Penerapan metode multisensori untuk meningkatkan kemampuan pra membaca anak usia 5-6 tahun kelompok B PAUD Amanah Ngajum Malang / Eka Larasati Oktaviani

Main Author: Oktaviani, Eka Larasati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/8588/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKOktavianiEkaLarasati.2018.PenerapanMetodeMultisensoriUntukMeningkatkanKemampuanPraMembacaAnakUsia5-6TahundiKelompokBPAUDAMANAHNgajumMalang.SkripsiProdiS1PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TumardiS.Pd.M.Pd.(II)LeniGonadiS.PdM.PdKataKunciPraMembacaMetodeMultisensoriAnakUsiaDiniKemampuanpramembacamerupakandasaryangberpengaruhpadakegiatanbelajaranakditingkatselanjutnya.BerdasarkanhasilstudipendahuluandiKelompokBPAUDAmanahNgajumMalangditemukanbahwametodepengajaranpramembacamasihbelumsesuaidengankebutuhandanusiaanak.Pembelajaranpramembacamasihmenggunakanmetodeklasikaldanbelummemanfaatkanmediadanbahanajarpenunjangyangmenyenangkandanmenarik.Haltersebutmembuatkeaktifanbelajaranakmenurunsehinggaberpengaruhterhadappenurunankemampuanpramembacayangdimilikianak.TujuandaripenelitianiniyaituuntukmeningkatkankemampuanpramembacaanakdenganpenerapanmetodebelajaryangefektifefisiendanmenarikyaitumetodemultisensoriPenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangmenggunakanpendekatankualitatifdankuantitatifataudisebutdenganmixmethode.Langkah-langkahyangdilakukansebagaiberikut(1)Tahapperencanaan(2)Pelaksanaan(3)Observasidan(4)Tahaprefeleksi.Penelitianinidilakukanselama2siklusdengan2kalipertemuanpadatiapsiklusnya.Pengumpulandatadilakukanmelaluiobsrvasiwawancaradandokumentasi.Datayangdidapatberupadatapeningkatankemampuanpra-membacadandatakualitaspembelajaranyaitukeefektifanefisiensidankemenarikanpembelajaran.Subjekpenelitianiniberjumlah16anakusia5-6tahun.Hasilyangdidapatdaripenelitianinimenunjukkanbahwakemampuanpramembacamelaluikegiatanmengejakatasukukatamenyuarakkanhurufdanmenyusunkalimatpendeksaatpenerapanmetodemultisensorimengalamipeningkatandaritiapsiklus.PadasiklusIhasilpeningkatanmencapai5625%dariketercapaianpratindakan25%.SedangkanpadasiklusIIhasilmenunjukkanpeningkatanmencapai8125%melebihistandarketercapaianyangditetapkanyaitu75%untuktingkatkemampuanpramembaca.Kualitaspembelajaranjugameningkatmenjadilebihefektifefisiendanmenarik.Penelitimenyarankanagarpadapenelitianselanjutnyametodemultisensoridapatditerapkanuntukmeningkatkanaaspekperkembanganlainnyasepertikoginitfsosialemosionalfisikmotoriksenidannilaiagamamoralagarsemuaaspekperkembangananakdapatseimbangdanberkembangsecaraoptimal