukanselama2siklusdengan2kalipertemuanpadatiapsiklusnya.Pengumpulandatadilakukanmelaluiobsrvasiwawancaradandokumentasi.Datayangdidapatberupadatapeningkatankemampuanpra-membacadandatakualitaspembelajaranyaitukeefektifanefisiensidankemenarikanpembelajaran.Subjekpenelitianiniberjumlah16anakusia5-6tahun.Hasilyangdidapatdaripenelitianinimenunjukkanbahwakemampuanpramembacamelaluikegiatanmengejakatasukukatamenyuarakkanhurufdanmenyusunkalimatpendeksaatpenerapanmetodemultisensorimengalamipeningkatandaritiapsiklus.PadasiklusIhasilpeningkatanmencapai5625%dariketercapaianpratindakan25%.SedangkanpadasiklusIIhasilmenunjukkanpeningkatanmencapai8125%melebihistandarketercapaianyangditetapkanyaitu75%untuktingkatkemampuanpramembaca.Kualitaspembelajaranjugameningkatmenjadilebihefektifefisiendanmenarik.Penelitimenyarankanagarpadapenelitianselanjutnyametodemultisensoridapatditerapkanuntukmeningkatkanaaspekperkembanganlainnyasepertikoginitfsosialemosionalfisikmotoriksenidannilaiagamamoralagarsemuaaspekperkembangananakdapatseimbangdanberkembangsecaraoptimal