Peningkatan karakter sopan santun melalui kegiatan bermain peran (role playing) pada anak kelompok B1 di KB/TK An-Nur Malang / Qonik Hamidiyah Hasanah
Main Author: | Hasanah, Qonik Hamidiyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/8570/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHasanahQonikHamidiyah.2018.PeningkatanKarakterSopanSantunMelaluiKegiatanBermainPeran(RolePlaying)padaAnakKelompokB1diKB/TKAn-NurMalang.SkripsiProdiSI-PendidikanGuruPendidikanAnakUsiaDiniJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SadunAkbarM.Pd.(II)SandyTegariyaniPutriSantosoS.Pd.M.Pd.KataKunciKarakterSopanSantunKegiatanBermainPeran(RolePlaying)anakkelompokBLatarbelakangpenelitianiniadalahpentingnyakaraktersopansantunyangharusditanamkansejakusiadini.Penanamankaraktersopansantunsejakusiadiniadalahuntukmembentukanaktumbuhmenjadipribadiyangbaik.Penelitimelakukantindakanuntukmeningkatkankaraktersopansantunmelaluikegiatanbermainperan.Kegiatanbermainperandapatmembantuanakbelajarkaraktersopansantunmelaluiinteraksiyangdilakukandalambermainperan.Penelitianinidilaksanakandengantujuan(1)untukmendeskripsikanpenerapankegiatanbermainperan(roleplaying)untukmeningkatkankaraktersopansantunpadaanakkelompokB1diKB/TKAn-NurMalang(2)untukmendeskripsikanpeningkatankaraktersopansantunanakkelompokB1diKB/TKAn-NurMalangmelaluikegiatanbermainperan(roleplaying).Metodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakandalam2siklussetiapsiklusnyadilaksanakandalam2pertemuan.SubjekpenelitianiniadalahadalahanakkelompokB1diKB/TKAn-NurMalangdenganjumlahsiswa23anak.Teknikpengumpulandatamenggunakanteknikobservasidandokumentasi.Teknikanalisisdatayangdigunakanyaituteknikanalisisdatakualitatifdankuantitatif.Kegiatanbermainperanyangdilakukanadalahjeniskegiatanmainperanmakrodengantahap-tahap1)menghangatkansuasanadanmemotivasianak2)memilihperandalampembelajaran3)menyusuntahap-tahapperan4)menyiapkanpengamat5)tahappemeranan6)diskusidanevaluasipembelajaran7)pemerananulang8)diskusidanevaluasitahapdua9)membagipengalamandanpengambilankesimpulan.Hasilyangdiperolehyaknikualitasbelajaranakmeningkat.Anakyangkondisiawalnyakurangmemilikikaraktersopansantunmenjadibisamengucapkansalammengucapkanterimakasihmemintatolongyangbaikdanmemintamaaf.Halinidapatdilihatdaripeningkatanketercapaiankelaspadasetiapsiklusyaituprapenelitian1304%siklusI3043%dansiklusII913%.Kesimpulanyangdidapatkanadalahbahwapenerapankegiatanbermainperan(roleplaying)dapatmeningkatkankaraktersopansantunanakkelompokB1diKB/TKAn-NurMalang.Melihatkeberhasilaninimakadisarankankepadalembagadanguruagarmenggunakankegiatanbermainperandalammeningkatkankaraktersopansantunanak.Kemudiankepadapenelitiselanjutnyauntukmemberikanbimbinganpadaanakyangkurangpercayadiridalammenerapkankegiatanbermainperanuntukmeningkatkankaraktersopansantunanak.