Pengaruh penerapan permainan kotak rahasia terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di TK ABA 26 Malang / Evinda Novita Sari
Main Author: | Sari, Evinda Novita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8583/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKSariEvindaNovita.2018.PengaruhPenerapanPermainanKotakRahasiaTerhadapKemampuanMengenalHurufPadaAnakUsia5-6TahunDiTKABA26Malang.Skripsi.ProdiPendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.TomasIriyantoS.Pd.M.Pd(II)LeniGonadiS.Pd.M.Pd.KataKunciPermainanKotakRahasiaKemampuanMengenalHurufUsia5-6TahunKemampuanmengenalhurufmerupakankemampuanmengenaliciri-ciriaksaradalamtatatulisyangmerupakananggotaabjadyangmelambangkanbunyibahasa.Anakyangbelajarmengenalhurufdimulaidenganbentukbendadarihuruf-huruftersebut.BerdasarkanhasilpenelitianawaldiTKABA26MalangditemukanterdapatseoranganakberinisialOVyangmengalamikesulitandalammengenalhurufterdapatanakyanghanyamengenalbeberapahurufvokalsajaanakcenderungdiamdanmenggelengkanketikaditanyatentangnamahurufyangditunjukolehguru.TujuandaripenelitianmenggambarkankemampuanmengenalhurufawalanaksebelumdiberikanperlakuanmenggunakanpermainankotakrahasiakemampuansetelahdiberikanperlakuansertauntukmendeskripsikanpengaruhpermainankotakrahasiaterhadapkemampuanmengenalhurufOV.PenelitianinimenggunakanmetodepenelitianSingleSubjectResearchdengantujuanuntukmengetahuiseberapabesarpengaruhdarisuatuperlakuan(treatment)yangdiberikankepadasubjeksecaraberulang-ulangdalamwaktutertentu.Teknikanalisisdatadalampenelitianeksperimenkuantitatifsederhanakemudiandatatersebutdianalisisdenganmenggunakananalisisvisualdatagrafik.Berdasarkanhasilobservasikemampuanawalmengenalhurufanaktertinggipadabaseline(A1)anakmampumengenalhurufdengankategoriBSH(berkembangsesuaiharapan)sebanyaksembilanhurufMB(mulaiberkembang)sebanyaksatuhurufBB(belumberkembang)sebanyakenambelashurufdankemampuanmengenalhurufanaktertinggipadafaseBaseline(A2)setelahdiberikanintervensidenganmenggunakanpermainankotakrahasiayaituanakmampumengenalhurufdengankategoriBSH(berkembangsesuaiharapan)sebanyakduapuluhhuruf.Kesimpulandaripenelitianiniadalahpermainankotakrahasiadapatmeningkatkankemampuanmengenalhurufanakusia5-6TahundalampenelitianinisubjekpenelitiannyaadalahseoranganakberinisialOVberusia5-6tahundiTKABA26Malang.